Pembuatan Santan Kelapa Menggunakan Alat Peras Kelapa

Pembuatan Santan Kelapa

Pembuatan Santan Kelapa

Di daerah tropis seperti India, Thailand dan Indonesia, santan sangat umum digunakan sebagai bahan masakan. Meski santan sangat mudah ditemukan dalam bentuk kemasan, pembuatan santan sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Apalagi di Indonesia, yang merupakan negara dengan wilayah pesisir yang tak terhitung jumlahnya, di mana sebagian besar pohon kelapa tumbuh. Di Indonesia, Anda bisa menemukan kelapa di mana saja, kapan saja. Nah, di bawah ini saya akan uraikan 4 cara mudah membuat santan sendiri.

1) Santan dari Parutan Bungkus Kelapa

  1. Belilah sebungkus kelapa kering. Beli yang tanpa pemanis di toko kelontong atau toko serba ada di sekitar Anda. Kelapa parut harus berada di area bahan kue.
  2. Masukkan kelapa parut ke dalam blender. Setiap setengah butir kelapa bisa dibuat menjadi dua gelas santan. Timbang atau ukur jumlah atau jumlah kelapa yang Anda tuangkan sesuai kebutuhan.
  3. Bawa air untuk direbus. Anda akan membutuhkan dua cangkir air panas untuk setiap gelas santan. Jadi rebus air sesuai jumlah santan yang ingin dibuat.
  4. Tuang air panas ke dalam blender. Jika blender Anda kecil, lakukan satu per satu. Gunakan sendok untuk mengaduk adonan sebelum dicampur.
  5. Campur kelapa parut dengan air. Tutup blender Anda dan hidupkan blender dan tunggu sampai air dan campuran kelapa kering menjadi halus. Pegang tutupnya erat-erat, karena jika Anda mencampur sesuatu yang panas, tutupnya mudah lepas.
  6. Saring hasilnya. Pastikan filter yang Anda gunakan memiliki lubang kecil atau sempit. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan kain tipis. Cairan yang keluar dari saringan menjadi santan Anda. Jangan lupa untuk memeras sisa kelapa di saringan untuk mendapatkan sisa santan yang masih ada. Untuk membuatnya lebih mudah, Anda bisa menggunakan alat peras santan.
  7. Simpan santan Anda. Tuang santan ke dalam botol atau wadah yang ada tutupnya, lalu simpan di lemari es. Lemak yang terkandung dalam susu ini langsung naik ke atas. Jadi, jika Anda berencana untuk menggunakannya nanti, kocok dulu tempat itu untuk mendistribusikan kembali lemaknya.

2) Santan yang Terbuat dari Tepung Kelapa

  1. Campur tepung kelapa dengan air atau susu dalam jumlah yang sama dalam panci.
  2. Panaskan dengan api kecil selama dua hingga empat menit. Jangan lupa untuk mengaduknya dan jangan terlalu lama memanaskannya (apalagi sampai mendidih).
  3. Saring melalui saringan atau kain tipis. Peras sisa kelapa untuk mengeluarkan santan sebanyak mungkin.
  4. Menyelesaikan. Simpan atau gunakan santan Anda sesuka Anda.

3) Santan yang Terbuat dari Kelapa Segar

  1. Buka atau belah kelapa. Siapkan kelapa yang sudah dibuang kulitnya. Pegang kelapa di satu tangan, lalu potong-potong dengan pisau besar atau parang. Biasanya, Anda harus mengayunkan pisau di tempat yang sama beberapa kali hingga potongan benar-benar terpotong, lalu mengayunkannya hingga kelapa pecah, dan seterusnya.
  2. Pastikan kelapa yang Anda gunakan masih segar. Anda bisa mengeceknya pada daging dan baunya. Jika dagingnya masih lembab dan berwarna putih serta berbau harum, maka kelapa tersebut masih segar. Tetapi jika baunya tidak enak dan dagingnya kering dan berubah warna, sebaiknya dibuang.
  3. Tuang air kelapa ke dalam blender. Saat Anda membelah kelapa, air kelapa harus berasal dari potongan yang Anda buat.
  4. Masukkan air kelapa ke dalam blender. Tergantung pada cara Anda memotong kelapa, Anda mungkin perlu menyimpannya saat pertama kali memotong.
  5. Ambil dagingnya. Gunakan sendok atau alat lain untuk menyendok daging kelapa. Ambil sebanyak yang Anda bisa. Saat buah
  6. Anda segar, Anda harus bisa mengambil ampasnya dengan mudah. Masukkan daging ke dalam blender.
  7. Haluskan daging dan air kelapa dengan blender. Tutup blender dan nyalakan pada tingkat tertinggi sampai santan halus. Setelah itu, Anda bisa langsung menuangkannya atau menyaringnya terlebih dahulu.
  8. Simpan santannya.

4) Santan Terbuat dari Kelapa Parut Segar

  1. Gosok kelapa Anda dengan mesin parut kelapa.
  2. Masukkan makanan yang sudah diparut ke dalam blender.
  3. Tambahkan 1 1/4 gelas air panas.
  4. Mulai pencampuran. Tutup blender dan mulai memblender. Berhati-hatilah untuk tidak menjatuhkan tutupnya.
  5. Saring hasil mixer.
  6. Simpan santannya.