Beberapa Top Tren SEO untuk Tahun 2020

Saat bisnis baru muncul setiap hari, persaingan untuk mendapatkan perhatian pembaca semakin meningkat. Tetap di atas tren SEO terbaru akan memungkinkan Anda untuk memenuhi persyaratan spesifik yang digunakan mesin pencari untuk menentukan peringkat situs web.

Google membuat ratusan perubahan pada algoritma pencariannya setiap tahun. Meskipun sebagian besar perubahan kecil, mereka dapat mempengaruhi peringkat pencarian Anda. Ini adalah beberapa tren SEO yang saya harapkan pada tahun 2020.

SEO

1. Pencarian suara: Orang mencari bagaimana mereka berbicara

“Google, bisakah kamu menemukan tempat taco terdekat di dekatku?”

Ada 33 juta permintaan pencarian suara pada tahun 2017 saja. Data mulai Maret 2019 menunjukkan bahwa 20% kueri seluler adalah penelusuran suara.

Saat pencarian suara menjadi semakin populer, lebih banyak orang akan mengetik permintaan pencarian dengan cara yang sama mereka berbicara.

Perhatikan bahwa sebagian besar permintaan pencarian ini sangat panjang dan sangat spesifik? Pengguna menginginkan jawaban yang akurat untuk pertanyaan yang mereka ajukan.

Pengguna yang mencari kata kunci Long-tail berada dalam tahap pertimbangan dan lebih cenderung mengonversi daripada seseorang yang dalam tahap kesadaran.

2. Cuplikan unggulan akan terus mendominasi hasil pencarian

Cuplikan berfitur adalah ringkasan jawaban atas permintaan pencarian. Google menampilkannya di bagian atas hasil SERP, di atas iklan berbayar dan organik.

Mereka sudah ada selama beberapa tahun dan telah menyebabkan perubahan signifikan pada halaman hasil mesin pencari Google. Hampir setengah dari semua hasil pencarian tidak ada klik karena pengguna mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan langsung dari SERPs. Faktanya, sebuah penelitian Ahref tentang 2 juta cuplikan fitur mengungkapkan bahwa cuplikan fitur mendapatkan lebih banyak traffic daripada hasil pencarian organik pertama.

Bertujuan untuk permintaan pencarian dan kata kunci berbasis pertanyaan. Gunakan pertanyaan dari bagian “orang juga bertanya” karena menawarkan wawasan tentang pertanyaan terkait untuk jawaban yang lebih mendalam.

3. Lebih banyak pemasar akan memanfaatkan influencer untuk SEO

17% bisnis menghabiskan lebih dari setengah dari seluruh anggaran pemasaran mereka untuk influencer. Statistik menyoroti pentingnya pemasaran influencer bagi perusahaan, terutama yang di bidang fashion, kecantikan, e-commerce, perjalanan, dan gaya hidup.

Pengguna online dibanjiri iklan. Mereka mencari informasi otentik yang dapat mereka percayai. Seringkali, sumber informasi tersebut adalah ulasan dari influencer. Mereka lebih cenderung mempercayai informasi dari influencer daripada iklan.

Jadi, apa hubungan antara pemasaran influencer dan SEO? Bekerja dengan influencer membantu Anda menghasilkan lalu lintas, meningkatkan visibilitas online Anda, dan memperkuat jangkauan konten Anda.

Banyak perusahaan tidak melihat laba atas investasi mereka dalam pemasaran influencer karena mereka tidak merencanakan atau mengeksekusi konten sponsor mereka dengan benar. Pemasaran Anda gagal jika tidak selaras dengan kebutuhan audiens Anda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, bermitra dengan influencer di niche Anda yang sudah terlibat dengan audiens target Anda. Tautan balik yang Anda peroleh dari situs influencer juga menunjukkan otoritas ke Google dan meningkatkan upaya SEO Anda.

4. BERT disini untuk tinggal

BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers/Representasi Encoder Dua Arah dari Transformer) memungkinkan siapa saja untuk melatih sistem menjawab pertanyaan mereka sendiri. Ini adalah perubahan besar pertama yang dilakukan Google terhadap algoritme pencariannya sejak RankBrain pada 2014.

BERT akan memengaruhi satu dari sepuluh pertanyaan. Pemasar SEO yang menerapkan model BERT meningkatkan peluang peringkat di halaman pertama untuk cuplikan unggulan di Google SERP.

BERT akan memiliki dampak paling besar pada kueri percakapan di mana preposisi seperti “ke” dan “untuk” penting bagi makna kueri penelusuran.

Hanya untuk memperjelas, Anda tidak dapat mengoptimalkan untuk BERT. Google menggunakan BERT untuk meningkatkan pemahamannya tentang bahasa alami.

Tetapi Anda dapat mengoptimalkan untuk maksud di balik permintaan pencarian karena pencocokan maksud sangat penting untuk membuat konten yang sukses.

Sebelum menulis salinan, analisis peringkat sepuluh konten teratas pada halaman pertama SERP untuk kata kunci spesifik tersebut. Apakah hasilnya informatif, transaksional, atau navigasi? Buat konten yang cocok dengan maksud pengguna berdasarkan analisis Anda.