E-Dazibao.com

Bisnis Keripik Buah dan Sayur Serta Kunci Suksesnya

Bisnis Keripik Buah dan Sayur

Bisnis keripik buah dan sayur – Apakah kalian memerlukan buah-buahan? Di Indonesia, kalian tidak perlu untuk mencarinya dengan susah payah. Indonesia kaya akan buah serta sayur berlimpahnya buah dan sayur, terkadang menjadikannya mempunyai nilai jual yang rendah. Sebagai contohnya, kalian bisa mendapatkan buah pepaya dengan berat 5 kg dengan harga Rp. 2.000 sampai Rp. 3.000. Murah sekali bukan? Bahkan di daerah tertentu, banyak buah-buahan yang terbuang percuma dan membusuk, karena tidak termanfaatkan. Salah satu caranya adalah dengan menjadikannya keripik buah. Inilah peluang bisnis yang bisa kalian coba saat ini.

Dengan menjadikannya keripik, nila jual buah bisa berlipat-lipat. Sebagai gambaran 1 kg keripik pepaya bisa dipatok harga Rp. 65.000. Sementara keripik salak seharga Rp. 90.00/ kg. Apalagi jika kita memproses buahnya menjadi keripik, maka dia akan lebih tahan lama dan awet hingga berminggu-minggu. Bandingkan jika kalian hanya menjual buahnya saja.

Cara Membuat Keripik Buah dan Sayur

Untuk menggoreng keripik buah-buahan yang akan kalian jadikan sebagai produk olahan terlebih keripik, kita memang harus mempunyai sebuah alat yang dinamakan vaccum fryer (Mesin Penggoreng Hampa). Tidak mungkin menghasilkan produk buah olahan berupa keripik hanya menggunakan alat penggoreng biasa.

Seperti kita ketahui Bersama, untuk komoditi buah-buahan hampir semuanya mempunyai kandungan glukosa (Gula) yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika kita mengolahnya dengan cara menggoreng memakai alat penggoreng biasa, keinginan untuk bisa berubah menjadi keripik mungkin tidak dapat tercapai, justru buah yang kita goreng malah menjadi meleleh seperti jelly atau membuah buah menjadi gosong dan tidak layak untuk dijual maupun dikonsumsi. Beberapa kelebihan menggoreng buah dengan mesin vacuum frying:

  1. Tidak gosong
  2. Kandungan nutrisi tidak hilang (Tetap menyehatkan)
  3. Rasa, dan aroma sesuai dengan bahan aslinya
  4. Renyah
  5. Tidak memerlukan bahan pengawet atau bahan kimia
  6. Tidak memerlukan penambah rasa buatan
  7. Makanan yang mempunyai nilai gizi dan serat yang tinggi

Cara pemakaian mesin vacuum frying juga sangatlah mudah. Potong-potong buah yang akan dibuat keripik sampai ukuran yang nyaman untuk dimakan. Jika terlalu besar akan mengakibatkan kalian kurang nyaman sewaktu memakannya, tetapi jika terlalu kecil akan membuat kalian membutuhkan waktu yang lama dalam memprosesnya.

Setelah potongan buah sudah siap, memasukkan buah / sayur yang sudah di cuci ke dalam mesin. Tidak memerlukan tambahan perasa atau bahan-bahan lainnya.

Macam-Macam Keripik Buah dan Sayur

Hampir tiap buah dapat dimanfaatkan untuk membuat keripik. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Nangka
  2. Salak
  3. Apel
  4. Mangga
  5. Melon
  6. Waluh (Labu)
  7. Pepaya
  8. Wortel
  9. Kentang
  10. Kacang Panjang
  11. Terung
  12. Durian
  13. Nanas
  14. Dan lain sebagainya

Kunci Sukses

Terdapat beberapa kunci sukses di bisnis keripik buah dan sayur yaitu:

1. Tampilan yang Menarik

Tampilan keripik kalian harus menarik, bersih, dan tidak gosong. Hal ini bergantung kepada:

  1. Pemilihan bahan yang benar
  2. Proses penggorengan yang benar
  3. Menggunakan mesin vacuum frying yang berkualitas
  4. Penyortiran dan quality control yang akurat

 

2. Kemasan Produk Kalian Harus Profesional Serta Menarik

Bisa saja kalian menjual keripik dalam bentuk kiloan, tetapi ini hanya untuk konsumsi agen-agen penjualan. Selain dalam bentuk kiloan, kalian juga perlu untuk menjual dalam bentuk kemasan yang rapi.

Label yang menarik juga akan memikat perhatian para pembeli. Untuk keperluan toko-toko, kalian dapat menyertakan kontak pemesan di label keripik. Hal ini diperlukan, karena pembeli yang tertarik dapat dengan mudah untuk menghubungi kalian untuk memesan produk yang serupa.

Sangat dianjurkan untuk memilih kemasan transparant agar tampilan kripik yang sudah menarik ikut mengundang selera calon pembeli.

3. Memilih Metode Pemasaran

Kalian dapat memasarkan kripik buah memakai cara-cara berikut:

  1. Membentuk agen penjualan yang akan memasarkan produk-produk kalian ke toko-toko kecil, pedagang kaki lima dan pedagang asongan.
  2. Bekerja sama dengan toko-toko makanan atau restaurant dengan menyuplai produk kripik kalian.
  3. Bekerja sama dengan catering.
  4. Merintis peluang ekspor jika produk yang kalian hasilkan cukup banyak.

Dan itulah dia pembahasan tentang bisnis keripik buah dan sayur, semoga artikel yang saya buat dapat membantu kalian yang ingin membuka usaha keripik buah dan sayur. Bagi kalian yang mau tahu tentang analisa usaha keripik buah kalian bisa klik tulisan yang berwarna . Semoga bermanfaat!.

Exit mobile version