Begini Cara Cek IMEI iPhone (Untuk Semua Seri)

Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone Dengan Berbagai Variasi

Setiap iPhone memiliki nomor identitas yang unik, yang dikenal sebagai IMEI-nya. Kami menjelaskan tentang apa itu IMEI, apa yang dapat digunakan dengan mengetahui nomor IMEI, dan menunjukkan bagaimana cara menemukan IMEI Anda sejak Apple berhenti mencetak nomor IMEI secara langsung pada body iPhone.

Mengetahui IMEI iPhone Anda adalah hal yang cukup berguna dan sangat mungkin ini adalah hal penting. Dahulu tidak ada trik menemukan IMEI iPhone. Namun sejak Apple berhenti mencetak nomor IMEI di bagian belakang ponsel, bermunculan lah cara-cara cek IMEI iPhone.

Ada beberapa cara untuk menemukan IMEI dari iPhone, dan pada artikel ini kami akan menunjukkan 4 cara yang paling sederhana, paling mudah dan paling berguna.

Tentu saja, Anda tidak perlu melakukan keempat cara yang kami tunjukkan. Anda hanya perlu satu saja, jadi pilihlah metode yang paling mudah untuk Anda dari keempat opsi yang kami tawarkan.

Apa sih IMEI Itu ? dan Buat Apa Perlunya Nomor IMEI?

Setiap iPhone (dan juga ponsel lainnya) memiliki kode ID unik, yang dikenal sebagai nomor IMEI. Yang merupakan kependekan dari  “International Identity of Mobile Station Equipment “ dan nomornya digunakan untuk mengidentifikasi setiap ponsel.

Ibaratnya IMEI itu seperti nomor E-KTP untuk penduduk. Nomor E-KTP antara satu penduduk dengan yang lain pasti berbeda. Pun juga dengan nomor IMEI smartphone. Termasuk di sini IMEI iPhone.

Nomor IMEI digunakan oleh operator seluler Anda untuk menautkan ponsel ke jaringan, sehingga Anda dapat mengetahui siapa yang menelepon.

Selain itu, per 18 April 2020, pemerintah memblokir ponsel yang tidak terdaftar nomor IMEI nya di database kementrian perindustrian (kemenperin).

Jadi saat beli iPhone, wajib bagi Anda untuk mengecek apakah nomor IMEInya terdaftar di database kementrian atau tidak. Karena kalau tidak terdaftar, iPhone Anda akan terblokir. Tak bisa buat SMS, Nelpon, Internetan. Hanya bisa buat foto-foto dan kalkulator.

Cari IMEI iPhone Anda dengan Menggunakan kode Dial

Anda bisa mengecek nomor IMEI iPhone dengan menekan kode *#06# pada keypad. Step detailnya seperti di bawah:

  1. Buka menu telepon.
  2. Ketuk keypad.
  3. Ketikkan kode dial *#06#
  4. Secara otomatis kode IMEI muncul di layar iPhone Anda.

Metode ini adalah metode yang paling umum digunakan oleh para netizen sejagat raya untuk menemukan nomor IMEI, tetapi kami tidak menganggap ini terbaik karena Anda tidak bisa meng-copy nomor IMEI yang muncul di layar.

Untuk menginput nomor IMEI tersebut ke website database kemenperin, Anda harus ketik ulang di kolom yang tersedia. Tidak bisa asal copy kemudian paste.

Cara Menemukan Nomor IMEI Iphone Anda: Lihat Bagian Belakang Dus Kemasan

Nomor IMEI berada di bagian belakang setiap iPhone. Jika Anda memiliki model lama (iPhone 6 atau yang lebih lawas), carilah nomor IMEI di body belakang dan Cari teks panjang yang diawali dengan IMEI. Namun, teks IMEI sangat kecil, jadi Anda mungkin memerlukan kaca pembesar. Dan lagi, Anda harus menulisnya secara manual.

Salah satu pilihannya adalah memotret kode menggunakan iPhone (atau iPad) lain. Perbesar pada teks sehingga Anda dapat melihatnya dengan lebih jelas.

Sayangnya Apple berhenti menempelkan nomor IMEI di bagian belakang ponsel ketika iPhone 6s keluar. Jika Anda memiliki iPhone 6s atau 6s Plus, Anda akan melihat bahwa hanya nomor model, ID dan IC terdaftar

Ini berarti Anda harus mencari di tempat lain.

Cek IMEI iPhone di Slot Sim Card

Gunakan jarum untuk menekan slot Sim Card iPhone keluar, yaitu dengan memasukkannya ke dalam lubang kecil di tepi kanan iPhone dan tekan. Maka akan keluar slot Sim Card. Nomor IMEI bisa Anda temukan ke bagian bawah slot Sim Card, cukup kecil.

Sekali lagi, tentu saja, Anda harus menulisnya dengan tangan, dan lagi, itu ditulis sangat kecil. Mari kita menemukan metode yang lebih mudah untuk mata.

 

Cek Nomor IMEI iPhone Menggunakan setelan IOS

Nomor IMEI juga dapat ditemukan di aplikasi Pengaturan iPhone. Ikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan (Settings).
  2. Ketuk Informasi Umum (General) > About.
  3. Scroll ke bawah untuk menemukan nomor IMEI

 

Inilah cara yang paling mudah dan paling kami rekomendasikan. Karena dengan cara ini, Anda bisa dengan meng-copy nomor IMEI tersebut. Caranya tahan nomor IMEI hingga muncul ikon copy > tap copy > buka aplikasi lain untuk mem-paste-kan nya.

Misal mau cek IMEI di database kemenperin, maka pastekan di kolom yang tersedia di website kemenperin berikut ini: https://imei.kemenperin.go.id/

Setelah mem-paste-kan IMEI iPhone di kolom yang tersedia, tap search. Nanti akan muncul keterangan apakah iPhone kamu terdaftar atau tidak di database kemenperin.