E-Dazibao.com

Cara Kerja Digital Signature

digital signature

Di era modern seperti saat ini, ada banyak hal yang sudah berbasis digital, salah satunya tanda tangan digital. Tanda tangan digital atau digital signature digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bukti pengesahan.

Dengan adanya tanda tangan digital, sebuah file atau dokumen akan dianggap sah secara hukum dan lebih efektif dibandingkan tanda tangan konvensional. Untuk mengetahui apa itu tanda tangan digital dan cara kerjanya, berikut ulasan selengkapnya.

Mengenal Digital Signature

Digital signature online merupakan suatu penerapan teknik matematika untuk melakukan validasi keaslian dan integritas dari suatu file, pesan, dokumen digital, atau software. Tanda tangan digital ini dianggap setara dengan stempel atau tanda tangan tertulis pada umumnya.

Hanya saja, tingkat keamanan yang ditawarkan tanda tangan digital jauh lebih canggih. Tanda tangan digital ini dibuat dengan tujuan untuk mengurangi dan menghindari terjadinya proses tampering dalam komunikasi berbasis digital.

Tampering yang dimaksud ini sangatlah beragam mulai dari perusakan, penggelapan dokumen, penipuan, penyuapan, dan masih banyak lagi. Nah, dengan adanya tanda tangan digital, maka bisa memberikan bukti identitas, status, dan asal dokumen atau transaksi elektronik.

Cara Kerja Digital Signature

Dalam penerapannya, tanda tangan digital ini dibuat berdasarkan public key kriptografi atau dikenal dengan istilah kriptografi asimetris. Public key merupakan suatu nilai numerik besar yang digunakan untuk enkripsi data.

Tanda tangan digital ini bekerja melalui 2 public key kriptografi untuk memastikan autentifikasi satu sama lain. Seseorang yang membuat tanda tangan digital ini akan menggunakan kunci pribadi untuk melakukan enkripsi data yang berkaitan dengan tanda tangan yaitu melalui public key.

Apabila penerima file atau dokumen tidak membukanya menggunakan public key yang sudah diberikan oleh pemilik tanda tangan, maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa adanya masalah terkait tanda tangan atau dokumen tersebut.

Penerapan teknologi ini tentunya membutuhkan rasa saling percaya antar semua pihak yang saling berhubungan. Bagi pemilik tanda tangan tentunya harus menjaga kunci pribadinya agar tidak disalahgunakan orang lain.

Apabila ada orang lain yang mengetahuinya dan memiliki akses untuk membukanya, maka bisa saja pihak tersebut melakukan tampering seperti perusakan atau penyalahgunaan dokumen.

Cara kerja digital signature memang dapat membantu menjaga file, dokumen, pesan, atau software menjadi lebih aman dan terhindar dari tampering. Untuk mengetahui tanda tangan digital dan produk lainnya secara lebih lengkap, Anda bisa cek website Peruri di https://www.peruri.co.id/.

Exit mobile version