E-Dazibao.com

Cara Membuat Ayam FIllet Empuk

Cara Membuat Ayam FIllet Empuk

Pada kesempaan kali ini saya akan membagikan resep tentang Cara Membuat Ayam FIllet Empuk

Ayam goreng tepung selalu jadi favorit keluarga terutama anak-anak. Tepungnya yang gurih renyah dengan daging ayam yang juicy gurih bikin orang ketagihan.

Bagian dada ayam atau fillet ayam merupakan bagian terempuk dan cepat matang saat digoreng. Karenanya bagian fillet ayam disukai anak-anak. Apalagi dilapisi adonan tepung yang gurih.

Ayam fillet crispy juga jadi menu favorit di restoran fast food. Kamu bisa membuat sendiri karena caranya tidak sulit. Buat dan nikmati selagi hangat dengan kentang goreng atau nasi putih.

Anda ingin menyajikan filet ayam goreng tepung panir yang empuk bagian dalamnya, dan renyah luarnya untuk sajian pesta? Berikut tips membuatnya:

 

 

1| Bahan Ayam

Pakai filet ayam bagian dada. Lumuri air jeruk nipis hingga rata. Diamkan 15-20 menit agar semua sisa residu ayam keluar. Cuci bersih di bawah air mengalir. Tiriskan. Potong daging tipis melebar, dan pukul perlahan dengan alat pemukul daging/ulekan hingga pipih. Karena dagingnya tebal, dan empuk, sebaiknya ayam direndam bumbu perendam/dimarinade/dimarinating dulu sebelum dipanir, dan digoreng, agar rasanya makyoos…

 

2| Bumbu perendam

Siapkan bumbu perendam untuk marinade/marinating sesuai resep, atau menurut selera Anda. Lazimnya bumbu perendam diracik dari air jeruk nipis, bawang putih halus, merica bubuk, dan garam halus. Untuk cita rasa beda, coba tambahkan kemiri halus (goreng, haluskan), ketumbar halus, saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, rajangan halus daun jeruk purut/daun kunyit, dan putih telur ke dalam bumbu perendam.

 

3| Direndam bumbu perendam

Aduk rata ayam dengan bumbu perendam. Tutup wadahnya. Simpan di lemari es 30-60 menit sambil sesekali dibalik agar bumbu meresap. Makin lama direndam, dagingnya makin lembut, empuk, kenyal, dan lezat.

 

4| Memanir

  

5| Menggoreng

Keluarkan ayam dari lemari es/freezer. Goreng dalam minyak banyak di atas nyala api sedang, sambil sesekali dibalik, hingga matang sempurna. Angkat. Tiriskan. Sajikan segera dengan saus/sambal kesukaan Anda

1. Cara Membuat Ayam FIllet Empuk Saus Tartar

Bahan :

Adonan Tepung:

Saus Tartar:

Pelengkap:

Cara Membuat Ayam Fillet Crispy:

  1. Potong fillet ayam kecil memanjang, 3x1x1 cm. Lumuri dengan merica dan garam hingga rata. Sisihkan.
  2. Adonan Tepung:
    Campur semua bahan kering dalam wadah. Aduk hingga rata.
  3. Tuangi air es sambil aduk-aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan kental. Diamkan sebentar.
  4. Celupkan tiap potongan fillet ayam dalam adonan tepung, lalu goreng dalam minyak panas dan banyak hingga cokelat keemasan.
  5. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan Saus tartar dan kentang goreng.

2. Cara Membuat Ayam FIllet Empuk Crispy

Bahan:

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan 1 sendok teh garam di piring. Diamkan selama 5 menit. Pada piring lain, campur tepung terigu dengan 1/4 sendok teh garam. Ambil lagi piring, campur tepung panir dengan 1 sendok teh garam
  2. Keringkan dada ayam menggunakan tisu makan, tekan-tekan saja. Lumuri dengan tepung terigu, celupkan ke dalam telur.
  3. Baluri dengan tepung panir, bolak-balik dua kali agar tepung panir Menempel. Tepuk perlahan agar remah yang tidak menempel jatuh.
  4.  Panaskan minyak goreng dalam wajan cekung dengan api sedang. Sebelum memasukkan ayam, besarkan api.
  5.  Masukkan ayam goreng secara berkala, tidak usah goreng sekalian. Goreng satu sisi sampai kecoklatan sekitar 4 menit. Balik ayam, goreng lagi 2-3 menit.
  6. Pada sela-sela menggoreng, sesekali ambil remahan tepung panir dari dalam minyak goreng.
  7.  Tiriskan ayam goreng di atas serok. Kemudian, letakkan di atas tisu makan, tiriskan lagi. Kalau perlu, tekan perlahan ayam agar minyak tiris sempurna.
  8.  Iris ayam sesuai selera, tambahkan bumbu bubuk kesukaan. Sajikan ayam iris crispy dalam mangkuk

TIPS

Karena bumbu perendam mengandung zat asam (air jeruk nipis/jeruk lemon), agar tidak bereaksi saat perendaman, pakai wadah dari kaca. Jangan pakai wadah dari keramik, karena bumbu perendam dapat merembes ke dalam pori-porinya.

Demikian Artikel ini semoga bermanfaat

Exit mobile version