E-Dazibao.com

Cara Membuat Bakso yang Simpel dan Bisa Untuk Jualan!

Bakso. Siapa sih yang tidak suka makanan ini? Ada puluhan, ratusan, bahkan ribuan warung bakso yang tersebar di Indonesia. Mulai dari yang berjualan berkeliling menggunakan gerobak, warung, restaurant, sampai yang berjualan bakso secara online. Banyak orang yang menjadikan bakso sebagai ide usaha menguntungkan. Untuk dijadikan ide usaha, kamu perlu tahu cara membuat bakso yang hasilnya lezat. Bagaimana cara nya supaya bakso rasanya enak? Untuk tahu jawaban dan cara membuatnya, kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini

Tips Jualan Bakso

Siapa sih yang tidak ingin keuntungan melimpah ketika membuka suatu usaha? Begitu pula bagi orang-orang yang menjalankan usaha bakso. Semua pedagang bakso menginginkan usahanya membawa keuntungan meskipun para pesaingnya ada banyak.

Siapa yang tidak tahu bakso? Bakso sendiri menjadi usaha yang memiliki peluang besar dalam keberhasilannya. Jika kamu memulai usaha bakso ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Karena peluangnya yang besar, usaha bakso mempunyai persaingan bisnis yang sengit. Persaingan ini mulai dari rasa, vareasi, kenyamanan, kebersihan, dan keramahan penjualnya. Apa saja yang harus dperhatikan sebelum memulai usaha ini?

Ini dia tips jualan bakso yang harus kamu perhatikan ketika memulai usaha, antara lain sebagai berikut :

Itu tadi tips jualan bakso yang bisa kamu pertimbangkan dan kamu penuhi sebelum berjualan bakso.

Cara Membuat Bakso

Ada banyak pilihan bahan dasar bakso yang bisa kamu gunakan dalam dagangan kamu. Pemilihan bakso dan jenis olahan yang sesuai bisa meningkatkan rasa bakso. BAgaimana cara membuat bakso ini?

Ini dia cara membuat bakso yang simpel dan bisa kamu jadikan ide jualan, antara lain :

Bakso Jamur

Bahan-bahan :

Bahan bakso :

Bahan kuah :

Bahan Pelengkap :

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, jamur tiram yang sudah diseduh menggunakan air panas sampai layu tadi diperas, lalu disuwir atau dipotong kecil-kecil.
  2. Selanjutnya masukkan jamur tiram ke dalam campuran telur, tepung tapioka, bawang putih, dan bumbu kemudian diblender sebentar saja.
  3. Lalu jika sudah didihkan air, bentuk adonan bakso jamur tadi menjadi bulatan lalu masukkan ke air yang mendidih.
  4. Kemudian tunggu sampai semua adonan matang (ciri-ciri adonan matang adalah bakso yang mengapung).
  5. Sementara itu di panci yang lain, tumislah bawang putih menggunakan margarin sampai matang, masukkan air dan bumbui dengan garam,gula, serta lada.
  6. Kemudian, bakso yang sudah matang tadi disajikan dengan kuah yang sudah dibuat dan bahan pelengkap lain.

Bakso Tempe

Bahan :

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, potong-potong 150 gram tempe dan kukus sebentar saja.
  2. Kedua, masukkan tempe kukus ke dalam chopper bersamaan dengan telur, bawang putih, merica, dan garam sampai halus semuanya.
  3. Ketiga, campur adonan tadi dengang tepung tapioka dan bentuk bulat-bulat atau bola.
  4. Keempat, didihkan air. Jika sudah mendidih masukkan bakso, dan rebus sampai bakso mengambang dan tiriskan.
  5. Sajikan

Bakso Sapi

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama, cuci bersih daging sapi yang akan digunakan, lalu potong kecil-kecil. Setelah itu masukkan daging ke dalam blender atau food processor atau mesin penggiling daging dan haluskan.
  2. Kedua, masukkan separuh es batu, bawang merah, dan bawang putih. Giling kembali semua bahan sampai halus, tambahkan sedikit garam, giling lagi.
  3. Ketiga, tambahkan putih telur, tapung sagu, gula pasir, lada bubuk, dan baking powder. Jangan lupa untuk menambahkan lagi sisa es batu, giling lagi sampai semuanya halus.
  4. Keempat, kamu harus memastikan adonan daging selalu dalam keadaan dingin (hal ini dilakukan dengan cara memasukkan es batu secara bertahap). Giling hingga adonan bakso sapi halus dan berwarna sedikit merah muda.
  5. Kelima, didihkan air. Setelah air mendidih, kecilkan api yang digunakan. Pastikan air yang digunakan untuk merebus bakso daging tidak dalam keadaan “bergejolak”. Bentuklah adonan bakso sapi menjadi bulat-bulat, lalu masukkan semua adonan ke dalam air rebusan. Lakukan sampai semua adonan habis.
  6. Keenam, untuk mendapatkan bakso daging sapi yang matang merata dan sempurna, setelah bakso mengambang, besarkan sedikit apinya. Masak kembali bakso itu sekitar 5 menit.
  7. Ketujuh, siapkan wadah yang berisi air matang dingin (kamu bisa menambahkan es batu). Bakso yang sudah mengambang dan matang tadi segera dipindahkan ke dalam air dingin supaya teksturnya lebih kenyal, setelah itu tiriskan.
  8. Sajikan atau kamu bisa mengolah bakso tadi menjadi kreasi lainnya

Mesin Pembuat Bakso

Mesin pembuat bakso ini bisa membantu kamu dalam membuat bakso dengan cara-cara di atas. Mesin ini memiliki fungsi tersendiri mulai dari penggilingan sampai pencetakan bakso. Tentunya mesin ini akan membuat pekerjaanmu lebih mudah, efisien, dan menghemat banyak waktu

Itu tadi penjelasan mengenai cara membuat bakso yang simpel dan bisa dijadikan ide jualan. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version