E-Dazibao.com

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Agar Lebih Mudah Dan Cepat Jadi

cara membuat es krim dengan mesin

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin – Ada banyak tips yang dibagikan di internet mengenai cara membuat es krim di rumah. Bagi yang tidak menggunakan mesin pembuat es krim, caranya lebih panjang dan rumit. Umumnya, Anda harus menggunakan mixer terlebih dulu untuk mengaduk whipped cream. 

Setelah adonan cream ditambahkan perasa atau buah yang diinginkan, Anda harus memasukkannya ke dalam wadah kedap udara. Wadah ini kemudian disimpan ke dalam freezer dan tiap satu jam sekali, Anda harus mengeluarkan adonan es krim tersebut.

Anda harus mengaduk atau mengerok adonan es krim tersebut dengan garpu bolak balik agar tidak terbentuk kristal es di lapisan atasnya. Proses ini harus diulang setiap satu jam sekali hingga 6 jam. Sebuah proses yang tentunya tidak mudah dan memakan waktu.

Cara Kerja Mesin Es Krim

Cara kerja mesin es krim sebenarnya mengkristalkan cairan adonan es krim dengan cara memutar-mutar adonan tersebut hingga mengkristal secara halus. Teknik pendinginannya menggunakan kompresor dan mesin penggerak untuk menggerakkan seluruh komponen mesin hingga adonan es krim menjadi es krim lembut.

Kebanyakan orang menyukai soft ice cream karena es krim tersebut lembut serta rasanya yang enak banyak kandungan susunya. Jadi tak heran bila banyak orang yang menyukainya, karena es krim itu sendiri. Dengan mengetahui cara kerja mesin es krim maka Anda telah mempelajari komponen yang ada di dalamnya.

Ada komponen penting dalam es krim yang bisa Anda ketahui kegunaannya berikut ini :

1. Kondensor Mesin Es Krim

Dengan kompresor refrigrant bertekanan yang memiliki temperatur tinggi memiliki bentuk gas untuk dialirkan menuju kondensor. Adapun kondensor inilah yang berperan mengubah refrigrant dalam bentuk cair. Kemudian dalam sistem refrigrant berukuran kecil umumnya jenis dari kondensor yang dipakai memakai fan, di mana media untuk berlangsungnya proses kondensasi yang digunakan yaitu aliran udara.

2. Cup Tempat Adonan

Umumnya cup untuk tempat adonan pada mesin pembuat soft ice cream terletak di atas mesin pembuat es krim itu sendiri. Di bagian bawah sendiri ada lubang yang berperan mengalirkan adonan menuju cooling.

3. Expansion Valve

Komponen ini termasuk bagian terpenting dalam sistem refrigrasi mesin pembuat es krim. Adapun fungsinya adalah mengubah tekanan pada refrigrant untuk digunakan untuk proses evaporasi.

Komponen ini memiliki peranan begitu vital sebab jika proses ekspansi melalui refrigran tak berlangsung dengan baik akibat sumbatan. Sehingga proses evaporasi pada bagian barrel atau ruang pendingin pun menjadi tak sempurna. Imbasnya mempengaruhi suhu atau temperatur bahan untuk dibekukan atau didinginkan.

4. Cooling Room atau Cylinder

Bagian ini merupakan bagian dari mesin es krim yang umumnya dinamakan cylinder tube terlapisi sistem jacket berisi cairan. Dengan karakteristik layaknya es batu dan garam hasil pembekuan sistem refrigrasi.

Melewati proses evaporasi untuk bisa mentransferkan temperatur dingin menuju ruang cylinder berisi adonan dari es krim diaduk menggunakan shaft screw. Digerakkan melalui motor penggerak untuk bisa berputar melalui putaran konstan. Anda juga bisa menemukan bagian ini dalam produk mesin es krim merk Tomori.

5. Valve

Valve sendiri biasanya dinamakan juga bagian kran dalam mesin pembuat es krim yang kegunaannya untuk membuka serta mengalirkan produk es krim. Adapun valve ini terbagi ke dalam 2 jenis, di antaranya jenis mechanical system dan Electric system.

Manfaat Mesin Es Krim

5 Cara Membuat Es Krim

1. Es Krim Stroberi

Bahan-bahan:

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Rasa Stroberi:

  1. Haluskan stroberi menggunakan blender, tuang ke mangkuk lalu tambahkan susu, cream dan gula.
  2. Aduk hingga rata lalu tuang ke wadah pembuat es krim.

2. Sorbet Lemon

Bahan-bahan:

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Rasa  Sorbet Lemon:

  1. Peras semua lemon, lalu tambahkan air sebanyak 750 ml.
  2. Kemudian masukkan gula dan sedikit potongan kulit lemon yang sudah dicuci bersih. Kocok putih telur lalu masukkan ke dalam adonan lemon.
  3. Masak di atas api kecil selama beberapa menit.
  4. Matikan api lalu diamkan 30 menit hingga suhu adonannya turun. Tuang adonan tersebut ke wadah baru menggunakan saringan.
  5. Setelah itu, barulah Anda masukkan ke wadah pembuat es krim.

3. Es Krim Coklat

Bahan-bahan:

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Rasa Coklat:

  1. Campur gula pasir dan bubuk kakao dalam satu wadah. Masukkan telur dan esens vanila, aduk hingga rata. Tambahkan cream dan susu, aduk hingga rata. Dinginkan di dalam kulkas selama 3-4 jam.
  2. Nyalakan Twin Ice Cream Maker lalu tuang adonan ke dalam mug pembuat es krim melalui corong yang disediakan. Matikan mesin ketika adonan es krim mencapai konsistensi tertentu.
  3. Tekstur es krim harus seperti soft cream. Jika Anda ingin tekstur yang lebih padat, pindahkan es krim ke dalam wadah kedap udara lalu masukkan ke dalam freezer tidak lebih dari 30 menit.
  4. Perlu dicatat juga, kadar lemak yang ada di susu akan mempengaruhi tekstur hasil akhir es krim. Semakin tinggi kadar lemak, maka es krim akan terasa lebih kaya dan lembut.

4. Es Krim Vanila

Bahan-bahan:

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Rasa Vanila:

  1. Campurkan kuning telur dan gula pasir ke dalam saucepan yang cukup besar, lalu kocok hingga rata.
  2. Tambahkan susu dan cream sedikit demi sedikit.
  3. Aduk terus selama kurang lebih 10 menit di atas api kecil hingga adonan mengental. Matikan api, lalu diamkan adonan hingga dingin.
  4. Lalu masukkan esens vanila dan aduk rata.
  5. Masukkan adonan ke dalam kulkas sebelum diproses ke mesin pembuat es krim.

5. Es Krim Susu

Alat-alat:

Bahan-bahan:

Sebagai catatan : Komposisi ikuti petunjuk pada Kemasan Bubuk Soft Ice Cream. Bila Anda ingin berinovasi, silahkan.

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Rasa Susu:

  1. Tuangkan 1 Kg Bubuk Soft Ice Cream dan 3 liter air ke dalam wadah atau baskom bersih. Kocok dengan mixer sampai adonan larut, merata dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Diamkan adonan selama 30 menit.
  3. Nyalakan mesin dan bilas tangki dengan air bersih.
  4. Masukkan adonan Soft Ice Cream tadi ke dalam tangki / wadah pada Mesin Es Krim dan tutup.
  5. Setting/Atur Mesin sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Nyalakan proses pendinginan.
  7. Tunggu sampai mesin berhenti bekerja.
  8. Soft Ice Cream sudah siap untuk disajikan.
  9. Tempatkan ke wadah yang sudah disiapkan.

Demikian pembahasannya tentang cara membuat es krim dengan mesin agar lebih mudah dan cepat. Anda bisa mencoba membuat es krim dengan salah satu cara di atas. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Selamat mencoba.

Exit mobile version