E-Dazibao.com

Cara Membuat Kacang Mete Disco

Siapa yang bisa menolak kacang mete goreng? Tentunya, tidak semua orang pandai untuk mengetahui takaran pas cara menggoreng kacang mete. Namun sebelumnya, tahukah Moms dan Dads kalau manfaat kacang mete sendiri menurut studi dari Nutritions Research Views dapat membantu mengurangi peradangan dan menawarkan perlindungan dari penyakit.

Kemudian, menurut database Food Data Central dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kacang mete menyediakan 157 kalori per porsi 1 ons (28 gram), yang artinya cocok untuk dikonsumsi bila Moms atau Dads dalam program diet menurunkan berat badan.

Kacang mete kaya akan serat, protein, dan lemak sehat. Mereka juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat yang melindungi kesehatan.

Baca Juga: 6 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Cara Menggoreng Kacang Mete

Moms, salah satu hidangan yang cukup populer saat Lebaran adalah kacang mete goreng. Testurnya yang renyah dan rasanya yang manis gurih cukup disukai oleh seluruh anggota keluarga.

Jika membeli kacang mete goreng siap makan, Moms mungkin perlu merogoh kantong cukup dalam. Namun, Moms juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah.

Tapi, karena harga kacang mete mentah pun sudah cukup mahal, rasanya mengesalkan jika sampai gosong dan gagal. Nah, agar tidak gosong dan gagal, yuk simak cara menggoreng kacang mete.

  1. Di dalam wajan, tambahkan 250 ml minyak goreng. Gunakan api kecil untuk memanaskan minyak. Celupkan sumpit/sutil bambu/kayu ke dalam wajan untuk memeriksa apakah minyak sudah mendidih. Bila Moms melihat gelembung-gelembung yang menempel di sumpit bambu naik ke permukaan dengan cepat, itu tandanya minyaknya sudah siap.
  2. Masukkan 300 gram kacang mete ke dalam wajan dan aduk perlahan untuk memastikan kacang mete rata. Putaran pertama biasanya membutuhkan waktu sekitar 3,5 menit untuk menjadi agak coklat.
  3. Setelah 3,5 menit dan kacang mete terlihat coklat keemasan, angkat lalu tiriskan minyak di atas tisu dapur agar minyak terserap.
  4. Berdasarkan pengalaman, 250 ml minyak baik untuk menggoreng 1 kg mete setelah itu minyak akan menjadi gelap dan harus dibuang.
  5. Putaran kedua menggoreng membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Putaran kedua setidaknya butuh waktu sekitar 7,5 menit. Dan putaran ketiga sekitar 8,5 menit.
  6. Tambahkan sedikit garam pada kacang mete sebelum dikonsumsi dan simpan kacang mete dalam wadah kedap udara.

Resep Kacang Mete

Setelah tahu cara menggoreng kacang mete, Moms bisa juga berkreasi dengan kacang mete. Berikut ini beberapa resep kacang mete yang bisa Moms coba. Cocok sekali untuk camilan di rumah.

1. Resep Kacang Mete Bawang

Bahan:

  • 500 gram kacang mete
  • 4 sdt bawang putih bubuk
  • Secukupnya garam
  • Air

Cara Menggoreng Kacang Mete:

  1. Cuci bersih kacang mete dengan menggunakan air hangat kemudian buang airnya
  2. Campurnkan bawang putih bubuk dan garam ke dalam kacang mete. Aduk-aduk hingga tercampur rata
  3. Lalu, tambahkan air hangat hingga semua kacang terendam air. Diamkan selama 20 menit lalu tiriskan.
  4. Panaskan minyak di wajah menggunakan api kecil. Jika sudah panas lalu goreng kacang mete. Api kecil agar tidak cepat gosong .
  5. Goreng sambil diaduk sesekali. Di awal goreng kacang mete masih terasa empuk bila diaduk. Tapi, lama kelamaan akan jadi keras dengan ditandai dengan bunyinya yang nyaring ketika diaduk.
  6. Gorengnya tidak perlu hingga golden brown. Cukup kekuningan saja karena proses pematangan masih berlanjut hingga kacang dingin. Kalau sudah agak keras dan kekuningan kacang mete sudah bisa diangkat dan ditiriskan.
  7. Setelah ditiriskan langsung disebar di atas kertas atau tissue hingga semua minyak terserap dan cepat kering.
  8. Saat minyak habis dan dingin, kacang mete bisa disimpan di wadah. Demikian cara menggoreng kacang mete agar matang merata dan dengan tambahan rasa bawang.

2. Resep Kacang Mete Original

Bahan:

  • 1 kg kacang mete mentah
  • Garam
  • Air panas

Cara Menggoreng Kacang Mete:

  1. Cuci kacang mete dengan air biasa. Taruh dalam wadah tahan panas. Tuangi air panas dan 1 sdm garam. Diamkan 15 menit, tiriskan. Lalu, guyur kembali kacang mete dengan air panas lagi kemudian tiriskan dan biarkan dingin. Hal ini diperlukan karena air panas berfungsi membuang getah kacang mete yang bikin gatal di mulut atau tenggorokan.
  2. Rendam kacang mete dengan air biasa kurang lebih 500 ml dan garam 1 sdm atau sesuai selera sekitar 1 jam agar meresap. Jika bumbu sudah meresap tiriskan kacang mete kurang lebih 30 hingga 45 menit.
  3. Panaskan minyak goreng, masukkan kacang mete. Cara menggoreng kacang mete agar matang merata yaitu kacang mete harus terendam minyak. Kecilkan api selama menggoreng aduk-aduk supaya matangnya merata. Goreng sampai kecoklatan. Angkat, taruh kacang mete pada tisu agar minyaknya meresap. Jika kacang mete sudah dingin masukkan ke dalam wadah tertutup.

3. Resep Kacang Mete Pedas Manis

Bahan:

  • 500 gram kacang mete
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 7 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang putih
  • 3 sdm gula pasir
  • 1,5 sdt garam
  • 2 buah putih telur
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Menggoreng Kacang Mete:

  1. Cuci bersih kacang mete, tiriskan dan tepuk-tepuk dengan tisu sampai tidak basah lagi.
  2. Haluskan bawang putih, dan cabai kemudian campurkan dengan putih telur, gula serta garam. Lalu aduk bersama dengan kacang metenya.
  3. Diamkan semalaman dengan keadaan dihampar atau tidak saling bertumpuk
  4. Goreng dalam minyak dengan api sedang sampai matang
  5. Tunggu benar-benar dingi sampai bisa disimpan di toples

 

Baca juga: Alat Pengupas Mete

Exit mobile version