Cara membuat pot bunga

Di artikel kali ini saya akan memberikan cara membuat pot bunga dari sabut kelapa yang benar .Tanaman kelapa memiliki banyak manfaat. Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Sabut Kelapa

cara membuat pot bunga dari sabut kelapa

Antara lain adalah bagian sabut kelapa, Sabut kelapa yang sudah kering dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan. Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh penggunaan sabut kelapa kering. Sabut kelapa kering dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pot gantung.

pot gantung yang terbuat dari sabut kelapa bersifat lembab dan mudah menyerap udara. Oleh karena itu, pot gantung ini dapat digunakan untuk menanam jenis tanaman pakis seperti kadaka, tanduk rusa, suplir, dan lain-lain.kalian juga harus tau cara membuat cocopeat

Selain untuk menananam jenis tanaman pakis juga dapat digunakan untuk menanam anggrek. Peluang bisnis sabut kelapa juga sangat menjanjikan di tahun sekarang tentunya hal ini akan memberikan kesan yang alami dan elegan pada tanaman anggrek.nah kalian juga bisa menggunakan mesin pengolah sabut kelapa . Berikut ini saya memberikan cara membuat pot bunga dari sabut kelapa yang benar

Cara Membuat Pot Bunga 

cara membuat pot dari sabut kelapa yang benar

 

A. Alat

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

B. Bahan

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk

C. Cara Pembuatan

cara membuat pot sabut kelapa yang benar

1. Ambillah sabut kelapa dari kulitan kelapa yang sudah kering, gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar kupasan sabut tetap terjalin. Jika pedesaan kulit kelapa ini sudah dikuliti sedemikaina rupa sehingga kupasan sabut kelapa masih terjalin.

2. Tandai bagian bawah dan atas setiap belahan dengan menggunakan tipe ex, bagian ini akan dibor untuk mengikat belahan sabut sekaligus untuk tali ikatan pot.

3. Borlah dengan hati -hati pada bagian yang sudah diberi tanda.

4. Talikan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa sehingga setiap belahan sabut dapat menyatu.

5. Setelah ikatan dalam terbentuk kemudian silanglah ikatan pada bagian luar, lakukan serupa pada seluruh belahan sabut kelapa.Maka terbentuklah satu ikatan kuat dan pesanan kulit kelapa yang terpancung pada bagian atas

6. Pot sabut kelapa siap digunakan untuk menanam tanaman anggrek atau pakis

gambar langkah untuk membuat pot bunga dari sabut kelapa yang benar, disini saya akan memberikan beberapa produk dari sabut kelapa.simak baik baik ya

Aneka Jenis Produk Turunan Sabut Kelapa

Sabut kelapa memiliki banyak manfaat serta produk yang bisa di hasilkan. ini merupakan anugerah Tuhan yang diberikan kepada kita. Maka kita juga harus memaksimalkan potensi tersebut Untuk lebih mensyukuri nikmat Tuhan.

nah disini saya akan memberikan sedikit informasi beberapa manfaat sabut kelapa dalam bentuk produk unggulan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

1. Matras Sabut Kelapa

Matras Sabut Kelapa tersebut berfungsi sangat baik untuk matras kesehatan, orang-orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat di saran kan untuk memakai produk matras ini.Sifat yang dimiliki matras tersebut sangat lah lentur, tetapi tidak mudah tertekan, aman bagi orang yang sakit.

pinggang.Bahan ini juga cocok sebagai matras untuk bayi, sifatnya yang mampu menyerap bau, dan nyaman jika pun diompoli berkali-kali. dan juga untuk matras ini bisa digunakan sebagai sandwich atau campuran untuk membuat lapisan spring bed yang berkualitas.

2. Jok Mobil Sabut Kelapa

Industri otomotif yang terkenal di dunia, contohnya seperti Mercedes Benz, Volkswagen Porche, dan Opel di negara Eropa, ternyata mereka juga menggunakan sabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Bahkan ada beberapa yang di gunakan untuk jok pesawat terbang.

Salah satu Kelebihan sabut kelapa untuk pengisi jok mobil yaitu sabut kelapa berisifat mempunyai daya lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak memiliki, dan mempunyai tingkat pencemaran yang sangat rendah (bioderedability).

3. Kasur Sabut Kelapa

Kasur sabut kelapa merupakan perpaduan antara sabut kelapa dan lateks karet, yang bisa menghasilkan sebuah produk yang bekualitas tinggi.karena kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas / per, kasur kelebihan sabut kelapa dan karet ini sudah lentur dan empuk secara alami.

Hasil dari proses pengeritingan serat sabut kelapa dan karet yang secara alami memiliki kepegasan serta kelenturan alami.Kelebihan dari kasur ini juga mempunyai anti bakteri, anti air (terkena air atau ompol anak atau susu anak yang mudah di bersihkan dan cepat kering.

jadi bisa dipastikan aman untuk bayi dan anak-anak

4. Tali Tambang Sabut Kelapa

Tali tambang sabut kelapa sebagai bahan dasar untuk membuat aneka kerajinan berbahan dasar sabut kelapa, seperti tali sabut untuk kerajinan. Kegunaan Tambang sabut yaitu tali dadung untuk tali kapal, tali sabut untuk cocomesh dll.

Dan bisa dikatakan sebagai tali sabut.dan kelapa sebagai bahan dasar utama kedua setelah serat sabut kelapa itu sendiri. Tali sabut kelapa juga mempunyai beberapa variasi lilitan, atau sering disebut dengan ply. Umumnya untuk tali banyak yang menggunakan 2 ply.

Kemudian 3 ply dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan.

5. Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Cocomesh jaring sabut kelapa merupakan salah satu aplikasi dari tali sabut kelapa. cara bergabung dengan cara dianyam. Polanya bisa menyesuaikan kebutuhan, seperti membuat ukuran dengan jarak tali 2 × 2 cm, 3 × 3 cm, 4 × 4 cm dan sesuai kebutuhan.

Penggunaan cocomesh lebih sering digunakan sebagai reklamasi tambang.Dan bias mengembalikan area bekas tambang agar menjadi hijau kembali.Cocomesh bisa di fungsi kan untuk media tanam cover crop yang disebar diatas cocomesh.

dan fungsi lain dari cocomesh bisa mencegah larinya di atas tanah dan dapat mencegah erosi tanah. Dan sangat cocok untuk menilai tanah pada kemiringan lahan.