Cara Mendaur Ulang Limbah Organik

Mungkin dari kita masih banyak yang belum tahu mengenai cara mendaur ulang sampah organik?,maka dari itu saya akan memberikan sedikit tips dan cara mendaur ulang limbah organik berikut ini.

Pengertian sampah organik

Cara Mendaur Ulang Limbah Organik

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup dan dapat terurai secara alami tanpa campur tangan manusia.

Sampah organik dapat digolongkan sebagai sampah yang ramah lingkungan bahkan sampah jika dibuang dengan benar dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat. Namun, jika sampah tersebut tidak ditangani dengan baik, dapat menimbulkan penyakit dan bau tidak sedap yang disebabkan oleh cepatnya penguraian sampah organik.

Jenis sampah organik

Berdasarkan jenisnya sampah organik dibedakan menjadi 2 yaitu sampah organik basah dan sampah kering.

1. Sampah organik basah

Biowaste basah adalah sampah organik yang banyak mengandung air. Biowaste basah misalnya sisa sayuran, kulit pisang, buah busuk, kulit bawang dan sejenisnya.

Inilah yang saya katakan bahwa sampah organik dapat menimbulkan bau yang tidak sedap karena kandungan air yang tinggi dengan cepat menguraikan sampah jenis ini.

2. Pengeringan sampah organik

Biowaste kering adalah sampah organik yang sedikit mengandung air. Contoh sampah organik adalah kayu, ranting, kayu, dan daun kering. Sebagian besar sampah organik sulit untuk didaur ulang, sehingga seringkali dibakar untuk dihancurkan.

Cara mendaur ulang sampah organik

1.Pengomposan

Selama masa pandemi, semua aktivitas akan dilakukan dari rumah, yang otomatis akan mempengaruhi jumlah sampah setiap harinya. Sebaiknya dilakukan kombinasi pengolahan sampah kering dan basah. Melengkapi tempat sampah dengan ember cat 20 kilogram dengan lubang samping untuk fungsi sirkulasi udara menghentikan kerja bakteri anaerob yang membuat tempat sampah kompos berbau tidak sedap.

Kemudian masukkan sampah organik ke dalam ember dan segenggam tanah, ingat hanya sampah organik yang akan melakukannya dan melakukannya secara teratur, tunggu dua hingga tiga bulan, dan kompos alami siap digunakan.

2.Pakan ternak

Limbah jenis ini sangat berguna untuk tambahan pakan ternak. Dengan memanfaatkan sampah organik untuk hewan ternak, biaya pembelian pakan ternak bisa dihemat. Jika kota kecil kemungkinan memiliki ternak di lahan terbatas namun jangan menyerah, ada beberapa perusahaan daur ulang sampah yang menerima sampah organik untuk diolah melalui layanan online.

Manfaat mendaur ulang sampah organik

1. Dapat dibuat menjadi kompos sederhana dan pupuk kandang

Seperti diketahui, bio-limbah dapat diubah menjadi kompos, namun masih banyak yang belum mengetahui cara mendaur ulang dan memanfaatkannya untuk pertanian karena butuh kesabaran dan langkah yang tepat. Jika tidak repot, sampah organik bisa diubah menjadi pupuk sederhana. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah lubang untuk membuang sampah organik ke dalam bumi dan menunggu hingga membusuk hingga menyerupai bumi. Nutrisi yang dihasilkan dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.

2. Tambahan pakan ternak

Sampah organik berupa daun dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti kambing, sapi dan hewan herbivora lainnya. Bisa juga diolah menjadi pelet untuk pakan ayam dan ikan.

3. Dapat digunakan untuk kerajinan

Beberapa sampah organik dapat dibuat menjadi produk bernilai eceran, seperti eceng gondok yang dikeringkan dan dibakar, yang dapat diolah lebih lanjut menjadi kantong. Selain itu, batok kelapa yang biasanya hanya digunakan sebagai bahan bakar, juga dapat digunakan sebagai peralatan masak seperti sendok, gelas, dll.

4. Dapat digunakan sebagai biogas dan listrik

Limbah organik dari tahu, tempe dan kotoran hewan dapat dimanfaatkan sebagai komponen utama dalam produksi biogas. Cukup sediakan wadah tertutup yang dapat digunakan sebagai tangki penyimpanan gas dan tambahkan air dan aduk untuk mempercepat proses pembuatan. Selain itu dapat juga ditambahkan dekomposer untuk mengurangi waktu pembuatan, karena jika hanya menggunakan air akan memakan waktu lebih dari dua minggu.

Baca Juga: Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik

Dari cara mendaur ulang limbah organik di atas dapat kita lakukan untuk menjadikan sampah organik menjadi lebih bermanfaat seperti: pupuk kompos untuk tanaman dan sampah organik sebagai pakan ternak anda.serta menjadikan lingkungan bersih dari sampah.