E-Dazibao.com

Cara Edit Video Biasa Jadi Timelapse Yang Simple

edit video biasa jadi timelapse

Cara edit video biasa jadi timelapse yang simple?. Timelapse adalah teknik fotografi atau video yang menampilkan perubahan objek atau kejadian dalam rentang waktu tertentu dengan kecepatan yang lebih cepat dari keadaan normal.

Timelapse dapat memberikan efek dramatis dan menarik pada video, karena dapat menunjukkan proses yang berlangsung lama dalam waktu singkat.

Timelapse juga dapat digunakan untuk menghemat ruang penyimpanan video, karena dapat mengurangi jumlah frame yang direkam.

Namun, untuk membuat video timelapse, kita tidak harus memiliki kamera khusus atau peralatan mahal. Kita dapat mengubah video biasa menjadi timelapse dengan menggunakan aplikasi edit video yang ada di smartphone atau komputer.

Cara Edit Video Biasa Jadi Timelapse Yang Simple

Berikut adalah cara edit video biasa jadi timelapse yang simple dan mudah dilakukan.

1. Pilih Video yang Ingin Dijadikan Timelapse

Video yang cocok untuk dijadikan timelapse adalah video yang merekam objek atau kejadian yang bergerak lambat atau berubah secara perlahan, seperti gerakan awan, bunga mekar, lalu lintas, atau pembangunan gedung.

Video yang merekam objek atau kejadian yang bergerak cepat atau berubah secara drastis, seperti orang berlari, hewan bergerak, atau ledakan, tidak disarankan untuk dijadikan timelapse, karena hasilnya akan terlihat tidak nyata atau tidak alami.

Pilih video yang ingin dijadikan timelapse dari galeri smartphone atau komputer. Pastikan video memiliki kualitas yang baik dan tidak buram atau goyang. Jika perlu, potong video untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan atau tidak relevan dengan tema timelapse.

2. Ubah Kecepatan Video

Setelah memilih video yang ingin dijadikan timelapse, langkah selanjutnya adalah mengubah kecepatan video.

Kecepatan video adalah rasio antara jumlah frame yang direkam dengan jumlah frame yang diputar. Semakin tinggi kecepatan video, semakin cepat video akan diputar, dan semakin pendek durasi video.

Untuk mengubah kecepatan video, kita dapat menggunakan aplikasi edit video yang tersedia di smartphone atau komputer, seperti Kinemaster, Inshot, Filmora, atau Adobe Premiere.

Setiap aplikasi memiliki fitur dan cara yang berbeda untuk mengubah kecepatan video, tetapi secara umum, kita dapat menyesuaikan kecepatan video dengan menggunakan slider atau memasukkan angka persentase.

Kecepatan video yang ideal untuk membuat timelapse tergantung pada jenis dan durasi video yang kita gunakan.

Sebagai contoh, jika kita menggunakan video yang merekam gerakan awan selama 10 menit, kita dapat mengubah kecepatan video menjadi 1000% atau 10 kali lipat, sehingga video akan diputar selama 1 menit.

Jika kita menggunakan video yang merekam bunga mekar selama 1 jam, kita dapat mengubah kecepatan video menjadi 6000% atau 60 kali lipat, sehingga video akan diputar selama 1 menit.

3. Simpan dan Bagikan Video Timelapse

Setelah mengubah kecepatan video, langkah terakhir adalah menyimpan dan membagikan video timelapse yang telah kita buat.

Sebelum menyimpan video, kita dapat menambahkan efek, musik, teks, atau elemen lain yang dapat meningkatkan kualitas dan estetika video.

Kita juga dapat menyesuaikan resolusi, format, dan ukuran video sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Setelah menyimpan video, kita dapat membagikan video timelapse yang telah kita buat ke media sosial, seperti Instagram, YouTube, atau Facebook.

Kita juga dapat mengirimkan video timelapse ke teman, keluarga, atau kolega melalui aplikasi pesan, seperti WhatsApp, Telegram, atau Line.

Jangan lupa untuk memberikan kredit atau sumber video yang kita gunakan, jika video tersebut bukan milik kita sendiri.

Kesimpulan

Timelapse adalah teknik fotografi atau video yang menampilkan perubahan objek atau kejadian dalam rentang waktu tertentu dengan kecepatan yang lebih cepat dari keadaan normal.

Timelapse dapat memberikan efek dramatis dan menarik pada video, karena dapat menunjukkan proses yang berlangsung lama dalam waktu singkat.

Untuk membuat video timelapse, kita tidak harus memiliki kamera khusus atau peralatan mahal. Kita dapat mengubah video biasa menjadi timelapse dengan menggunakan aplikasi edit video yang ada di smartphone atau komputer.

Cara edit video biasa jadi timelapse yang simple dan mudah dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pilih video yang ingin dijadikan timelapse dari galeri smartphone atau komputer. Pastikan video memiliki kualitas yang baik dan tidak buram atau goyang. Jika perlu, potong video untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan atau tidak relevan dengan tema timelapse.
  • Ubah kecepatan video dengan menggunakan aplikasi edit video yang tersedia di smartphone atau komputer, seperti Kinemaster, Inshot, Filmora, atau Adobe Premiere. Sesuaikan kecepatan video dengan jenis dan durasi video yang kita gunakan. Semakin tinggi kecepatan video, semakin cepat video akan diputar, dan semakin pendek durasi video.
  • Simpan dan bagikan video timelapse yang telah kita buat ke media sosial, aplikasi pesan, atau orang lain. Tambahkan efek, musik, teks, atau elemen lain yang dapat meningkatkan kualitas dan estetika video. Jangan lupa untuk memberikan kredit atau sumber video yang kita gunakan, jika video tersebut bukan milik kita sendiri.

Demikian artikel tentang cara edit video biasa jadi timelapse yang simple. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membuat video timelapse yang keren dan menarik.

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang cara edit video jadi timelapse, Anda dapat mengunjungi situs lintasusaha.com, yang menyediakan berbagai informasi dan tips seputar edit video. Terima kasih telah membaca artikel ini. Selamat mencoba!

Exit mobile version