E-Dazibao.com

Jenis Artikel Pada Website

jenis-artikel-pada-website

Untuk kamu pemilik website, baik digunakan untuk personal, bisnis online maupun profil perusahaan, pasti ingin dong website banyak dikunjungi adan memberikan kesuksesan secara online. Nah salah satu caranya adalah dengan mengetahui pentingnya artikel pada website.

Meletakkan konten pada website bisa memberikan banyak keuntungan. Kalian juga bisa membuka jasa penulisan artikel loh. Nah salah satu jenis konten yang mudah dan gratis dilakukan ialah mempublish artikel di website secara berkala. Exabytes Friends yang belum pernah terpikirkan untuk membuat konten artikel pada website, simak ya!

 

Jenis Artikel Pada Website

Kamu sudah mengetahui apa itu artikel pada website. Jika kamu mulai berencana ingin membuat artikel tetapi belum ada bayangan mengenai artikel yang seperti apa, kamu bisa melihat jenis-jenis artikel dan memilih mana yang sesuai dengan kamu.

 

Berdasarkan Format

Berdasarkan format hingga banyaknya kata, artikel dibagi menjadi beberapa macam.

Short-form

Artikel short-from atau artikel pendek berkisar 500 – 1000 kata. SEO menggambarkan artikel long-form itu sangat mudah untuk dikonsumsi, ideal untuk memberikan kabar yang bersifat breaking news, atau memberikan informasi yang berupa poin-poin simple.

Tidak seperti artikel long-form, artikel short-form biasanya hanya berpusat pada satu subjek pembicaraan dan disampaikan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti, bahkan harus bisa dimengerti  hingga anak sekolah dasar. Ditulis dengan paragraf pendek.

Long-form

Artikel long-form atau artikel yang panjang biasanya berkisar dari 1.500 hingga 3.000 kata dan gaya penulisan seperti buku. Artikel yang panjang biasanya berisi subjek yang lebih kompleks, ditujukan untuk orang dewasa.

Artikel long-form merupakan opsi baik jika kamu ingin memaparkan informasi yang lengkap dan terperinci. Tetapi kalimat harus simple, efisien, tidak berulang-ulang agar pembaca tidak mudah bosan dan dapat mengerti.

Listicle

Selain artikel short-form dan long form, adalah pula artikel yang berbentuk Listicle. Listicle adalah artikel yang dikemas dengan berbentuk list sehingga terdapat nomor-nomor. Artikel listicle banyak terdapat di Buzzfeed.

Mengapa orang menyukai artikel listicle ini? Karena mereka bisa melihat seberapa banyak informasi yang terkandung dalam artikel serta mengetahui seberapa dekat dengan akhir artikel saat membacanya.

Artikel dengan bentuk listicle menarik perhatian audiens terutama yang membaca artikel saat bersantai di hari akhir kerja.

Slideshow

Artikel yang berbentuk slideshow biasanya didukung dengan beberapa foto serta video dan diberi caption singkat menjelaskan tentang foto/video tersebut.

 

Berdasarkan Isi

Selain format dan banyaknya kata, artikel juga mempunya beberapa jenis berdasarkan isinya.

Artikel News

Konten tulisan pada website bisa berupa news atau berita. Jika pada website media online, tentunya news bersifat breaking news atau hard news yaitu berita yang harus segera disampaikan ke pembaca agar mengetahui informasi penting secepatnya.

Namun website yang bukan media online juga bisa menerbitkan artikel berupa news. Misalnya website perusahaan bisa menerbitkan artikel berita mengenai produk terbaru, event besar yang baru dilaksanakan, hingga kemajuan dan pencapaian dalam bisnis.

Artikel Feature

Jika dalam artikel news bersifat breaking news dan hard news, maka artikel feature lebih ke arah soft-news. Artikel ini bersifat soft news karena tidak begitu memiliki urgensi harus diterbitkan ke pembaca secepatnya.

Selain fleksibel dalam waktu, artikel feature juga lebih in-depth atau mengupas lebih dalam dan memaparkannya secara detail tentang suatu peristiwa, situasi terkini, hingga seseorang.

Artikel How-To

Artikel how-to sangat berguna dan biasanya sering dicari seseorang di mesin pencarian Google saat kebingungan atau tidak tahu saat mau melakukan sesuatu.

Di artikel ini kamu bisa hadir sebagai solusi atas masalah mereka dan menuntunnya dengan poin-poin simpel atau urutan nomor tentang tata cara melakukan sesuatu.

Artikel Lifestyle

Artikel lifestyle adalah artikel yang membahas tentang kehidupan sehari-hari manusia dari mulai pakaian, makanan, tren terkini, relationship dan masih banyak lagi.

Artikel Kesehatan/Clinical Case Studies

Selain artikel mengenai lifestyle, kamu juga bisa membuat artikel mengenai kesehatan. Banyak orang sekarang mengetikkan gejala yang dirasakan di mesin pencarian untuk mengetahui apakah mereka sakit atau tidak.

Artikel Soft-selling Produk/Layanan

Website kamu merupakan bisnis online dan menawarkan produk atau layanan? Kamu bisa promosi jualan kamu lewat konten artikel yang kamu publish di website kamu lho.

Artikel Profil Seseorang

Artikel profil adalah artikel yang menuliskan cerita lengkap tentang seseorang terutama publik figur penting atau orang yang menarik.

Artikel Opini, Komentar, Perspektif

Untuk kamu yang mempunyai website diperuntukkan urusan personal, kamu bisa mempublish tulisan yang bersifat opini, misalnya mengomentari suatu isu terkini atau memberikan perspektif baru yang kamu miliki terhadap isu tersebut.

Artikel Review Film atau Buku

Selain artikel opini, website personal juga bisa mempublish konten artikel berupa review film atau buku yang baru saja kamu nikmati. Review buku tidak hanya sekadar menilai baik dan buruk saja, tetapi disertai dengan tulisan yang komprehensif, runut dan memberikan perspektif atau pandangan terhadap karya

 

Exit mobile version