E-Dazibao.com

Jenis-Jenis Website

jenis-jenis website

jenis-jenis website terdapat cukup banyak, dan akan memberikan beberapa informasi dan penjelasan mengenai jenis – jenis situs web. Berikut ialah tiga jenis website berdasarkan pengembangannya.

Jenis-jenis website

1. Statis

Website statis ialah website yang mempunyai tampilan tetap dan tidak banyak mengalami perubahan. Biasanya untuk perubahannya sendiri cuma terletak pada tampilan desain halaman web saja, terkait konten tidak mengalami perubahan yang besar. ontoh dari website statis adalah yang menampilkan profil perusahaan atau organisasi.

A. Website Company Profile

Website perusahaan yang digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, produk, serta layanan yang ditawarkan. Pada umumnya digunakan sebagai sarana branding dan menyediakan informasi perusahaan kepada user

B. Website Pribadi 

Website jenis tersebut dimiliki dan dikelola oleh individu. Pada umumnya konten website tersebut tentang keahlian atau portfolio untuk membangun personal branding. Anda juga dapat membaca lebih lengkapnya  di jasa pembuatan website

2. Dinamis

Website dinamis ialah website yang mengalami perubahan secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan dan relevansi dari bisnis dan perkembangan zaman. Website dinamis mepunyai tampilan yang lebih interaktif, dan menyediakan fitur kolom komentar, dan chatting. Contoh dari situs web tersebut ialah blog, situs berita online, e-commerce, sistem informasi, dan lain sebagainya.

A. Blog

Website yang digunakan untuk berbagi konten berupa artikel, optersebut, atau informasi yang disusun secara kronologis. Pada umumnya dikemas dalam format tulisan dengan elemen visual seperti gambar dan video.

B. Situs Berita Online

Website yang menyajikan berita aktual dan informasi terktersebut. Isi artikel berita yang dikelompokkan berdasarkan topik atau sektor pada suatu situs web.

C. E-Commerce

Website yang berfungsi sebagai platform sebagai menjual produk atau layanan dengan online. Pengguna dapat menjelajahi katalog produk, menambahkan produk ke keranjang belanja, dan melakukan pembelian melewati website tersebut.

D. Sistem Informasi

Website yang menjadi pintu akses utama untuk mendapatkan berbagai informasi dan layanan. Pada umumnya menyediakan tautan ke berbagai sumber daya yaitu berita, email, cuaca, dan fitur lainnya.

3. Interaktif

Website interaktif ialah website yang dirancang untuk dapat saling berinteraksi antar penggunanya. Jenis situs tersebut biasanya tergolong ke dalam platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan platform social media yang lain.

A. Website Media Sosial

Website jenis tersebut dapat diakses melewati aplikasi atau melewati web browser dengan menggunakan URL-nya. Jenis website tersebut juga memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman. Selanjutnya selain itu, bagi pemilik perusahaan, media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk meningkatkan pendapatan bisnis.

Tujuan membuat website

Terdapat dua tujuan yang umumnya dar membuat website bisnis, yaitu menjual produk atau layanan dan membangun kredibilitas. Jika tujuan anda ialah untuk menjual produk dan layanan, anda dapat membuat website took online dengan tujuan menghasilkan profit dan penjualan teruktur.

Jika bisnis yang anda jalankan tidak memungkinkan untuk melakukan transaksi online dengan langsung anda juga dpat membuat website, yaitu corporater website, atau website perusahaan.

Tujuan corporate website atau website perusahaan ialah, sebagai menampilkan profil perusahaan untuk membangun kredibilitasi di dunia maya.

Website perusahaan atau corporate website tidak mendatangkan revenue secara langsung. Tetapi, website perusahaan penting sebagai sumber informasi terpercaya mengenai perusahaan Anda.

Contoh Laman Web

1. Bayer

Bayer bersasil mempertahankan posisinya di peringkat dua pada indeks tersebut dengan skor 213, dari skor maksimal 280. Perusahaan tersebut tidak menampilkan prosuk yang dijual saja, tetapi juga menyediakan menu magazine yang berisi artikel-artikel edukatif dari berbagi topik berdasarkan insight internal perusahaan.

2. Siemens

Siemens berada di peringkat tujuh pada indeks tahun tersebut yang menunjukkan peningkatan dari tahun 2016 yang berada di peringkat 11. Perusahaan tersebut menggunakan teknik new journalism yang terlihat modern dan tegas di konten website perusahaannya.

3. BP

BP menduduki posisi kedua bersama Bayer dalam hal skor, menurut Bowen Craggs. Situs web perusahaan BP sukses dalam memancarkan citra sebagai perusahaan minyak dan gas yang mempedulikan transisi energi ke sumber energi rendah karbon.

4. Coca Cola

Dari 30 peringkat indeks Bowen Craggs tahun kini, Coca Cola berada di posisi 29. Dengan berada di posisi buncit, website perusahaan Coca Cola bisa dijadikan contoh dalam mebuat website perusahaan bergaya magazine.

Mulai tahun 2013, Coca Cola telah mempromosikan platform Coca Cola Journey di situs web perusahaan mereka yang memuat kisah-kisah produk Coca Cola dalam berbagai kegiatan konsumen di seluruh dunia.

5. Nestle

Nestle berada di posisi kedua bersama Bayer dan BP dalam peringkat, dengan penonjolan kualitas informasi yang disajikan meskipun tidak begitu mencolok dalam hal visual. Sesuatu yang menarik adalah, pengunjung situs web Nestle dapat memasukkan tahun kelahiran mereka di bagian ‘Your Life in Food’, dan memperoleh informasi dan fakta terkait makanan yang relevan dengan tahun tersebut.

Contoh Laman Web Penjualan

1. True LinksWear

True LinksWear masuk sebagai salah satu finalis dalam kategori Best New Site di acara penghargaan Big Commerce Design Awards 2018. Website toko online yang fokus pada penjualan alas kaki ini berhasil meningkatkan penjualan mereka sebesar 700 persen berkat desain yang menarik.

2. Bukupedia

Indonesia juga mempunyai ajang penghargaan di bidang E-Commerce, yaitu Indonesia E-Commerce Award. Pada tahun 2016, Bukupedia mencapai peringkat Runner Up dalam kategori toko buku online.

Toko buku online yang telah berusia sepuluh tahun tersebut menyediakan platform online khusus penerbit, yaitu Bukupedia Merchant Center. Dengan adanya platform tersebut, diharapkan para penerbit bisa lebih mudah dalam mengelola buku-buku terbitannya yang dijual di Bukupedia.

3. Bliss

Took online produk kecantikan dan perawatan kulit tersebut mempunyai desain dengan nuasan anak muda dan berwarna. Bliss berasil menjadi finalis kategiru Overall Desain di ajang pengahrgaan Big Commerce Design Awards 2018.

4. Fronks

Stuart McMillan, yang menjabat sebagai Kepala Deputi Ecommerce di Schuh, menyatakan bahwa 30 persen dari sesi pengguna di situs web toko online terjadi di halaman utama (homepage). Maka dari itu, website toko online perlu mempunyai homepage yang menarik. Fronks, finalis di kategori homepage di Big Commerce Design Awards 2018, menunjukkan bagaimana membuat homepage yang menarik untuk produk minuman yang dijualnya.

Kesimpulan

Baik mengelola website perusahaan atau website toko online, Anda perlu selalu memperbarui pengetahuan Anda mengenai tren desain website perusahaan atau website toko online. Demikian, situs web yang Anda atur bisa mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu.

Kumpulan contoh website oerusahaan dan toko online di atas doharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anda, sebagai meningkatkan kualitas website perusahaan atau took online yang anda jalankan.

Exit mobile version