6 Jenis Kertas Untuk Sertifikat Yang Paling Sering Digunakan

Apakah kalian mengetahui apa saja jenis kertas untuk sertifikat ? Dalam ulasan kali ini akan membahas tentang jenis kertas untuk sertifikat yang paling umum digunakan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kita membuat sertifikat. Bukan hanya memilih template dan font yang tepat, namun juga perlu memilih jenis kertas yang tepat untuk sertifikat.

Memilih jenis kertas untuk sertifikat tergantung pada jenis kertas yang Anda inginkan sesuai kebutuhan. Sertifikat adalah cetakan yang biasanya berukuran A4 dan umumnya digunakan untuk memberikan penghargaan, bukti keahlian, dan juga prestasi di bidang pendidikan.

Oleh karena itu, lebih baik menggunakan jenis kertas untuk sertifikat yang berkualitas. Apalagi jika untuk dokumentasi resmi dan formal. Sangat penting memilih kertas sertifikat yang sesuai dan tepat. sehingga dapat menunjukkan keaslian dan meningkatkan kredibilitas dokumentasi sertifikat.

Pemilihan kertas yang tidak sesuai tidak hanya membuat hasil cetakan tidak memuaskan, tetapi juga mengurangi tingkat ketajaman sertifikat. Untuk itu perlu Anda ketahui jenis kertas untuk sertifikat yang terbaik dan paling umum digunakan berikut ini.

Tips Memilih Jenis Kertas Sertifikat Yang Tepat

6 Jenis Kertas Untuk Sertifikat Yang Paling Sering Digunakan

1. Ketebalan pada Kertas Sertifikat

Menentukan ketebalan kertas yang diperlukan agar sertifikat dapat bertahan lama, tidak disarankan memilih kertas yang ketebalannya terlalu rendah, karena akan lebih mudah rusak dan sobek. Maka dari itu, lebih baik menggunakan kertas dengan ketebalan yang cukup. Secara umum sertifikat paling sedikit menggunakan kertas dengan ketebalan 190gr ke atas.

2. Warna Kertas yang Kontras

Biasanya sertifikat difotokopi untuk berbagai keperluan, sehingga keterbacaan tulisan pada sertifikat tetap terjaga dengan pemilihan warna kertas yang cerah. Tulisan atau huruf berwarna hitam akan lebih terbaca pada kertas berwarna terang, begitu pula sebaliknya. Namun untuk sertifikat, direkomendasikan untuk menggunakan jenis kertas yang ringan. Misalnya, jika warna putih muda terlalu biasa, Anda dapat menggunakan jenis warna terang yang lain. Selain itu penggunaan white paper juga mendukung hasil desain agar terlihat bagus. Desain yang menarik akan membantu merek Anda dikenali.

3. Tekstur Pada Kertas Sertifikat

Agar tekstur terlihat berkualitas, Anda juga bisa memilih jenis kertas yang dimiliki. Tentunya dalam hal ini perlu dilakukan penyesuaian desain grafis pada sertifikat tersebut. Desain sederhana dan kertas bertekstur dapat membuat tampilan sertifikat menjadi lebih elegan. Atau bisa juga menggunakan kertas tanpa tekstur dan mengatur format desain agar tetap terlihat berkualitas juga. Bahan dengan kertas bertekstur tidak dapat dilaminasi karena akan menghilangkan lekukan tekstur. Untuk memastikan kualitas cetak, mintalah bukti sebelum mencetak dalam jumlah banyak.

Baca Juga : Ketahui Jenis Jenis Kertas Yang Sering Dipakai dan Karateristiknya

6 Jenis Kertas Sertifikat Yang Sering Digunakan

1. Kertas Art Carton

Kertas Art Carton adalah kertas Art versi tebal atau kertas Matt. Memiliki permukaan yang halus dan semi matte menjadikan kertas ini sangat baik dalam menampilkan hasil cetakan.

Versi tipis Art paper sering digunakan untuk mencetak flyer, brosur, atau kebutuhan promosi luar ruangan lainnya. Hasil print sangat bagus dan relatif awet, bahkan tidak luntur jika kena air.

Oleh karena itu, versinya yang tebal yaitu Art cardboard sangat cocok digunakan sebagai kertas sertifikat. Selain itu hasil cetaknya bagus, bahkan saat dilaminasi pun hasilnya tidak berkurang.

Gramasi kertas art karton bervariasi dari 190 – 360 gsm. Untuk keperluan pencetakan sertifikat, hasil terbaik dan sering digunakan adalah antara 210 – 250 gsm.

2. Kertas BW Carton

Kertas BW Carton (Blues White) bertekstur halus dan tersedia dalam beberapa warna. Ketebalan paling populer untuk jenis kertas ini adalah 250gr. Kertas karton BW sering digunakan oleh perusahaan percetakan untuk mencetak sertifikat. Jenis ini paling sering digunakan oleh banyak perusahaan karena harganya yang ekonomis dan teksturnya yang bagus. Perlu diingat, kertas BW tidak dapat dilaminasi karena teksturnya yang kasar.

3. Kertas Concorde

Jenis kertas ini memiliki tekstur yang kasar, agak halus, permukaannya tampak seperti garis. Kertas ini memiliki beberapa varian warna lembut. Ketebalan yang populer berkisar dari 160gr, 220gr, dan 250gr. Kertas konkord dapat dibeli di toko buku terdekat, kertas ini sangat populer di kalangan pelajar dan pelajar. Selain untuk mencetak sertifikat, kertas concord juga banyak digunakan untuk kebutuhan crafting.

4. Kertas Linen Jepang

Kertas linen Jepang memiliki tekstur unik dengan serat matte yang terlihat jelas. Permukaannya agak kasar dengan alur serat yang terlihat jelas, seperti kain.

Ciri khas ini mungkin karena pembuatannya yang berasal dari serat rami. Dengan bahan yang unik tersebut, tampilan kertas linen Jepang menjadi khas dan terlihat elegan.

Keunikan dari kertas linen Jepang ini adalah kemampuannya dalam menyerap tinta dengan baik. Oleh karena itu, sangat cocok untuk digunakan sebagai sertifikat kosong (sertifikat yang ditulis dan ditandatangani secara manual).
Contoh penggunaannya adalah untuk jenis kertas ijazah. Sering juga digunakan untuk undangan pernikahan bagi tamu istimewa atau VIP.

5. Kertas Manila

Kertas manila juga biasa dikenal dengan BC (Brief Card) merupakan kertas yang mempunyai tekstur agak kasar dan agak kaku. Ini sering digunakan untuk membuat berbagai kartu catatan di sekolah dan kantor.

Keunggulannya terletak pada bentuknya yang kaku dan tidak mudah kusut. Warnanya pun bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai tema.

Serat kertas sebenarnya kurang bagus untuk dicetak. Namun harganya relatif lebih murah dibandingkan kertas untuk keperluan serupa sehingga masih digunakan sebagai kertas sertifikat.

Hal yang perlu diingat adalah warna dasar kertas akan mempengaruhi warna akhir hasil cetak. Misalnya Anda akan mencetak gambar biru pada kertas manila kuning, hasilnya mungkin tidak biru seperti aslinya.

Gramasi lembaran kertas manila yang biasa digunakan untuk sertifikat adalah 160 dan 210 gsm. Untuk mencetak sertifikat dalam jumlah besar, kertas manila sangat ideal, baik dari segi jumlah maupun harga.

6. Kertas Ivory

Kertas ivory merupakan kertas yang memiliki sertifikasi “Food Grade” yang sering digunakan untuk kebutuhan kotak makanan. Namun warna kuning gading ini juga sering digunakan untuk pencetakan sertifikat perusahaan.

Yang menarik dari kertas ivory adalah sisi glossy di satu sisi dan lapisan matte di sisi lain. Biasanya perusahaan hanya mencetak satu sisi yaitu pada bagian glossy.

7. Kertas Jasmine

Kertas Jasmine juga termasuk dalam jajaran kertas mewah, terutama dengan teksturnya yang halus dan adanya kilau di permukaannya.
Sedikit berbeda dengan kertas Hammer, kertas Jasmine masih cocok untuk menggunakan tinta biasa atau tinta emboss. Tampilan glossy dan kilau di permukaannya memberikan kesan mewah namun tetap elegan.

Karena itu kertas Jasmine sering digunakan sebagai undangan para tamu VVIP. Jika menggunakan hard cover, biasanya kertas Jasmine digunakan untuk bagian dalamnya.

Penggunaan kertas melati untuk sertifikat juga sangat sesuai, karena dapat mempercantik tampilan sertifikat. Ukurannya juga sesuai untuk ukuran kertas sertifikat standar.

Demikian informasi mengenai kertas untuk sertifikat, semoga bermanfaat untuk kita. Untuk informasi dan tips lainnya anda dapat mengunjungi web disini e-dazibao.com.