E-Dazibao.com

Makanan Ikan Oscar Terbaik Dan Mudah Didapatkan

makanan ikan oscar terbaik

Makanan ikan oscar terbaik. Ikan oscar merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari sungai amazon di Brazil. Untuk merawat ikan ini tidak bisa sembarangan, apalagi urusan pakannya. Ikan oscar tergolong kedalam ikan predator lho. Tetapi tidak seagresif ikan piranha atau ikan predator air tawar lainnya.

Ikan cantik ini dapat kamu pelihara sendiri, tetapi hal-hal penting mengenai perawatan, pakan, dan kebersihan juga perlu kamu perhatikan juga. Untuk perawatan dan kebersihan sendiri, sama seperti kamu merawat ikan hias air tawar lainnya. Tapi untuk makanan kamu perlu memilih yang cocok dan baik untuk si oscar. Harus memiliki gizi yang seimbang serta sehat untuk ikan ini.

Nah, berikut ini rekomendasi makanan ikan oscar yang baik untuk si ikan serta mudah mendapatkannya.

Makanan Ikan Oscar Terbaik

1. Ikan Kecil

Memberikan ikan kecil yang masih hidup untuk pakan ikan oscar dapat mempertahankan insting berburunya. Kamu dapat melihat ikan oscar berburu sama halnya ia berburu dihabitat aslinya.

Namun kamu tidak bisa memberinya ikan hidup lebih dari 3 ekor, karena bisa menyebabkan ikan menjadi gemuk dan tidak gesit, lalu membuat jumlah kotoran ikan di akuarium menumpuk sehingga menyebabkan tumbuhnya penyakit dan jamur, terus kadang ikan kecil membawa parasit dan menularkan ke ikan oscar, dan terakhir pengeluaran biaya pakan oscar membengkak srta ikan oscar tidak mau makan makanan lain selain ikan kecil.

2. Pelet

Pelet adalah makanan ikan yang praktis bagi pemelihara ikan oscar, selain cara menyimpannya mudah, pelet juga lebih tahan lama. Kamu bisa membeli pakan ini di took hewan atau toko khusus menjual ikan. Harganya murah disbanding pakan alami ikan lainnya. Jika kamu tidak ingin membelinya, kamu juga bisa membuatnya sendiri pastinya menggunakan mesin pembuat pelet ikan. Membuat pelet menggunakan mesin jauh lebih mudah, cepat, dan hasilnya lebih bagus.

Tetapi kamu perlu ingat, memberi pelet pada ikan oscar tidak boleh sembarangan. Kamu harus menggunakan pelet khusus dan memberinya sebagai selingan saja. Selingan yang dimaksud, saat kamu tidak punya pakan alami seperti ikan kecil, atau serangga. Karena jika kamu memberi pelet kepada ikan oscar setiap hari, nantinya saat kamu memberi makan makanan lain si oscar tidak mau menyantapnya.

3. Serangga

Pakan ikan oscar selanjutnya yakni serangga. Kamu dapat menggunakan serangga apa saja yang ada dirumahmu, seperti kelabang, belalang, jangkrik, kecoa, atau semut besar. Serangga-serangga tersebut aman kok diberika kepada si oscar ini. Karena ikan oscar merupakan ikan jenis predator yang siam memangsa hewan hewan kecil seperti serangga, ikan kecil dan hewan kecil lainnya. Tak seperti piranha yang dapat memakan hewan besar, ikan oscar hanya mampu menyantap hewan kecil yang ada disekitarnya saja.

Namun serangga dapat kamu jadikan camilan yang diberikan kepada ikan oscar. Maksudnya kamu tetap memberi makanan lain agar insting predatornya tidak hilang.

4. Udang

Selain kamu beri ikan-ikan kecil, ikan oscar juga bisa kamu beri udang juga lho. Kandungan gizi dan protein yang tinggi dari seekor udang mampu membuat ikan menjadi sehat. Udang juga punya kandungan beta karoten yang baik untuk mencerahkan warna si ikan oscar secara maksimal. Selain itu, udang juga mengandung hormone yang cukup tinggi sehingga dapat meregenerasi sel ikan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai pakan ikan oscar yang baik dan sehat. Masih banyak sebenarnya makanan ikan oscar yang baik dan sehat, seperti cacing sutra, ulat hongkong, dan kutu air. Pada dasarnya kalian wajib melihat kualitas pakan si ikan oscar ini, agar ikan tidak mudah sakit bahkan mati. Karena percuma saja bila kamu beri akan udang, tapi udangnya busuk, kamu beri pelet, peletnya basi kan percuma.

Jadi alangkah baiknya, selain memilih hewan yang baik, kamu juga harus teliti dalam memilih kualitasnya. Memberikan udang yang segar, ikan kecil yang sehat, pelet yang masih baru, serta serangga yang masih hidup.

Mungkin segitu dulu penjelasan diatas, semoga bermanfaat buat kamu yang ingin memelihara ikan oscar, tapi tidak tau pakan apa yang harus diberikan. Penjelasan diatas mungkin bisa membantumu.

Sekian penjelasan diatas, apabila terdapat salah dalam pengetikan kata atau kalimat mohon maaf dan terimakasih.

 

 

Exit mobile version