E-Dazibao.com

Manfaat Ekstrak Bawang Putih Bagi Kesehatan

Budidaya Bawang Merah Modern

Ekstrak Bawang Putih – Kandungan bawang putih dan extrak bawang putih bumbu dapur ini diketahui mengandung lebih dari 100 jenis bahan kimia alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bawang putih mengandung vitamin A, B, C, kalsium, kalium, zat besi, antioksidan, karoten, selenium, dan berbagai bahan aktif lainnya. Ada teori yang mengatakan bahwa jika kita makan 2-3 siung bawang putih sehari, kita akan terhindar dari kemungkinan penyakit jantung.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih

Bawang putih pada dasarnya terdiri dari tiga jenis yang masing-masing berbeda sifatnya, meskipun tetap ada manfaatnya bagi kesehatan. Jenis pertama adalah bawang putih utuh dan bawang putih yang dihaluskan. Minyak bawang putih jenis kedua dibuat dengan cara penyulingan (distilasi) bawang putih utuh atau ekstraknya dan dicampur dengan minyak nabati. Jenis ketiga adalah bawang putih tua yang diekstraksi. Dianjurkan untuk tidak makan terlalu banyak bawang putih mentah. Cukup ujung jari telunjuk sehari. Jika terlalu banyak akan menyebabkan kekurangan sel darah merah. Berikut ini merupakan beberapa manfaat ekstark bawang putih.

Kanker atau tumor

Penelitian dilakukan oleh Dr. Robert dan Dr. Paresh Dandona dari New York University dan Prof.Dr. Fillmore Freeman dari University of California melaporkan, ekstrak bawang putih dapat menekan sel-sel liar di dalam tubuh. Penemuan ini memberikan sebuah harapan bagi pasien kanker.

Kolesterol dan anti pembekuan darah

Kolesterol merupakan faktor utama penyebab penyempitan pembuluh darah. Ini membantu memperbesar sel-sel yang menjadi kerak pada dinding pembuluh darah. Ekstrak bawang putih bermanfaat dan mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan oksidasi dari lemak serum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol LDL dapat diturunkan tanpa mengganggu kadar kolesterol HDL. Pemberian minyak atsiri bawang putih setara dengan 1 gram bawang putih segar/kgBB/hari yang diberikan bersamaan dengan diet tinggi kolesterol, akan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida serum. VLDL, LDL dan meningkatkan HDL.

Selain itu, ekstrak bawang putih telah terbukti bermanfaat untuk menjaga aliran darah. Bawang putih terdiri dari berbagai komponen dengan berbagai khasiat, antara lain menurunkan kadar kolesterol darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktivitas fibrinolitik, menghambat aterogenesis dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan risiko. penyakit jantung koroner.

Infeksi dan mencegah rematik

Manfaat lain dari bawang putih (garlic) adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap mikroorganisme yang merugikan manusia. Sistem kekebalan tubuh yang rapuh tentu akan membahayakan kesehatan. Dengan rutin mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk kapsul akan mencegah terjadinya rematik.

Memperlambat proses penuaan

Apalagi pada wanita yang sudah mencapai usia kepala, mereka mulai khawatir dengan kerutan di wajah dan tubuhnya. Ekstrak bawang putih telah terbukti memperlambat proses penuaan. Bahkan ekstrak bawang putih yang dipadukan dengan vitamin E akan mampu mencegah kerontokan rambut dan kesehatan mata. Ada juga campuran ekstrak bawang putih dengan ginseng untuk menjaga vitalitas tubuh agar tetap fit. Tentunya konsumsi bawang putih harus diimbangi dengan pola hidup sehat, seperti: mengurangi makanan yang mengandung lemak atau kolesterol tinggi, banyak berolahraga, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Saat ini gaya hidup memang menjadi kunci penting dalam membina kesehatan.

Demikian adalah beberapa manfaat ekstrak bawang putih yang sangat menguntungkan bagi para pejuang penyakit maupun bagi kesehatan lainya, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai macam jenis bentuk obat-obatan atau dalam bentuk yang lainya, jika dalam jumlah banyak kita bisa menggunakan bantuan mesin pengupas bawang. elamat mencoba!

BACA SELENGKAPNYA : Cara Memulai Usaha Minuman Bubble

Exit mobile version