Hai teman-teman semuanya pada kesempatan yang berbahagia kali ini, saya akan membagikan informasi seputar manfaat keripik kulit singkong. Iya keripik kulit singkong anda tidak salah baca kok. 

Kulit singkong yang biasanya langsung dibuang saja ternyata menyimpan banyak sekali nutrisi dan juga segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kita lohhh. Tapi sebelum ke pembahasan kali ini yuk simak terlebih dahulu mengenai cara pembuatan keripik kulit singkong. 

Resep Cara Membuat Keripik Kulit Singkong 

Bahan-bahan : 

  • Kulit singkong dari 1 kg singkong 
  • ½ bungkus tepung serbaguna 
  • Secukupnya garam 
  • Minyak goreng untuk menggoreng 

Cara Membuat : 

  1. Langkah yang pertama cuci bersih kulit singkong nya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. 
  2. Kemudian masukkan ke dalam panci dan diberi air serta garam, lalu rebus kulit singkong sampai lunak. Jika sudah lunak angkat dan juga tiriskan sampai dingin. 
  3. Jika sudah dingin potong-potong kulit singkong menjadi bentuk stick atau sesuai selera dan dimasukkan ke dalam wadah atau toples. 
  4. Masukkan tepung serbaguna ke dalam wadah atau toples yang sudah disediakan, kemudian dikocok sampai merata. 
  5. Kalau sudah merata panaskan minyak goreng, dan goreng kuit singkong dengan menggunakan api sedang sembari diaduk sesekali. 
  6. Dan jika kulit singkong sudah berwarna kecoklatan, keripik kulit singkong pun sudah matang dan siap untuk disajikan. 

Kandungan Nutrisi Kulit Singkong 

Bukan hanya daging singkong saja yang memiliki berbagai macam kandungan nutrisi, kulit singkong juga mengandung makro dan juga mikro nutrien. Di dalam 100 gram kulit singkong yang sudah dikeringkan terdapat berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh kita, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, tanin, dan juga oksalat. 

Manfaat Kulit Singkong

manfaat keripik kulit singkong

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat yang pertama ini sangatlah bagus untuk kesehatan kulit kita, yaitu mampu untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa menggunakan kulit singkong sebagai bahan utama untuk membuat scrub. 

Caranya yaitu cuci bersih kulit singkong lalu tumbuk hingga menyisakan sedikit tekstur yang kasar, dan perlu diingat untuk tidak mencampurkan terlalu banyak air di dalamnya. Anda bisa menggunakannya untuk scrup supaya mengangkat sel kulit mati dengan cara menggosoknya secara lembut ke wajah selama beberapa menit dan kemudian dibasuh dengan air dingin. 

Lakukan scrub selama tiga kali dalam seminggu supaya mendapatkan wajah yang cerah dan juga halus. Sesudah menggunakan kulit singkong sebagai scrun, anda bisa melanjutkan dengan perawatan wajah dengan masker kulit singkong. 

2. Sebagai Masker Wajah

Manfaat kulit singkong yang selanjutnya masih seputar kulit kita nih, yaitu anda bisa membuat masker wajah dari kulit singkong. Berbeda dengan scrub kulit singkong yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit singkong juga berfungsi sebagai masker wajah yang menutrisi kulit dengan kandungan alaminya. 

Cara membuatnya setelah dicuci bersih, parutlah kulit singkong sampai benar-benar halus tanpa mencampurnya dengan air. Anda bisa menambahkan sedikit madu atau minyak zaitu serta beberapa tetes lemon. 

Sebelum menggunakan masker ini, pastikan anda sudah mencuci muka dengan air hangat atau menguapi wajah supaya membantu untuk membuka pori-pori. Kemudian usapkan adonan kulit singkong yang telah diparut pada wajah sebagai masker sehingga kandungan nutrisinya akan dengan mudah terserap dan bisa memperbaiki tekstur serta kondisi kulit anda. 

Tunggu sampai masker kulit singkong benar-benar kering di wajah dan bilas dengan air dingin agar pori-pori menutup. Kandungan air yang terdapat pada kulit singkong juga bisa melembabkan kulit dan membuatnya halus serta lembut. Inilah alasan tidak diperlukannya air tambahan untuk membuat adonan scrub atau masker. 

3. Menyamarkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam pada kulit terutama pada bagian wajah bagi sebagian orang tentu mengganggu. Tahukah kamu, bahwa manfaat kulit singkong yang lain ternyata bisa menyamarkan flek hitam. 

Selain bisa membuat wajah bersih, halus, dan juga cerah, adonan parutan kulit sngkong juga mampu membantu menyembuhkan bagian kulit yang menghitam karena bekas luka. Anda bisa mengoleskannya dengan lembut ke seluruh bagian bekas luka setiap dua kali sehari. 

Hasilnya, bekas luka pun akan tersamarkan dan anda bisa memiliki kulit yang mulus seperti sedia kala. Selain itu daging pada singkong juga bisa diolah menjadi aneka macam hidangan dan juga cemilan, jika anda hendak membuka bisnis keripik singkong anda bisa menggunakan mesin keripik singkong yang produknya bisa anda beli di Rumah Mesin yang mutu dan juga kualitasnya suah terjamin.

4. Menguatkan Gigi dan Tulang

Manfaat kulit singkong yang selanjutnya adalah bisa mempercantik gigi dan menguatkan tulang. Karena kulit singkong dan juga dagingnnya memiliki kandungan kalsium, mengonsumsi bahan makanan ini juga bisa dijadikan sebagai sumber kalsium alternatif bagi tubuh. 

Kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh semua organisme hidup, termasuk juga manusia. Kalisun adalah mineral yang paling banyak tersedia di dalam tubuh, dan sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Sekitar 99% kalsium dalam tubuh manusia ada di tulang dan gigi dan kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, serta pemeliharaan tulang supaya tetap sehat. 

Saat anak-anak dalam masa pertumbuhan, kalsium berkontribusi besar pada perkembangan tulang mereka. Setelah seseorang berhenti tumbuh, kalsium masih akan terus membantu menjaga tulang dan memperlambat kehilangan kepadatan tulang, yang merupakan bagian alami dari proses penuaan. 

Menurut National Osteoporosis Foundation, orang yang kehilangan kalsium setiap hari melalui kulit, keringat, urin, dan juga kotoran. Tubuh tidak akan bisa menggantikan kalsium yang hilang tanpa suplementasi makanan. 

Oleh sebab itulah, masyarakat perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kalsium melalui makanannya. Satu cangkir tepung dari kulit singkong dan dagingnya menyediakan kandungan kalsium sebanyak 30,4 mg. 

5. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit dan juga kecantikan saja, manfaat kulit singkong juga baik untuk menjaga kesehatan rambut kita nihhh. 

Dengan pemakaian singkong yang sudah dihaluskan baik dengan umbi ataupun daunnya,memakai kulit singkong sebagai masker rambut juga sangat baik untuk menumbuhkan rambut. 

6. Mengurangi Rambut Rontok

Karena singkong memiliki kemampuan untuk mempercepat pertumbuhan rambut, manfaat singkong yang satu ini tentunya saling berkaitan. Pemakaian masker rambut dari singkong, bisa mengatasi masalah pada rambut rontok, dan juga memperkuat akar rambut kita. 

7. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat yang selanjutnya yaitu mampu untuk memperlambat penuaan kulit. Hal ini disebabkan kandungan vitamin c yang terdapat pada kulit singkong yang menjadikan bahan ini bermanfaat bagi kulit kita. 

Di dalam 100 gram tepung kulit singkong terdapat sekitar 20,6 mg vitamin c. Sedangkan pada kulit singkong kering yang belum di proses bisa mengandung vitamin c sebanyak 50 mg. 

Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa membalikkan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif berperan penting dalam penuaan, termasuk penuaan kulit. 

Secara teori, ini berarti makanan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan kesehatan kulit dan memperlambat proses penuaan kulit. Namun, penelitian yang mendukung klaim ini bervariasi. 

Sebagian besar penelitian menemukan sedikit manfaat yang terkait dengan vitamin C, meskipun penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa vitamin C dapat memperlambat penuaan kulit terkait sinar matahari. Tidak ada salahnya mencoba mendapatkan lebih banyak Vitamin C selain yang kita dapat dari mengonsumsi olahan kulit singkong. 

Vitamin C juga bisa menjadi pelembab kulit yang efektif. Sebuah studi tahun 2012 di Sao Paulo, Brasil, menemukan bahwa formula yang mengandung vitamin C meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit. 

8. Bahan Alternatif dalam Pembuatan Kertas

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, kulit singkong ternyata dapat menjadi bahan alternatif yang ramah lingkungan bagi beberapa produk. Salah satunya adalah kertas dan tisu. 

Peneliti dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia pernah melakukan penelitian terkait manfaat kulit singkong sebagai alternatif bahan pembuatan kertas. Hal ini dilakukan dengan tujuan mencari sumber alternatif lain yang lebih ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan pohon sebagai bahan kertas. 

Material non kayu berupa kulit singkong merupakan sumber serat potensial untuk produksi tisu dan kertas. Bahan yang kerap kali dianggap sebagai limbah ini dapat digunakan dalam industri tersebut dengan didaur ulang. 

Pertama, mereka menguji dan menyelidiki komposisi kimia dari serat kulit singkong. Semua penentuan komposisi kimia sesuai dengan Metode Uji Asosiasi Teknis Industri Pulp dan Kertas (TAPPI) terkait, pendekatan Kurscher-Hoffner, dan metode Klorit. 

Hasilnya, manfaat kulit singkong sebagai bahan pembuatan kertas cukup menjanjikan. 

Nah itu tadi seputar pemabahasan kita pada kesempatan kali ini, semoga informasi diatas bisa menambah wawasan anda seputar mengenai singkong. Terimakasih sudah membaca artikel ini.