E-Dazibao.com

Manfaat Minyak Atsiri Cengkeh

cara membuat minyak cengkeh untuk rambut

Manfaat minyak atsiri cengkeh sudah menjadi salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Cengkeh atau dalam bahasa latin disebut Syzygium Aromaticum merupakan kuncup bunga kering yang memiliki aroma yang berasal dari keluarga pohon Myrtaceae.

 

Sejarah Minyak Cengkeh

Pembaharu bidang kedokteran asal Swiss, Philippus Aureolus Paracelcus pada abad ke 16 memperkirakan bahwa tanaman yang berbau harum mendapatkan aromanya dari senyawa tertentu di dalamnya. Ia disebut quinta essentia. Hipotesanya menjadi kunci lahirnya industri minyak atsiri di Eropa.

Produksi pertama minyak cengkih tidak terlepas dari sejarah bangsa Belanda di Indonesia. Di Eropa ketika sedang populer minyak lavender, yaitu minyak atsiri yang merupakan hasil penyulingan bunga lavender.

Tak lama kemudian dengan kehadiran cengkih ke Eropa, berbagai tanaman yang berbau harum, termasuk cengkih, disuling untuk mendapatkan minyaknya.

Minyak cengkih atau minyak cengkih adalah minyak atsiri yang dihasilkan dari penyulingan bagian tanaman cengkih, terutama daun dan bunga cengkih.

Seluruh bagian tanaman cengkih mengandung minyak, tetapi bunganya memiliki kandungan minyak yang paling banyak Karena daun dan cengkih juga menghasilkan minyak,

Keduanya menjadi penghasilan sampingan bagi petani cengkih yang memanen bunga cengkih untuk rokok. Mereka cukup mengumpulkan daun dan mengomel yang runtuh di sekitar pohon dan melakukan penyulingan sederhana untuk mendapatkan minyak cengkih kasar.

Minyak cengkeh merupakan minyak atsiri yang berasal dari pohon cengkeh (Syzygium aromaticum). Minyak ini diproduksi dengan mengekstraksi kuncup bunga cengkeh kering.

Ciri minyak cengkeh memiliki warna kuning pucat hingga coklat muda, dan memiliki aroma pedas yang kuat. Seminyak kaya akan fenilpropanoid yang merupakan kelompok senyawa dari tumbuhan dengan senyawa utama eugenol.

Senyawa bioaktif lain yang terdapat pada minyak cengkeh yaitu timol, carvacrol, dan cinnamaldehyde

 

klik disini:Apa Khasiat Minyak Cengkeh Walikukun ?

Manfaat Minyak Atsiri Cengkeh

1. Sebagai Anestesi Lokal

Dilansir dari Thelist, tunas cengkeh juga mengandung minyak hingga 20%, yang sering diekstraksi dan digunakan sebagai anestesi lokal untuk sakit gigi, germisida, obat kumur, dan pemanis.

2. Cegah Erosi Gigi

Minyak cengkeh paling dikenal karena berkhasiat untuk kesehatan gigi. Menurut laporan dalam International Journal of Dentistry, minyak cengkeh kaya akan kandungan eugenol dan eugenyl asetat yang merupakan dua bahan yang terbukti dapat mencegah dekalsifikasi dan erosi gigi. Erosi gigi adalah terkikisnya permukaan gigi akibat proses yang terjadi secara kimiawi, di mana lingkungan mulut bersifat asam dengan pH di bawah 5.

 3. Lawan Gigi Berlubang

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, para peneliti juga menemukan minyak cengkeh sebagai produk alami paling efektif dalam melawan gigi berlubang.

4. Obati Jerawat

Sebuah studi rinci di National Library of Medicine juga menemukan bahwa minyak cengkeh mengandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, antijamur, dan antimikroba, sehingga membantu dalam merawat kondisi kulit seperti jerawat dan meningkatkan kekebalan terhadap penyakit.

5. Kurangi Peradangan

Pharma Innovation Journal menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2019 yang menunjukkan bahwa minyak cengkeh mampu mengurangi peradangan sebanyak 35,7% dalam percobaan laboratorium. Minyak cengkeh juga berhasil diberikan untuk mengobati penyakit inflamasi seperti asma, fibrosis, dan edema.

6. Meredam Penuaan Kulit

Menurut Science Direct, minyak cengkeh juga telah digunakan dalam krim kulit karena sifat anti-penuaannya. Eugenol dan eugenyl acetate pengikatan dengan membran sel, melindungi kulit dari serangan radikal bebas penyebab kanker dan pemicu penuaan di dalam tubuh.

7. Antialergi

Bahan-bahan ini juga dapat memicu pemicu alergi yang dipicu oleh respons imun alergi, sehingga bermanfaat bagi penderita alergi musiman.

8. Mengatasi Mual

Orang dengan masalah pencernaan juga dapat merasa lega dengan menambahkan minyak cengkeh ke makanan mereka. Studi menunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat membantu dengan mual, mabuk perjalanan, dan iritasi usus.

9. Terapi Pasien Covid-19

Di masa pandemi ini banyak orang yang mengalami anosmia atau kehilangan indera penciuman sebagai gejala awal covid-19. sejumlah praktisi dan spesialis aromaterapi merekomendasikan pasien covid-19 untuk mencoba pelatihan penciuman, yaitu mencium empat minyak esensial yang berbeda, termasuk minyak cengkeh selama 20-40 detik, masing-masing dua kali atau tiga kali sehari. Tiga minyak esensial lainnya adalah minyak mawar, lemon, dan kayu putih. (H-2)

10. Membasmi Serangga

Manfaat minyak atsiri cengkeh selanjutnya dapat mengusir serangga karena cengkeh insektisida alami yang tidak beracun. Sebagai kontak insektisida, cukup semprotkan minyak cengkih langsung pada hama rumah tangga

Cengkih utuh kering juga dapat digunkan sebagai pengusir serangga. Sebab minyaknya telah mengering, bau cengkih yang dapat mengusir hama.

Exit mobile version