E-Dazibao.com

Melihat Keakraban Prabowo Subianto dengan Emmanuel Macron

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menunjukkan sekilas moment kebersamaannya bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron pas keduanya saling menyapa di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua
Melalui sebuah unggahan foto di laman Instagram pribadinya, Prabowo keluar menyongsong Emmanuel Macron bersama antusias. Presiden Prancis itu pun juga sekilas kelihatan menyongsong Menhan bersama senyuman.

Ini bukan pertama kalinya Prabowo mengemukakan sambutan bersama bahasa Prancis kepada pemimpin negara tersebut. Pada Maret 2022, dalam pertemuan di awalnya bersama Macron di Istana Élysée, Prabowo juga mengemukakan ucapan menerima kasih atas pertemuan tersebut bersama memanfaatkan bahasa Prancis.

“Au nom du Ministère de la Défense de la République d’Indonésie, je remercie Monsieur le Président de la République Française Emmanuel Macron pour l’invitation de ce matin au Palais de l’Elysée,” tutur Prabowo.

“Atas nama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, saya mengucapkan menerima kasih kepada Presiden Republik Perancis Emmanuel Macron atas undangan pertemuan pagi tadi di Istana Élysée,” demikian terjemahan berasal dari pengakuan tersebut.

Presiden Prancis Emmanuel Macron Jalan Kaki di Bali Bikin Histeris, Gendong Bayi Warga sampai Jadi Target Selfie

Usai menghadiri gala dinner di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali, moment unik terjadi pada salah satu delegasi G20 yang hadir.

Momen itu dikala Presiden Emmanuel Macron terjadi kaki, tak jauh berasal dari kawasan GWK.

Meski didampingi secara ketat oleh para paspampres, Macron tetap tetap menginginkan menyapa para warga lokal yang histeris menyambutnya.

Bahkan, dalam rekaman video moment tersebut yang beredar di media sosial, perlihatkan bahwa ia sempat menggendong bayi berasal dari salah seorang warga yang berada di dekatnya. Tak hanya sekadar menggendong, ia juga sempat mengajak bercanda dan mencium bayi perempuan tersebut.

Presiden Macron yang tetap perlihatkan senyum kepada warga di sana, juga tak segan untuk menyalami warga yang jumlahnya lumayan banyak.

Selain itu, ia juga tak enggan untuk diajak selfie oleh masyarakat di sana.

Dalam moment gala dinner, penyambutan diawali pada pukul 18.00 WIB atau 19.00 WITA. Jokowi dan Iriana kelihatan mengenakan baju adat Bali pas menyongsong kehadiran para pemimpin negara dan tamu undangan KTT G20.

Jokowi dan Iriana menyalami dan berfoto bersama para pemimpin negara, sebelum mereka menuju meja makan. Beberapa pemimpin negara dan tamu undangan kelihatan Mengenakan kemeja batik.

Gendong dan Cium Bayi

Momen dikala Presiden Macron menggendong bayi salah satu warga juga tak kalah hangat. Ia sempat bertanya umur berasal dari bayi itu lewat staf kepresidenannya yang lantas menterjemahkannya.

Jokowi-Emmanuel Macron Fokus Perkuat Kerja Sama Transisi Energi dan Pertahanan Negara
Di sela-sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali th. 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral bersama Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Pertemuan keduanya terjadi di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung.

“Presiden Macron, selamat mampir di Bali. Terima kasih untuk Kedatangan Yang Mulia pada KTT G20 ini serta pertolongan Prancis selama Presidensi Indonesia. Walaupun situasi dunia tengah tidak kondusif pas ini, kami tetap bekerjasama sehingga G20 bisa membuahkan kerjasama yang bermanfaat bagi semua,” ucap Presiden seperti tertuang dalam pengakuan di web Presidenri.go.id.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengkaji perihal kerja sama transisi kekuatan dan menjelaskan bahwa Indonesia tetap berupaya untuk memperkuat transisi kekuatan baru dan terbarukan. Presiden Macron amat mengapresiasi usaha yang dikerjakan Indonesia dan perlihatkan kesiapan untuk membantu transisi kekuatan di Indonesia.

Pada kesempatan itu, ke-2 pemimpin juga mengkaji kerja sama pertahanan dan kedirgantaraan. Presiden menghendaki kerja sama pertahanan ke-2 negara tidak terbatas pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) semata, tetapi wajib mencakup memproduksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur.

“Saya harapkan berbagai proyek pertahanan ini bisa langsung kami tindak lanjuti. Saya sambut baik konsep dialog 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kami untuk mengkaji isu-isu strategis di kawasan,” paparnya kepada kab. gresik.

Mengingat interaksi ke-2 negara makin kuat, ke-2 presiden sepakat untuk membentuk Forum Konsultasi yang secara rutin dapat mengkaji kerjasama di berbagai bidang prioritas. Kedua Menteri Luar Negeri dapat menindaklanjuti kesepakatan ini.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

 

Exit mobile version