Minyak Atsiri Sereh Wangi

Hualoo kawan kawan bertemu lagi dengan saya, nah disini saya akan membagikan sebuah artikel tentang minyaka atsiri sereh wangi, nah bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang minyak atsiri, yuk baca artikel ini sampai selesai.

Langkah-langkah membuat minyak serai

Minyak Atsiri Sereh Wangi

Sekarang setelah Anda memastikan bahwa semua tanaman serai yang Anda tanam memenuhi persyaratan tumbuh, langkah selanjutnya adalah memahami cara membuat minyak serai dengan mudah. Lihat penjelasannya di bawah ini:

Daun serai sebagai bahan baku

Daun merupakan bahan baku pembuatan minyak serai. Kualitas daun yang dipanen menentukan keberhasilan penyulingan minyak sereh wangi. Saat daun atau tanaman sereh berumur 6-9 bulan maka disarankan untuk baru boleh dipanen.

Teknik pemotongan daun juga dapat mempengaruhi jumlah produksi minyak serai wangi. Gunakan bilah daun dari bagian bawah daun yang tidak mati atau kering untuk memotong daun sekitar 2 inci di atas tepi pelepah.

Penting! Produksi minyak akan menurun pada panen ke-4, karena usia rumpun yang tumbuh berdampak besar pada produksi daun.

Persiapan bahan

Akan lebih bagus jika kalian melakukan penyulingan ketika daunnya masih segar. Namun, ini tidak mungkin jika Anda membuat minyak sereh dalam jumlah besar.

Agar tidak mengurangi kandungan sitronelal dan geraniol serta sekaligus menghindari pembusukan, Anda cukup mengeringkan daun yang sudah dipanen di tempat teduh selama 3-4 jam atau 3-4 hari.

Proses pembuatan minyak sereh wangi dengan teknologi distilasi

Destilasi merupakan salah satu cara yang paling baik untuk membuat minyak atsiri wangi. Proses penyulingan dilakukan ketika sudah memasukan air ke dalam alat destilasi.

Air sangat diperlukan dalam proses destilasi karena digunakan untuk proses kondensasi. Daun kemudian ditempatkan dalam ketel suling.

Disarankan untuk mengisolasi boiler stasioner untuk menghindari kehilangan panas. Ini juga berfungsi untuk mencegah kebocoran yang mengarah ke asap volatil yang terbuang.

Setelah semua fitting terpasang dan proses destilasi dimulai, minyak atsiri perlahan keluar melalui tabung pemisah. Lamanya proses pemurnian tergantung pada jumlah bahan baku yang terkandung dalam suatu proses.

Untuk boiler stasioner dengan kapasitas 1 ton daun biasanya membutuhkan waktu 5 jam dengan laju destilasi 120 kg steam/jam. Mandi dengan minyak yang didapatkan yaitu sekitar 0.7 – 0.9 %.

Cara menggunakan minyak atsiri

Untuk mendapatkan manfaatnya kita bisa menggunakan minyak ini dengan 2 cara :

Hirup

Menghirup minyak atsiri dapat kalian lakukan dengan 2 cara yaitu secara langsung dihirup atau tidak langsung. Jika ingin menghirupnya secara langsung, Anda bisa membuat inhaler sendiri dengan menyiramkan essential oil secukupnya di atas air panas lalu menghirup aromanya.

Jika Anda ingin menghirupnya secara tidak langsung, Anda bisa menggunakan diffuser. Diffuser digunakan untuk menyebarkan minyak esensial di udara dengan mengubahnya menjadi uap.

Oleskan ke tubuh

Minyak atsiri sangat mudah diserap oleh kulit tubuh, sehingga minyak atsiri juga dapat digunakan dalam pijat tubuh dan dicampur dengan lotion.

Untuk menikmatinya, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan layanan aromaterapi, seperti salon kecantikan, tempat pijat, dan spa.

Anda juga bisa menikmatinya sendiri di rumah dengan membeli essential oil yang dijual bebas. Namun, untuk amannya, campurkan minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak kedelai untuk menghindari iritasi kulit.

Okeey kawan kawan sekian dari artikel minyak atsiri sereh wangi ini, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak atsiri wajib membeli alat destilasi minyak atsiri yaa, nah pastikan kalian membeli alat yang berkualitas tinggi.