E-Dazibao.com

Cara Membuat dan Juga Olahan dari Beras Jagung Lezat

Olahan dari Beras Jagung

Olahan dari Beras Jagung – Jagung merupakan sumber karbohidrat yang kaya akan kandungan protein nabati. Selain beras dan gandum, jagung juga adalah sumber karbohidrat alternatif kedua pada masyarakat Indonesia.

Selain gampang didapat, jagung juga mempunyai komposisi kimia dan kandungan gizi yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Hal ini didukung oleh kemajuan teknologi tepat guna dan juga teknologi modern lainnya. Dimana terdapat banyak sekali alat yang dapat dipakai untuk mengolah jagung menjadi bahan utama dalam industri makanan.

Pemanfaatan jagung sebagai bahan baku dalam industri pangan selain memberikan nilai tambah jagung juga bermanfaat bagi petani dan pelaku usaha kuliner.

Kandungan kimia pada jagung diantaranya pati, pentosan, dekstrin, serat kasar, gula pereduksi dan sukrosa. Dari komponen tersebut, pati merupakan zat yang paling banyak terkandung dalam buah jagung, yaitu 54,1-71,7%.

Dengan komposisi demikian, jagung sangat pas sebagai sumber karbohidrat selain beras, jagung juga mengandung 2,6-12% gula. Alternatif konsumsi jagung bisa dalam bentuk segar, kering ataupun tepung.

Sedangkan produk berbahan dasar jagung dapat berupa produk olahan segar, produk instan, produk primer ataupun produk siap makan.

Kali ini kita akan membahas resep olahan nasi jagung yang dijamin enak, tapi sebelum itu kita akan melihat cara membuat beras jagung terlebih dahulu.

Beras jagung merupakan langkah awal pengolahan jagung. Proses pembuatan nasi jagung antara lain. Pisahkan biji jagung dan bersihkan sampai bersih. Keringkan kulit jagung kurang lebih sekitar 1 hingga 2 jam pada suhu 500C.

Untuk memisahkan kulit ari, lakukan proses penggilingan. Hasil proses penggilingan tadi lalu dikeringkan hingga kadar air 15-18%.

Pemisahan ini akan menambah usia simpan produk dan juga menghindari ketengikan karena endosperm mengandung kadar lemak yang tinggi.

Cara Membuat Beras Jagung

Berikut kami sampaikan cara membuat beras jagung antara lain :

  1. Jagung dipipil terlebih dahulu dari bonggolnya menggunakan mesin perontok jagung.
  2. Jagung pipilan tadi ditumbuk kasar lalu diayak dengan ayakan 1,4 mm.
  3. Selanjutnya dari proses pengayakan ini bagian yang lolos yaitu dedak dan masih perlu ditampi untuk menghilangkan kotoran.
  4. Kemudian beras yang dihasilkan dari pengayakan dan setelah benar-benar bersih, kemudian dicuci dan direndam selama 2 jam.
  5. Tiriskan jagung setelah dikeluarkan dari proses perendaman dan jemur hingga benar-benar kering.
  6. Rebus beras sampai menjadi bubur kemudian dinginkan bubur jagung.
  7. Kemas bubur jagung dengan menggunakan plastik dan masukkan ke dalam freezer pada suhu -200 C.
  8. Apabila proses pembekuan telah dilakukan dalam freezer sekitar 24 jam, produk dilunakkan dengan cara merendamnya ke dalam air yang diganti setiap 5 menit.
  9. Selanjutnya bubur jagung tersebut kemudian dikeringkan pada suhu 600-700 C kurang lebih selama 3 jam.
  10. Terakhir, bungkus beras jagung instan dengan plastik. Beras jagung instan ini akan mempersingkat persiapan membuat nasi jagung dari yang seharusnya 15-18 jam hingga hanya menjadi setengah jam.

Resep Olahan Beras Jagung

Nasi jagung dibuat dari campuran nasi putih dengan jagung pipil. Seringnya dimasak dengan sedikit garam supaya rasanya lebih nikmat.

Salah satu olahan beras jagung yaitu nasi jagung yang disajikan dengan ikan asin goreng bersama daging cincang. Makanan sehat ini dapat menjadi inspirasi sarapan di akhir pekan.

Bahan Nasi Jagung:

Bahan Daging:

Bumbu halus :

Bahan Tambahan:

Cara Membuat Nasi Jagung Ikan Asin :

  1. Cuci beras jagung, rendam selama 30 menit. Kering.
  2. Masak 400 ml air sampai mendidih, jika sudah mendidih masukkan nasi jagung. Masak sampai air meresap ke dalam nasi jagung.
  3. Didihkan air pada panci, kemudian masukkan biji jagung ke dalam panci, kukus hingga matang.
  4. Masak daging, potong hash daging sapi. Masukkan ke dalam air mendidih.
  5. Haluskan semua bumbu, tambahkan daging rebus.
  6. Tambahkan santan, serai, daun salam, lengkuas, gula merah, kecap manis, dan garam. Aduk hingga daging empuk.
  7. Sajikan nasi jagung dengan daging cincang, ikan asin goreng dan sambal terasi. Nikmati selagi masih hangat.

Demikian artikel tentang Cara Membuat dan Juga Olahan dari Beras Jagung Lezat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Exit mobile version