E-Dazibao.com

Pengertian Energi Baru Terbarukan dan Manfaatnya

Sudah banyak negara di dunia mulai mengarahkan kebijakan penggunaan energi di negaranya ke arah energi baru terbarukan. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang getol untuk berproses ke arah ini. Tidak lain dan tidak bukan karena Indonesia juga memiliki SDA berlimpah untuk mendukung sumber energi terbarukan. Sebenarnya apa itu energi baru yang terbarukan.

Pengertian Energi Baru Terbarukan

Energi baru terbarukan, sering disebut sebagai energi bersih, berasal dari sumber atau proses alami yang tidak akan habis karena akan terus-menerus diisi ulang. Itulah alasan mengapa disebut sebagai terbarukan. Misalnya, sinar matahari atau angin tetap bersinar dan bertiup, meskipun ketersediaannya bergantung pada waktu dan cuaca.

Energi baru terbarukan sering dianggap sebagai teknologi baru, meskipun sebenarnya pemanfaatan energi alam telah lama digunakan untuk pemanasan, transportasi, penerangan, dan banyak lagi.

Salah satu contohnya adalah angin yang digunakan untuk menggerakkan perahu untuk mengarungi lautan dan kincir angin untuk menggiling biji-bijian.

Manfaat Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

  1. Lebih sedikit dampak pemanasan global

Aktivitas manusia membebani atmosfer kita dengan karbon dioksida dan emisi pemanasan global lainnya. Gas-gas ini bertindak seperti selimut, memerangkap panas. Hasilnya adalah jaringan dampak yang signifikan dan berbahaya, dari badai yang lebih kuat dan lebih sering, hingga kekeringan, kenaikan permukaan laut, dan kepunahan.

  1. Peningkatan kesehatan masyarakat

Polusi udara dan air yang dipancarkan oleh pembangkit batu bara dan gas alam menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan, kerusakan saraf, serangan jantung, kanker, kematian dini, dan sejumlah masalah serius lainnya. Polusi mempengaruhi semua orang. Hal itu belum termasuk penggunaan bahan bakar fosil untuk kendaraan.

  1. Energi yang takkan habis

Angin kencang, langit yang cerah, materi tanaman yang melimpah, panas dari bumi, dan air yang mengalir masing-masing dapat menyediakan pasokan energi yang besar dan terus-menerus diisi ulang. Modal yang tidak terhitung nilainya.

  1. Pekerjaan dan manfaat ekonomi lainnya

Dibandingkan dengan teknologi bahan bakar fosil, yang biasanya mekanis dan padat modal, industri energi terbarukan lebih padat karya.  Panel surya membutuhkan manusia untuk memasangnya;  peternakan angin membutuhkan teknisi untuk pemeliharaan.

  1. Harga energi yang stabil

Energi terbarukan menyediakan listrik yang terjangkau di seluruh negeri saat ini, dan dapat membantu menstabilkan harga energi di masa depan.

Itulah ulasan mengenai pengertian dan juga manfaat dari energi baru terbarukan. Semoga ini bermanfaat untuk memberikan pandangan baru mengenai pemanfaatan energi yang lebih hijau. Di sisi lain, ada banyak potensi yang bisa dikembangkan di mata bisnis. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi https://www.ptpjb.com/. Ayo melangkah bersama dalam energi bersih terbarukan.

Exit mobile version