┬ácatering pernikahan jakarta – Artikel ini akan membahas tentang penjelasan lengkap tentang peralatan catering yang dibutuhkan untuk usaha katering yang sukses.

Usaha katering adalah salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan, terutama di era digital seperti sekarang ini.

Banyak orang yang membutuhkan jasa katering untuk berbagai acara, seperti pesta, rapat, seminar, atau sekadar makan siang di kantor.

Namun, untuk menjalankan usaha katering yang sukses, Anda tidak hanya membutuhkan modal, keterampilan, dan promosi yang baik, tetapi juga peralatan catering yang lengkap dan berkualitas.

Peralatan catering yang dibutuhkan untuk usaha katering terdiri dari dua jenis, yaitu peralatan masak dan peralatan saji.

Kedua jenis peralatan ini harus Anda miliki dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Peralatan Masak

Peralatan catering yang dibutuhkan

Peralatan masak adalah peralatan yang digunakan untuk mengolah bahan baku menjadi makanan yang siap disajikan. Peralatan masak yang dibutuhkan untuk usaha katering meliputi:

1. Kompor

Kompor adalah peralatan utama yang digunakan untuk memasak. Anda harus memilih kompor yang sesuai dengan kapasitas produksi Anda.

Jika Anda melayani banyak pesanan, Anda mungkin membutuhkan kompor yang memiliki banyak tungku dan api yang besar.

Anda juga harus mempertimbangkan jenis bahan bakar yang digunakan, apakah gas, listrik, atau arang. Pilihlah kompor yang hemat energi dan mudah dirawat1.

2. Wajan

Wajan adalah peralatan yang digunakan untuk menggoreng, menumis, atau menghangatkan makanan.

Anda harus memiliki wajan yang berukuran besar dan terbuat dari bahan yang tahan panas dan tidak mudah lengket.

Anda juga harus memiliki wajan yang berbeda untuk makanan yang berbeda, misalnya wajan untuk makanan halal dan wajan untuk makanan non-halal1.

3. Panci

Panci adalah peralatan yang digunakan untuk merebus, mengukus, atau mengolah makanan yang berkuah.

Anda harus memiliki panci yang berukuran besar dan terbuat dari bahan yang tahan karat dan mudah dibersihkan.

Anda juga harus memiliki panci yang berbeda untuk makanan yang berbeda, misalnya panci untuk makanan manis dan panci untuk makanan asin.

4. Pisau

Pisau adalah peralatan yang digunakan untuk memotong, mengiris, atau mencincang bahan baku. Anda harus memiliki pisau yang tajam dan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah berkarat.

Anda juga harus memiliki pisau yang berbeda untuk bahan yang berbeda, misalnya pisau untuk daging dan pisau untuk sayuran.

5. Talenan

Talenan adalah peralatan yang digunakan untuk menaruh bahan baku yang akan dipotong atau diiris. Anda harus memiliki talenan yang besar dan terbuat dari bahan yang tidak mudah baret atau pecah.

Anda juga harus memiliki talenan yang berbeda untuk bahan yang berbeda, misalnya talenan untuk daging dan talenan untuk sayuran.

6. Blender atau Chopper

Blender atau chopper adalah peralatan yang digunakan untuk menghaluskan atau mencampur bahan baku, seperti bumbu, buah, atau sayuran.

Anda harus memiliki blender atau chopper yang kuat dan terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

Anda juga harus memiliki blender atau chopper yang berbeda untuk bahan yang berbeda, misalnya blender untuk bumbu dan chopper untuk buah atau sayuran1.

Peralatan Saji

Peralatan saji adalah peralatan yang digunakan untuk menyajikan makanan yang sudah dimasak kepada konsumen. Peralatan saji yang dibutuhkan untuk usaha katering meliputi:

1. Piring

Piring adalah peralatan yang digunakan untuk menaruh makanan utama atau makanan pendamping.

Anda harus memiliki piring yang berukuran sedang dan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah pecah.

Anda juga harus memiliki piring yang berbeda untuk makanan yang berbeda, misalnya piring untuk nasi dan piring untuk roti.

2. Mangkuk

Mangkuk adalah peralatan yang digunakan untuk menaruh makanan yang berkuah, seperti sayur, sop, atau es.

Anda harus memiliki mangkuk yang berukuran kecil dan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah pecah.

Anda juga harus memiliki mangkuk yang berbeda untuk makanan yang berbeda, misalnya mangkuk untuk sayur dan mangkuk untuk es.

3. Sauce Dish

Sauce dish adalah peralatan yang digunakan untuk menaruh saus, kecap, sambal, atau pelengkap makanan lainnya.

Anda harus memiliki sauce dish yang berukuran kecil dan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah pecah.

Anda juga harus memiliki sauce dish yang berbeda untuk saus yang berbeda, misalnya sauce dish untuk saus tomat dan sauce dish untuk saus asam manis2.

4. Sendok dan Garpu

Sendok dan garpu adalah peralatan yang digunakan untuk makan. Anda harus memiliki sendok dan garpu yang berukuran sedang dan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah bengkok.

Anda juga harus memiliki sendok dan garpu yang berbeda untuk makanan yang berbeda, misalnya sendok untuk nasi dan garpu untuk roti.

5. Tong Penjepit

Tong penjepit adalah peralatan yang digunakan untuk mengambil makanan dari wadah atau piring. Anda harus memiliki tong penjepit yang berukuran besar dan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah rusak.

Anda juga harus memiliki tong penjepit yang berbeda untuk makanan yang berbeda, misalnya tong penjepit untuk daging dan tong penjepit untuk sayuran.

6. Roll top atau Pemanas

Roll top atau pemanas adalah peralatan yang digunakan untuk menjaga suhu makanan agar tetap hangat.

Anda harus memiliki roll top atau pemanas yang berukuran besar dan terbuat dari bahan yang tahan panas dan mudah dibersihkan.

Anda juga harus memiliki roll top atau pemanas yang berbeda untuk makanan yang berbeda, misalnya roll top untuk nasi dan pemanas untuk roti.

7. Punch Bowl

Punch bowl adalah peralatan yang digunakan untuk menaruh minuman, seperti jus, teh, atau air. Anda harus memiliki punch bowl yang berukuran besar dan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah pecah.

Anda juga harus memiliki punch bowl yang berbeda untuk minuman yang berbeda, misalnya punch bowl untuk jus dan punch bowl untuk teh.

Tips Memilih Peralatan Catering Berkualitas

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda simak untuk memilih peralatan catering yang berkualitas:

  1. Sesuaikan bentuk Ukuran peralatan catering dengan kebutuhan dan konsep usaha Anda. Jika Anda menyediakan catering kantoran, Anda membutuhkan peralatan yang berukuran sedang dan mudah dibawa, seperti lunch box.
  2. Pilih peralatan catering yang terbuat dari bahan yang kuat, tahan lama, dan mudah dibersihkan, seperti stainless steel, aluminium, atau keramik.
  3. Perhatikan kebersihan peralatan catering sebelum dan sesudah digunakan. Pastikan peralatan catering bersih dari debu, kotoran, atau sisa makanan.
  4. Pilih peralatan catering yang sesuai dengan standar kesehatan. Pastikan peralatan catering tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti timbal, merkuri, atau kadmium, yang bisa terkontaminasi dengan makanan.
  5. Pilih peralatan catering yang memiliki tampilan yang menarik dan sesuai dengan tema atau suasana acara.