E-Dazibao.com

Peralatan Yang Di Butuhkan Untuk Usaha Bakery

alat yang di butuhkan untuk usaha bakery

Di masa masa pandemi seprti saat saat ini banyak orang yang iseng untuk mencoba mambuat roti di rumah. Ada Sebagian orang yang melakukannya hanya untuk mengisi waktu luang dan ada juga yang memang di niatkan untuk membuka usaha.

Banyak juga orang yang mambuat hal ini menjadi salah satu cara untuk menambah pemasukkan di masa masa seperti ini. Selain membuat roti yang sedang viral saat ini, ada salah satu produk bakery yang selalu di cari di musim perayaan, yaitu kue kering.

Jika kamu tertarik untuk membuat kue kering untuk suguhan atapun di jual saat musim perayaan nanti coba dulu resep resep yang menarik. Sebelum memulai untuk membuatnya yang terpenting kamu menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Berikut peralatan usaha kue yang dapat membantu kamu dalam membuat roti kering.

Alat Yang Di Butuhkan Untuk Usaha Bakery

 

1. Mixer

Pada rumah rumah pasti sering di temui mixer terutama jenis handheld mixer yang paling umum di miliki. Mixer jenis ini mudah di operasikan dan ringan jadi mudah untuk di gerakkan kemana saja sesuai posisi mengaduk. Ada beberapa merek mixer yang sudah di lengkapi dengan tempat mengaduk dan jenis pengaduknya cuma dua yaitu yang berbentuk spiral dan ballon whisk.

2. Whisk

Biasanya alat ini dipakai untuk mengaduk adonan ringan secara manual, seperti untuk mengocok putih telur ataupun saus. Untuk bentuk dari alat ini seperti pengaduk pada mixer, dan memiliki jalinan kawat. Makin banyak jalinan kawatnya maka semakin bagus kualitasnya sebab semakin banyak udara yang masuk ke dalam adonan.

3. Bowl

Alat ini di gunakan sebagai wadah untuk mengaduk adonan. Untuk bahan dari bowl ada yang terbuat dari gelas, stainless steel, keramik, dan plastik. Sebelum di pakai untuk wadah pastikan bowl sudah bersih agar higienis dan proses mengaduk berjalan optimal.

4. Ayakan

Ayakan biasa di pakai untuk mengayak bahan bahan kering seperti coklat bubuk, ataupun tepung agar taka da kotoran yang ikut masuk ke dalam adonan. Jika kamu membeli ayakan pilihlah yang saringannya halus agar dapat menyaring lebih maksimal.

5. Spatula

Alat ini di gunakan untuk mengoles atau mengaduk adonan. Bahan dari spatula beragam ada yang dari plastic, karet, dan kayu. Untuk yang berbahan plastic atau karet pilih yang gagangnya kokoh agar tak mudah patah saat di gunakan tapi bagian yang plastic atau karetnya lentur agar mudah untuk di gerakkan nantinya.

6. Piping Bag

Piping bag ini selain dapat di pakai untuk menghias kue juga dapat di gunakan untuk membentuk adonan kue kering, seperti lidah kucing atau sus kering.

Saat akan menggunakan piping bag gunting pada bagian ujungnya namun jangan terlalu besar.

Jika di gunting polos maka bentuk hiasan atau adonannya juga akan jadi polos. Kamu dapat menggunakan spuit yang mempunyai beragam motif agar hasil yang di hasilkan bervariasi.

7. Loyang

Saat membuat kue kering di butuhkan loyang yang datar. Banyak jenis loyang yang di jual di pasaran mulai dari yang paling murah sampai paling mahal. Karena masih pemula kamu tak perlu ragu untuk memakai loyang aluminium yang harganya terjangkau di antara loyang loyang lainnya.

Pada beberapa jenis kue kering terdapat loyang khusus yang di gunakan, Seperti loyang mini pie dan juga loyang kue lidah kucing.

8. Oven

Jenis dari oven bervariasi, seperti oven gas, oven listrik, dan oven yang di taruh di atas kompor. Sebelum akan membuat kue ketahuilah terlebih dahulu karakteristik oven yang di gunakan agar terbiasa dengan oven tersebut.

Saat akan membuat kue agar hasilnya sempurna, panaskan oven terlebih dahulu sesuai ketentuan yang ada pada resep. Dan juga panggang kue sesuai waktu yang di tentukan di dalam resep agar kue yang di panggang tidak gosong.

Exit mobile version