Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Melon

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Melon – Diketahui bahwa Bunga Melon mempunyai 3 tipe bunga yaitu bunga betina, bunga jantan dan bunga sempurna. Masing – masing bunga memiliki perbedaan dalam hal organ seksual yang terdapat dibagian putik.

Bunga Melon betina memiliki organ seksual yang hanya ada dibagian putik saja yang berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan Bunga Melon Jantan, mempunyai ukuran lebih kecil dan hanya memiliki serbuk sari saja. Sedangkan Bunga Melon sempurna adalah bunga yang mempunyai 2 sistem organ di dalam tubuh tanaman yaitu organ seksual jantan dan organ seksual betina di dalam satu bunga dengan rupa / bentuk menyerupai bunga betina.

Antara bunga jantan dengan bunga betina letaknya berbeda yaitu bunga jantan terletak dibagian ketiak daun dan bersifat berkelompok sedangkan bunga betina terdapat pada ketiak daun pertama dan kedua dari bagian ruas percabangan.

Cara Penyerbukan Terhadap Bunga Melon

Dikenal beragam tipe Buah Melon yang merupakan hasil dari penyerbukan melalui Bunga Melon. Menurut ilmu pertanian Ada 3 cara penyerbukan Bunga Melon yang dapat anda lakukan agar mendapatkan hasil yang memuaskan yaitu serangga, angin, dan buatan.

1. Penyerbukan dengan serangga

Sekelompok hewan ‘polinator’ sangat mudah dijumpai di area persawahan dan ladang perkebunan Buah Melon dimana yang menonjol adalah serangga jenis Lebah Madu. Fungsi Lebah Madu dalam hal ini adalah sebagai agen penyebar serbuk sari dengan sempurna ke dalam area putik. Seperti halnya yang terjadi pada hewan Kupu – Kupu untuk bunga yang lainnya adalah termasuk ke dalam kelompok hewan polinator juga. Kecendrungan keberhasilan penyerbukan Bunga Melon dengan bantuan serangga tergantung dari kemampuan hewan polinator dalam menghisap nektar serta ketepatan serbuk sari melekat atau jatuh pada bagian putik Melon.

Penyerbukan oleh bantuan serangga ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Penyerbukan dengan angin

Angin merupakan salah satu komponen ‘abiotik’ di alam semsta ini. Komponen jenis ini paling sering terlibat ‘interaksi’ diantara komponen abiotik dengan lingkungan di sekitarnya. Contohnya adalah penyerbukan dalam dunia tumbuh – tumbuhan dimana dalam istilah ilmu Biologi proses penyerbukan dengan bantuan angin dikenal dengan nama ‘anemogami’.

Ciri penyerbukan anemogami yang terjadi pada Buah Melon adalah perhatikan kondisi Bunga Melon harus dalam keadaan organ seksual yang matang dengan dilengkapi oleh mahkota bunga wajib sedang mekar dengan sempurna. Sedangkan angin akan menerbangkan serbuk sari Bunga Melon jantan dimana dimudahkan karena serbuk sari ini bentuknya sangat halus, sehingga dengan cepat dan mudah hinggap pada ‘stigma’ yang ada pada bunga betina Buah Melon.

3. Penyerbukan dengan buatan

Untuk jenis penyerbukan ini perlu memperhatikan bagian ruas dari tanaman lalu dicocokkan dengan waktu penyerbukan yang tepat. Ruas yang bagus sangat dibutuhkan guna melakukan penyerbukan terhadap Bunga Melon yang letaknya di tengah – tengah dari bagian akar Buah Melon. Dimana waktu penyerbukan yang dimaksud adalah dimulai pukul 06.00 s/d 09.00.

Faktor lainnya yang mempengaruhi keberhasilan penyerbukan adalah keadaan terhadap lingkungan dimana tanaman Melon tumbuh, suhu dan intensitas curah hujan memiliki peranan besar di dalam melakukan penyerbukan Bunga Melon.

Demikian kami menjelaskan tentang proses, cara dan jenis penyerbukan Bunga Melon, semoga memberi manfaat !