E-Dazibao.com

Jenis Rumput Untuk Pakan Kellinci

Kelinci merupakan salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Hewan ini seringkali menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah selain kucing, burung,atau anjing. Hewan yang satu ini sangat identik dengan makanan wortel. Namun, ternyata banyak pilihan makanan lain yang tentunya bergizi dan sehat untuk kelinci, lho. Makanan ini menjadi variasi makanan untuk membuat kelinci menjadi lebih sehat. Untuk kamu yang ingin memberikan variasi makanan untuk kelinci kesayanganmu, simak daftar makanan untuk kelinci yang bisa menjadi pilihan. Simak selengkapnya.

Daftar Makanan untuk Kelinci

Bahan-bahan makanan untuk kelinci rata-rata bisa kamu temukan di lingkungan rumah atau di pasar dengan mudah. Selain menyehatkan, daftar makanan ini tentunya akan memberikan vitamin yang berlimpah untuk kelincimu, Toppers.

1. Daun Pepaya

Rekomendasi makanan kelinci berikutnya adalah daun pepaya. Daun ini memiliki kandungan vitamin vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalori, lemak, besi, kalsium dan fosfor untuk menunjang kesehatan kelinci agar tidak terserang penyakit.

2. Daun Lobak

Daun-daunan lainnya yang bisa kamu berikan pada kelinci peliharaanmu adalah daun lobak. Daun ini memberikan perlindungan antibodi pada kelinci peliharaan kamu untuk tetap sehat dan lincah.

3. Rumput

Salah satu makanan untuk kelinci yang sangat mudah di dapatkan adalah rumput. Rumput merupakan salah satu pilihan pakan untuk kelinci yang kaya akan serat dan baik untuk menurtisi kelinci terutama kelinci yang tengah mengandung ataupun menyusui. Pilihan rumput yang baik untuk makanan kelinci antara lain jelis rumput alfafa, timothy, rumput teki, rumput gajah, ataupun rumput kering atau jerami yang banyak diperjualbelikan sebagai makanan kelinci. Namun, pastikan rumput yang Toppers berikan pada kelinci kesayangan bebas dari pestisida, ya!

4. Kangkung

Sayuran adalah alternatif makanan untuk kelinci yang tak kalah baik untuk gizi kelinci. Namun, tak semua sayuran bisa Toppers berikan pada kelinci peliharaan. Salah satu sayur yang disukai kelinci dan juga baik untuk nutrisinya adalah sayur Kangkung. Meskipun bergizi, pastikan Toppers selalu memberikan variasikan sayuran pada makanan kelinci untuk memastikan keseimbangan gizi dan nutrisi kelinci.

5. Seledri

Selain Kangkung, sayuran lain yang bisa Toppers kombinasikan dalam menu makan kelinci kesayangan adalah seledri. Tak hanya kaya akan vitamin, seledri juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kelinci. Tekstur batang seledri yang renyah juga merupakan salah satu alasan kelinci sangat menggemari sayuran hijau satu ini.

 

Baca juga: Mesin Pencacah Rumput Multifungsi  

 

6. Selada

Tak kalah menyegarkan dan menyehatkan dari sayur-sayuran sebelumnya, ada pula Selada yang bisa jadi pilihan untuk makanan sehat kelinci selanjutnya. Kaya akan mineral dan vitamin, selada bisa Toppers variasikan bersama seledri, kangkung, ataupun makanan kelinci lainnya untuk memperkaya asupan gizi kelinci kesayangan.

7. Buah Pepaya

Selain sayur-sayuran, buah-buahan adalah pilihan makanan untuk kelinci yang juga menyehatkan. Salah satu buah-buahan yang bisa Toppers berikan pada kelinci adalah pepaya. Kaya serat dan vitamin, buah pepaya tak cuma mudah didapatkan namun juga baik untuk pencernaan kelinci.

8. Buah Apel

Apel adalah buah-buahan lain yang juga disukai oleh kelinci. Untuk penuhi asupan vitamin kelinci, Toppers bisa tambahkan potongan buah apel baik apel hijau ataupun apel merah pada menu makanan kelinci. Namun, pastikan apel yang Toppers berikan dalam keadaan segar dan bebas dari pestisida agar kelinci justru tidak terjangkit gangguan kesehatan.

9. Tomat

Tomat adalah makanan yang kaya akan vitamin dan juga antioksidan yang tak cuma baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan kelinci, namun juga bisa membantu tumbuh kembang kelinci yang masih anak-anak. Jadi, untuk kelinci kamu yang masih kecil, tak ada salahnya tambahkan sebuah tomat dalam menu makan kelinci setiap harinya.

10. Kol

Alternatif makanan untuk kelinci selanjutnya yang kalah sehat dan juga digemari kelinci adalah kol, atau yang sering juga dikenal dengan nama kubis. Baik kubis hijau atau kubis ungu, kedua sayuran ini bisa Toppers jadikan variasi menu makan agar si kelinci tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Exit mobile version