Seberapa Mahalkah Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Jasa Arsitek?

tarif jasa arsitek

Rumah merupakan aset jangka panjang yang bernilai tinggi. Tak heran disaat membangun atau merenovasi, desain rumah yang dipersiapkan tidak boleh asal-asalan karena banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Seperti halnya fungsi ruang, kualitas bangunan, keindahan serta kebutuhan tata kelola ruangan yang mampu mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Untuk mewujudkan rumah idaman tersebut tentunya harus didukung oleh tenaga ahli bangunan atau seorang arsitek yang tentunya professional di bidangnya. Pasalnya dengan keilmuan yang dimilikinya mereka mampu membantu menciptakan rumah ideal sesuai dengan karakter dan keinginan Anda selaku pemilik rumah.

Berapa Tarif Biaya Jasa Arsitek?

Perlu Anda ketahui bahwasannya untuk menyewa jasa tenaga ahli arsitek, Anda tidak harus menyediakan biaya berlebih untuk membayar jasanya. Karena pada dasarnya biaya jasa arsitek yang mahal tergantung stigma masyarakat yang memandang. Meskipun diawal terlihat mahal karena disamping anggaran pembangunan yang perlu dipersiapkan, Anda juga harus menyediakan anggaran untuk membayar jasa arsitek yang sebenarnya sangat terjangkau.

Namun beberapa kalangan meyakini bahwa di kemudian hari stigma Anda terkait biaya sewa arsitek yang mahal pastilah akan berubah. Sebab melalui keilmuan yang disalurkan dalam ide desain bangunannya serta struktur, baik dalam membangun maupun merenovasi rumah, arsitek mampu membantu Anda untuk mengikuti perkembangan lingkungan sekitar yang selaras dengan bangunan rumah Anda.

Secara umum tarif sewa yang dipatok oleh setiap arsitek akan berbeda-beda, sebab banyak faktor yang menjadi acuan untuk menarik presentase sewa jasanya. Salah satunya adalah luas bangunan yang didesain, tentunya semakin luas rumah yang dibangun akan semakin besar pula biaya yang akan Anda keluarkan untuk menyewa jasanya. Salah satu konsultan arsitek yang penulis referensikan adalah Konsultan Arsitek Online (www.ArsitekOnline.com) dimana penulis dulu pernah memakai jasa mereka. Anda bisa mengunjungi websitenya di tautan ini: Arsitek dimana disana Anda bisa melihat-lihat contoh desain rumah yang pernah mereka kerjakan.

seberapa mahal jasa arsitek

Selama penulis memakai jasa Arsitek Online, terus terang penulis cukup puas dengan mereka. Tim arsiteknya fast response, ramah dan tetap bersedia menjawab konsultasi walaupun diluar jam kantor seperti di malam hari ataupun di hari Ahad. Hasil gambar rumahnya pun bagus dan cantik. Sesuai dengan apa yang penulis inginkan. Dan yang terpenting adalah biaya desainnya yang murah pas dikantong.

Oke, selain dari apa yang telah penulis terangkan diatas, banyaknya portopolio yang dimiliki arsitek dalam menggarap proyek-proyek yang pernah mereka kerjakan juga menjadi faktor acuan untuk menentukan patokan tarif jasa arsitek. Sebab semakin banyak portopolio yang dimilikinya, menjadikan acuan pengalaman yang dimilikinya dalam menggarap proyek. Tak lupa gagasan ide yang berdasar pada kualitas hasil desainnya juga menjadi faktor penentu mahal tidaknya tarif sewa seorang arsitek.

biaya jasa arsitek

Nah, itulah tadi ulasan mengenai faktor seberapa mahalnya tarif sewa arsitek yang bisa penulis informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menjadi acuan apabila Anda tertarik menggunakan jasa arsitek saat membangun rumah nanti.