Simak Apa Aja yang Akan Kamu Pelajari di Jurusan Teknik Kedirgantaraan

Teknik Kedirgantaraan merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang mempelajari ilmu penerbangan. Banyak hal menarik yang bisa Anda pelajari untuk mendunia dalam bidang penerbangan sesuai kebutuhan. Sudah pasti semua berhubungan dengan transportasi udara.

Apa Sih yang Dipelajari Jurusan Teknik Kedirgantaraan?

Pada dasarnya teknik penerbangan merupakan teknik dirgantara atas jurusan yang belajar mengenai ilmu keteknikan pesawat, penerbangan , dan kedirgantaraan. Orang yang masuk pada jurusan tersebut akan belajar mengenai cara merancang, membuat, dan mengoperasikan pesawat.

Tak hanya itu mahasiswa dirgantara biasanya juga mempelajari tentang pesawat luar angkasa, satelit, dan roket. Memang materi yang diberikan sangat menarik perhatian semua orang. Ada banyak mata kuliah yang bisa dipelajari ketika Anda masuk jurusan kedirgantaraan.

Selain adanya mata kuliah khusus kedirgantaraan, awal semester pasti Anda mendapatkan mata kuliah umum pelajaran sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia. Hal menarik lainnya semua mahasiswa akan melakukan praktik serta penelitian. Tak heran jika Anda dikejar deadline laporan dan pengumpulan data.

Adapun beberapa mata kuliah tersebut adalah sebagai berikut.

–  Pengantar Rekayasa dan Desain

– Gambar Teknik

– Pengenalan Teknik Mesin, Material, dan Dirgantara

– Rekayasa Termal

– Matematika Teknik

– Analisis Aerodinamika dan Prestasi Terbang

– Material pesawat dan metode manufaktur

– Astrodinamika

– Sistem Transportasi Udara

– Aerodinamika

– Sistem Pesawat Udara

– Desain Pesawat Udara

– Aspek Lingkungan Teknik Dirgantara

– Rekayasa Perawatan Pesawat Udara

Prospek Kerja Alumni Teknik Kedirgantaraan

Sudah pasti alumni dari jurusan kedirgantaraan adalah pencetak tenaga ahli yang mampu menciptakan dan mengembangkan teknologi penerbangan Indonesia. Kebanyakan alumni jurusan tersebut memiliki peluang pekerjaan yang menjanjikan di sektor industri kedirgantaraan maupun lembaga penerbangan.

Untuk industri manufaktur, bidang kerja teknisi dirgantara termasuk industri komponen pesawat terbang, komponen optronika/avionika, komponen landing, komponen standar, dan lain sebagainya.

Untuk Industri jasa perawatan Anda bisa mengambil koharmat AU, MMF, Indo-pelita, GMF-Aero Asia, dan lain sebagainya. Semua tergantung diri masing-masing yang mengarahkan ke prospek pekerjaan tersebut. Semua peluang bisa Anda dapatkan selagi mau menunjukkan skill dan pengalaman.

Belajar teknik Kedirgantaraan ITDA memberi banyak keuntungan di masa depan. Prospek kerja yang luas mempermudah Anda dalam mencari pekerjaan.