Kenali Struktur Teks Artikel Agar Pembahasan Menjadi Runtut

Artikel disusun menggunakan kaidah-kaidah yang telah diterima secara umum salah satunya menggunakan EYD. Begitu pula pada struktur teks artikel yang harus ada dalam jenis karya ini. Struktur teks harus berurutan dan memiliki tahapan dalam penyampaian isi. Dengan menggunakan struktur yang jelas membuat penulis mudah menyusun suatu artikel yang berkualitas. Begitu pula dengan pembaca yang akan merasa membaca secara runtut dan jelas. Berikut ini struktur teks artikel yang harus diketahui sebelum membuat artikel.

1. Judul

Judul merupakan inti pokok dari suatu topik bahasan. Oleh sebab itu perlu membuat judul yang mencerminkan isi bahasan. Judul yang menarik akan membuat artikel berkualitas. Melalui judul, diharapkan pembaca memahami apa yang akan dibahas dan tertarik untuk membacanya.

2. Pembuka

Bagian pembuka dalam artikel untuk mengenalkan pembaca pada topik bahasan dengan memberikan gambaran umum. Selain itu, melalui pembuka dijabarkan pula alasan pentingnya membahas topik terkait sehingga pembaca perlu meneruskan bacaannya. Cara menjabarkan pembuka dapat secara deduktif yaitu inti paragraf berada di kalimat pertama yang diteruskan dengan penjabaran secara mendetail. Selain itu, dapat pula dijabarkan secara induktif yaitu inti paragraf berada di kalimat terakhir sehingga seperti sebuah kesimpulan dari paragraf.

3. Leher atau Bridge

Bagian ini menjadi penghubung antara pembuka dengan inti artikel. Melalui leher artikel, penulis mengulas permasalahan lebih detail namun belum masuk pada penjelasan yang dimaksud pada judul. Pembaca akan mengetahui apa yang terjadi, pentingnya masalah yang akan dibahas dan sebagainya.

4. Isi Artikel

Nah, isi artikel menjelaskan secara rinci judul yang telah diutarakan secara menarik di tahap sebelumnya. Isi harus disusun secara sistematis, mudah dipahami dan tentu saja memuat informasi penting dari judul. Sebagian pembaca akan langsung menuju isi tanpa perlu membaca pembuka dan leher artikel. Oleh sebab itu, isi haruslah dijelaskan secara mendalam. EYD dapat menjadi pedoman yang baik agar artikel mudah dipahami. Namun meski begitu, jangan sampai meremehkan adanya kedua struktur teks artikel sebelumnya tersebut. Struktur artikel yang tidak lengkap akan membuat pembaca bingung dan menutup artikel terkait.

5. Penutup

Pada bagian ini kesimpulan pembahasan dijelaskan secara lugas. Penulis pun dapat memberikan sebuah saran, pendapat dan sikap dari penulis sendiri. Penutup yang baik membuat pembaca akan mengakhiri bacaan dengan puas yang artinya kesimpulan diberikan secara tepat lugas.

Itulah kelima struktur teks artikel yang harus ada dan muncul secara berurutan. Artikel dengan struktur seperti itu akan memudahkan penulis dalam menyusun karena membantu mengurutkan apa yang harus dibahas. Pilihan lain jika tidak butuh bantuan pembuatan artikel, dapat pula menggunakan jasa penulis artikel terpercaya yang siap menerima pesanan artikel apapun.