Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi: Ciri – Ciri dan Struktur

Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau bisa juga melapporkan sesuatu yang berupa hasil dari observasi. Teks laporan observasi juga bisa disebut sebagai teks klasifikasi karena memuat klasifikasi tentang jenis – jenis sesuatu yang berdasarkan kriteria tertentu.

Teks laporan hasil observasi bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang ada. Menurut pintarnesia Teks ini menggambarkan ciri, sifat umum seperti benda, bentuk, manusia, hewan, tumbuh – tumbuhan, atau pun peristiwa yang terjadi di sekitar kita.

 

Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah ciri bahasa atau kaidah kebhasaan yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi, antara lain.

  • Menggunakan frasa nomina yang diikuti pendeskripsi dan penjenis.
  • Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti dengan rincian aspek yangingin dilaporkan dalam beberapa paragraf.
  • Menggunakan verba relasional. Contohnya saja seperti merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, terdiri atas, meliputi dan lain sebagainya.
  • Menggunakan kata penghubung yang menyatakan tambahan (serta, dan), persamaan (sebagaimana, seperti halnya), perbedaan (berbeda dengan), pilihan (atau), pertentangan (tetapi, namun, sedangkan).
  • Menggunakan verba aktif alam guna menjelaskan perilaku. Contohnya saja seperti membuat, hidup, tidur, makan, dan lain sebagainya.

 

 

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Ada 2 (dua) struktur utama yang membangun teks Laporan Hasil Observasi sehingga menjadi satu kesatuan, berikut ini adalah struktur teks laporan hasil observasi.

Pernyataan umum, adalah pembuka atau pun pengantar tentang hal yang dilaporkan. Pada tahap ini akan disampaikan jika benda – benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria perbedaan dan persamaan.

Anggota yang dilaporkan, adalah bahasan atau rincian mengenai objek yang diamati. Struktur Teks Laporan hasil Observasi, antara lain.

  • Definsi Umum, adalah pembukaan yang berisi pengertian tentang sesuatu yang dibahas dalam teks.
  • Definisi Bagian, adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
  • Definisi Manfaat, Adalah bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan.
  • Penutu, adalah bagian rincian akhir dari teks.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai teks laporan hasil observasi. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.