E-Dazibao.com

Tes IQ: Fungsi Pelaksanaannya dalam Berbagai Seleksi Pendidikan Hingga Pekerjaan

Tes IQ

Pelaksanaan tes IQ dalam seleksi di berbagai jenjang tentu sudah tidak asing lagi. Banyak perusahaan, lembaga, dan instansi pendidikan yang menggunakan tes intelegensi untuk menempatkan tenaga kerja atau muridnya. Hal ini tentu tak terlepas dari fungsi tes yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Pengukuran Tingkat Intelegensi Seseorang

Tes IQ sendiri memiliki kepanjangan intelligence quotient. Dari namanya saja sudah diketahui bahwa tes ini akan menentukan tingkat intelegensi seseorang. Hal ini dikarenakan dalam bekerja atau menempuh pendidikan, kemampuan intelegensi seseorang menjadi faktor yang juga penting.

Kemampuan intelegensi sendiri meliputi banyak hal. Dalam hal komunikasi, kemampuan berbahasa menjadi hal penting. Dalam beberapa bidang, kemampuan matematika juga menjadi faktor penting. Juga, kemampuan analisis dan spasial yang pastinya akan dibutuhkan dalam pekerjaan.

2. Menemukan Kemungkinan Disabilitas Intelektual

Selain menemukan tingkat intelegensi yang dimiliki oleh seseorang, tes ini juga memiliki fungsi lainnya. Dari hasil tes, tak hanya diketahui tingkat intelegensi tapi juga kemungkinan disabilitas pada intelegensi yang dimiliki oleh seseorang. Dengan begitu, kekurangan seseorang juga akan bisa diketahui.

Jika diperhatikan, tes dibagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian mengukir kemampuan intelegensi yang berbeda-beda. Dari sini akan ditemukan titik kelebihan dan kelemahan seseorang. Hal ini akan mempermudah menentukan pekerjaan yang diberikan.

3. Menentukan Kecenderungan Potensi dalam Diri Seseorang

Yang terakhir, tes ini juga akan digunakan untuk menemukan potensi dalam diri seseorang. Orang yang memiliki potensi sesuai bidang yang dipilih tentu akan lebih dipertimbangkan oleh instansi terkait. Karenanya, tes ini dilaksanakan untuk menemukan potensi tersebut.

Selain itu, dalam pendidikan, perkembangan peserta didik tentu menjadi fokus utama para pendidik. Karenanya, dari hasil tes ini, guru bisa mencari cara yang tepat untuk mengembangkan potensi pada setiap peserta didik. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas belajar setiap siswa.

Setelah mengetahui fungsi dari tes pada intelegensi seseorang ini maka, tak heran mengapa tes ini dijadikan faktor penting dalam seleksi. Meski begitu, tes jenis ini bukan menjadi penentu kelulusan sepenuhnya. Hasil dari tes ini akan dikombinasikan dengan hasil tes lainnya.

 

Exit mobile version