Tips Memilih Buah Kelapa Tua

Buah kelapa tua memang sudah terkenal banyak manfaatnya. Selain untuk bisnis kelapa tua, buah ini bisa di olah menjadi santan untuk memasak. Sebelum membuat santan, kalian harus memperhatikan buah kelapanya agar saat di olah menjadi santan yang segar. Tips memilih buah kelapa tua. Yuk kita simak bersama!

Tips Memilih Buah Kelapa Tua

Santan merupakan bahan makanan olahan berasal dari kelapa tua, dan identik dengan fungsinya untuk memberi rasa gurih pada masakan. Di Indonesia, santan banyak digunakan dalam beberapa hidangan khas seperti gulai, soto, hingga rendang. Selain dalam hidangan asin, santan juga kerap melengkapi makanan penutup seperti kolak atau es campur.

Meskipun saat ini sudah banyak beredar santan kemasan, sebenarnya bumbu masakan yang disebut coconur milk murni lebih sehat dan segar karena tidak menggunakan pengawet. Cara membuat santan murni dari kelapa juga tidak serumit kelihatannya, kok kamu tinggal memarut, merendam, dan memeras santan berulang-ulang.
Namun, saat membuat santan sendiri satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas kelapanya. Dilansir dari Thrillist, berikut tips memilih buah kelapa tua yang masih segar untuk membuat santan sendiri di rumah.

5 Tips Memilih Buah Kelapa Tua

Sebelum kalian membuat santan yang akan di masak alangkah baiknya kalian harus memperhatikan 5 hal berikut ini. karena, 5 hal ini akan mempengaruhi rasa, hasil, dan aroma lho. Jadi, buat kalian yang mau membuat santan sendiri di rumah jangan lupa terapkan tips ini ya, Agar santan bagus.

1. Pilih jenis kelapa yang benar

Umumnya di pasar terdapat dua jenis kelapa yaitu yang kelapa kulit cokelat dan kulit putih. Kelapa kulit cokelat biasa kita sebut juga dengan kelapa tua. Dagingnya lebih keras dan sedikit air. Tipe ini cocok untuk diolah menjadi santan dan minyak kelapa. Sedangkan, kelapa kulit putih atau kelapa muda lebih cocok dinikmati sebagai minuman segar.

2. Kocok kelapa

Tips kedua yakni perhatikan kandungan air di dalamnya. Pilihlah kelapa yang ketika dikocok akan terdengar bunyi airnya. Hindari kelapa yang tidak mengeluarkan suara karena kemungkinan kelapa mengalami kebocoran atau retakan; memungkinkan jamur dapat masuk ke dalamnya. Selain itu, kelapa yang retak dan kering juga cenderung mengandung sedikit sari kelapa sehingga kualitasnya kurang baik.

Baca juga : Mengenal Kelapa Sawit

3. Perhatikan tempurung kelapa

Bagian cangkang yang lebih tipis cenderung mudah busuk. Seringkali tanda kebusukan terlihat dari mulai bermunculan jamur kehijauan di sekitar setidaknya satu mata kelapa. Saat dibuka juga, air akan terasa asam dan berbau aneh. Daging kelapa yang busuk juga sudah berubah warna.

4. Cari retakan, jamur, atau bagian basah

Jangan memilih kelapa yang sudah retak, berjamur, ataupun tampak ada area basah yang menyelimutinya. Telitilah ketika ingin membeli kelapa segar, pastikan tidak retak ataupun berjamur.

5. Pilih kelapa yang lebih berat

Ketika ragu memilih dua kelapa yang sama besar, pilihlah yang lebih berat. Kelapa yang lebih berat mengandung banyak air, menjadi penanda bahwa masih segar. Kelapa tua yang segar dapat menghasilkan santan dengan kualitas terbaik dengan rasa gurih alami.

 

Nah, itu dia sedikit pembahasan tentang tips memilih buah kelapa tua. Buah kelapa tua ini juga bisa di olah sabutnya menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa. Demikian pembahasan tips memilih buah kelapa tua ini, Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu kita semua. Sekian Terima Kasih.