E-Dazibao.com

Tips Menjalankan Bisnis Keripik Singkong Cocok untuk Pemula

Keripik singkong ialah cemilan yang banyak banyak digemari oleh semua kalangan. Potensi pasarnya cukup baik karena disukai oleh semua kalangan. Usaha keripik singkongpun termasuk ke dalam kategori bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang kecil, yang bisa disesuaikan dengan keadaan.  Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha yang satu ini, simak terus artikel ini sampai selesai, ya. Karena, di sini akan kami bahas secara detail bagaimana cara memulai bisnis tersebut.

 

Kelebihan Bisnis Keripik Singkong

Bisnis singkong memiliki cukup banyak kelebihan yang sangat menguntungkan. Adapun kelebihan-kelebihan menjalankan usaha keripik pisang adalah sebagai berikut:

Kendala dan Solusi Dalam Bisnis Keripik Singkong

Di balik segudang kelebihannya, ternyata usaha keripik singkong ini pun memiliki beberapa kendala sebagai berikut:

Sebelum memulai usaha keripik singkong ini, pastikan Anda sudah mengetahui ciri-ciri singkong yang berkualitas dan cocok untuk bahan baku keripik.

Selain itu, Anda juga harus jeli dalam memilih supplier singkong yang berkualitas, dengan harga masih tetap bersahabat agar Anda tetap mendapat keuntungan lebih.

Persaingan semakin ketat tak menjadi kendala yang besar apabila Anda mau terus berinovasi dan tetap mempertahankan kualitas keripik jualan Anda.

Anda harus terus berinovasi, misalnya secara berkala mengeluarkan varian rasa baru, atau menggunakan kemasan yang unik.

 

Tips Sukses Bisnis Keripik Singkong

 

Bagi para pemula yang ingin sukses dalam menjalankan bisnis keripik singkong, ada beberapa kiat khusus yang perlu diketahui agar bisnis keripik singkong yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar.

Adapun kiat-kiatnya ialah sebagai berikut:

  1. Tawarkan berbagai pilihan rasa yang bervarian. Denganmenawarkan berbagai pilihan rasa,, konsumen tentunys akan mendapatkan banyak pilihan rasa yang sesuai selera mereka.
  2. Promosikanlah bisnis keripik singkong Anda secara gencar melewati beberapa jalur.
  3. Buatlah kemasan semenarik mungkin. Gunakan jasa seorang yang ahli dalam membuat kemasan yang unik dan berkarakter agar pelanggan tertarik untuk membelinya.
  4. Tentukanlah target pasar keripik singkong jualan Anda. Misalnya, misalnya jika menyasar target anak-anak sekolah, buatlah kemasan kecil dengan harga yang bisa mereka jangkau dengan uang saku kesehariannya.
  5. Mencari reseller, danmenjalin kerja sama dengan mereka dengan tujuan memperluas pemasaran produk keripik pisang Anda.

Demikian informasi seputar usaha keripik singkong. Bisnis keripik singkong ini, cocok sekali untuk para pemula. Karena, bisnis keripik singkong bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Semoga bermanfaat.

Persiapan Memulai Bisnis Keripik Singkong

Tertarik untuk menggeluti bisnis keripik singkong? Ketahui apa saja persiapannya di bawah ini:

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, memilih jenis singkong adalah salah satu kendala dalam memulai bisnis ini. Semua jenis singkong sekilas tampak sama. Namun, faktanya ternyata terdapat banyak jenis singkong yang dijual di pasaran.

Sebagai solusi dari kendala di atas, sebaiknya mulailah bisnis dengan mengenali jenis singkong yang cocok untuk keripik singkong.

Menjalankan bisnis keripik singkong di berbagai daerah tergolong sangat kompetitif. Pasalnya, jenis camilan ini sangat mudah diolah.

Agar dapat bersaing, pastikan Anda mempersiapkan produk dengan matang. Salah satunya ialah dengan mempersiapkan varian rasa yang akan ditawarkan.

Keripik singkong yang dipasarkan saat ini tidak hanya sekedar asin saja. Banyak juga olahan keripik singkong dengan varian rasa manis seperti cokelat.

Lakukan survei produk kompetitor terlebih dulu agar Anda mengetahui varian jenis rasa apa yang harus dipersiapkan.

Tujuannya adalah agar produk Anda memiliki keunikan tersendiri.

Dalam menjlankan bisnis cemilan, kemasan menjadi sesuatu yang sangat powerfull. Konsumen cenderung lebih tertarik dengan kemasan cemilan yang bagus pada saat mereka memilihnya.

Dengan begitu, buatlah logo desain produk semenarik mungkin.

Untuk menjalankan usaha ini, siapkanlah modal untuk produksi. Bisnis keripik singkong ini dapat Anda mulai dengan modal yang kecil.

Persiapan modal meliputi kebutuhan peralatan, dan biaya bahan baku yang akan digunakam. Untuk peralatan, bisa juga menggunakan mesin keripik singkong multifungsi.

 

Target Pasar Bisnis Keripik Singkong

Keripik singkong ialah cemilan yang banyak penggemarnya. Usaha sampingan ini pun tidak terlalu sulit dipasarkan.

Berikut merupakan beberapa target pasarnya:

Cara Memasarkan Keripik Singkong

Cara pemasaran bisnis keripik singkong ini lebih mudah jika dibandingkan dengan usaha bengkel motor. Ada cukup banyak cara pemasaran yang bisa Anda lakukan seperti berikut:

Konsinyasi ialah salah satu cara dalam memasarkan berbagai produk cemilan. Caranya ialah dengan menitipkan produk Anda di warung-warung atau di toko oleh-oleh yang ramai pengunjung. Beri mereka keuntungan besar agar bersedia mempromosikan dan memasarkan produk Anda.

Pemasaran dengan media sosial saat ini sudah sangat populer. Cara pemasarannya terbilang sangat mudah. Ambil foto produk secantik mungkin lalu upload di media sosial.

Sertakan juga deskripsi lengkap mengenai informasi lengkap produk Anda.  Cantumkan juga alamat dan nomor HP agar konsumen mudah untuk menghubungi Anda. Pastikan Anda juga mempunyai layanan delivery sendiri, atau pihak ketiga misalnya layanan ojek online.

Direct selling ialah salah satu cara pemasaran langsung dari tangan ke tangan konsumen. Pemasaran ini dilakukan di tempat usaha Anda sendiri, di pusat keramaian, event car free day, dan masih banyak lagi.

Cara Promosi Bisnis Keripik Singkong

Selain cara pemasaran, ketahui juga bagaimana cara mempromosikannya. Mempromosikan keripik singkong ini sangat mudah.

Bahkan lebih mudah jika dibandingkan dengan usaha rental mobil. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasnnya berikut ini:

Exit mobile version