E-Dazibao.com

Beberapa Macam Jenis Bakso yang Paling Populer di Indonesia

beberapa macam jenis bakso

Siapa sih disini yang gak tau bakso? Hampir semua orang menyukainya, tua dan muda, pria dan wanita. Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dibuat menggunakan mesin pembuat bakso dan harganya yang terbilang murah, menjadikan makanan lezat yang satu ini menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Dengan bentuknya yang bulat, ditambah dengan mi putih atau mi kuning, menjadi pelengkap makan bakso di kala bosan menyantap nasi berserta lauk pauknya.

Bakso tidak akan kehilangan popularitas di Indonesia walaupun diterpa berbagai macam isu misalnya mengandung borak, dibuat dari daging tikus, dan masih banyak lagi. Bakso pada umumnya disajikan bersama dengan kuah kaldu daging sapi, ditemani mi putih, mi kuning, penyedap rasa, bawang goreng, sampai saus sambal dan saus cabai untuk memperkuat rasa.

Buat travelers yang mungkin belum tau, bakso terbuat dari daging sapi yang dihaluskan kemudian ditambah bumbu dan kemudian dibentuk sehingga menjadi bola daging yang rasanya nikmat. Tentu akan lebih nikmat lagi jika ukuran baksonya lebih besar dan dicampur dengan adonan daging cincang dan urat didalamnya. Nyaaammm. Sementara itu, apa saja sih macam-macam bakso yang populer di Indonesia? Yuk, kita simak sama-sama.

Beberapa Macam Jenis Bakso

Berikut merupakan berbagai ,acam jenis bakso yang mungkin kamu sukai:

Bakso Sapi

Jenis bakso yang pertama ini terbuat dari daging sapi yang diolah dengan tepung terigu dan dibentuk bulat-bulat. Mayoritas bakso yang dijual di Indonesia adalah bakso sapi, dan merupakan sajian bakso paling populer sejak dulu sampai saat ini.

Bakso Keju

Saat ini penjual bakso sudah banyak yang berinovasi dengan membuat bakso dengan olahan yang bervariasi. Salah satunya adalah dengan menambahkan keju di dalamnya. Ternyata, respon masyarakat cukup baik mengenai variasi keju ini. Sensasi kejunya yang lumer di mulut ketika disantap membuat ketagihan bagi yang sedang mencicipinya.

Bakso Ayam

Seperti bakso sapi, bakso ayam pun cukup banyak digemari masyarakat Indonesia. Memang, olahan jenis ini tidak begitu populer, apalagi bakso ayam ini yang tekstur dagingnya sedikit “berantakan” walaupun masih berbentuk bulat.

Bakso Ikan

Bakso jenis ini mungkin adalah bakso yang paling populer setelah bakso sapi. Warnanya putih dan teksturnya sedikit kenyal, pada umumnya bakso ini terbuat dari ikan tenggiri. Ukuran bakso ini juga sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan bakso sapi, namun rasanya gak kalah enak, lho.

Bakso Tahu

Bakso tahu pada umumnya memiliki dua variasi, yaitu bakso yang dimasukkan ke dalam tahu goreng/rebus, dan sajian bakso kuah dengan menu utama bakso sapi dan tahu goreng/rebus. Kombinasi dengan tahu ini juga biasa ditemukan dalam bakso campur (bakso, tahu, mi kuning/putih, tauge, dll.).

Bakso Sarang Burung

Jenis bakso khas Malang, Jawa Timur ini berisi sayur-sayuran yang menjadikannya menu yang sehat. Sajian bakso ini layaknya sup, diberi mi, wortel, dan kentang serta bumbu pelengkap seperti saus dan kecap di atasnya.

Bakso Malang

 

Bakso yang satu ini juga cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, dan ada pula yang menyebutnya dengan sebutan bakwan Malang. Menggunakan tahu putih rebus, kerupuk pangsit, serta tanpa mi, membuat sajian bakso Malang ini mengandalkan pada kenikmatan kuahnya.

Bakso Solo

Bakso yang berasal dari kota Solo ini memiliki ciri khas kuah kaldu dengan rasanya yang kuat. Hal yang membuat bakso ini menjadi spesial adalah tak hanya dicampur mi dan bakso, tetapi ditambah irisan tetelan daging yang membuat rasanya menjadi semakin nikmat.

Bakso Telur

Bakso telur cukup mudah ditemui dalam sajian bakso sapi sebagai variannya. Sebutir telur rebus yang dimasukkan ke dalam adonan bakso sapi. Ukuran dan bentuknya jangan ditanya lagi, tentunya sebesar satu butir telur yang beada di dalamnya.

Bakso Ranjau

Bak ranjau merupakan bakso yang ditebar di medan perang, bakso ranjau ini juga berarti “menjebak”. Kamu pasti akan menemukan “ranjau” berbentuk cabai rawit yang berada di dalam bakso ini, sehingga kalian akan terjebak dengan pedasnya yang, justru akan semakin menggugah selera makan.

Bakso Tenis

Jenis bakso yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis bakso yang lainnya, biasanya bakso tenis ini memiliki isian potongan daging cincang, urat atau telur di dalamnya. Bakso tenis ini cocok untuk kamu yang sedang lapar atau sedang menginginkan menikmati bakso dengan ukuran yang berbeda.

Bakso Gepeng

Bakso yang berasal dari Pontianak ini berbentuk pipih, sehingga disebut dengan sebutan bakso gepeng. Sama seperti bakso ikan, bakso gepeng ini hanya disajikan dengan kuah kaldu, taburan bawang goreng, dan daun bawang.

Bakso Aci

Bakso aci yang saat ini populer sebagai jajanan hits di kalangan anak muda ini berasal dari Garut. Hidangan bakso ini berisi bakso aci, tahu, cuanki, sukro cikur, siomay kering, dan dicampur perasan air jeruk nipis, bahkan sering juga ditambah dengan ceker.

Bakso Kerikil

Disebut bakso kerikil karena bentuknya yang kecil. Bakso asal Magelang ini pada umumnya dihidangkan seperti bakso daging pada umumnya. Dalam satu porsi berisi puluhan bakso karena satu butir bakso kerikil ini lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis bakso yang lainnya.

Bakso Tumpeng

Bakso tumpeng merupakan salah satu jenis bakso yang unik. Berbentuk kerucut seperti tumpeng, hingga disebut dengan bakso tumpeng. Bakso ini berasa dari Yogyakarta yang terdiri dari berbagi ukuran dari yang kecil hingga yang besar.

Exit mobile version