E-Dazibao.com

Berikut Urutan Nilai RON BBM di Indonesia

Apa itu RON BBM barangkali menjadi salah satu pertanyaan bagi Anda. Bahan bakar di Indonesia punyai jenis yang cukup begitu banyak ragam dan nilai RON BBM yang berbeda-beda dengan menggunakan flow meter water. Kandungan RON BBM merupakan salah satu Info yang penting didalam bahan bakar yang dapat digunakan oleh kendaraan bermotor.

RON merupakan singkatan dari Research Octane Number. Nilai ini didapat sesudah melalui hasil penelitian di laboratorium. Bilangan oktan atau RON dikutip dari laman Auto2000 adalah angka yang membuktikan seberapa besar tekanan yang dapat diberikan sebelum akan bensin terbakar secara spontan. Nama oktan berasal dari oktana (C8) yakni seluruh molekul penyusun bensin. Oktana dapat dikompresi sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan.

Di didalam mesin, campuran udara dan bensin yang udah berbentuk gas ditekan oleh piston sampai volumenya mengecil. Kemudian, campuran tersebut dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Campuran bahan bakar tersebut dapat terbakar secara spontan sebelum akan percikan api dari busi keluar.

Jika campuran ini terbakar sebab tekanan yang tinggi bukan dari busi, kendaraan dapat mengalami tanda-tanda knocking. Gejala ini terjadi sebab pemanfaatan bahan bakar bersama dengan oktan rendah yang menyebabkan naiknya temperatur dan tekanan di didalam ruang bakar mesin akibat pembakaran yang tidak sempurna. Jika perihal tersebut dibiarkan tetap menerus, mesin mobil dapat mengalami rusaknya yang cukup parah.

Lalu, apa saja jenis BBM berdasarkan nilai RON BBM di Indonesia? Berikut ini adalah ulasannya.

Urutan Nilai RON BBM di Indonesia

Nilai oktan terhadap BBM yang dijual di Indonesia cukup beragam. Berikut ini adalah alur nilai oktan BBM yang dijual di Indonesia dikutip dari laman lifepal.

1. BBM bersama dengan Nilai RON 90

BBM ke-2 yang dijual di Indonesia adalah BBM bersama dengan nilai oktan 90. BBM tersebut cukup banyak variannya di Indonesia. Misalnya, Pertamina punyai product Pertalite atau Vivo bersama dengan Revvo 90.

Pertalite merupakan bahan bakar minyak terlaris tak sekedar premium sebab harganya terjangkau. Nilai oktan Pertalite lebih tinggi dari Premium. Angka oktan yang lebih tinggi terhadap Pertalite ini berarti mutu bahan bakar yang ramah lingkungan.Hal ini disebabkan pembakaran bahan bakar yang sempurna dan efisien.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, didalam rapat bersama dengan Komisi VII DPR mengungkapkan ketentuan tersebut. Dengan terdapatnya kebijakan ini, Pertalite menjadi Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) seperti Premium. Awalnya, Pertalite merupakan Jenis BBM Umum (JBU) bersama dengan Pertamax, Pertamina Dex, dan lainnya yang tidak disubsidi pemerintah.

2. BBM bersama dengan Nilai RON 92

BBM ketiga yang dijual di Indonesia adalah BBM bersama dengan nilai oktan 92. BBM jenis ini cukup banyak variannya di Indonesia. Misal, Pertamina bersama dengan Pertamax, Shell bersama dengan Shell Super, dan Vivo bersama dengan Revvo 92.

Dilansir dari laman Pertamina Fuels, Pertamax punyai kandungan angka oktana riset (RON) bersama dengan nilai 92. Pertamax diciptakan oleh Pertamina sebagai jawaban terhadap situasi lalu lintas di Indonesia terutama di kota besar yang cenderung macet. Pertamax dapat digunakan oleh jenis kendaraan keluaran tahun 2000-an.

Sedangkan, bahan bakar Shell Super dilansir dari laman resmi Shell ditambah bersama dengan teknologi dynaflex. Teknologi ini dapat kurangi gesekan mesin baik dikala Anda sedang berada di lalu lintas yang lancar maupun macet. Teknologi tersebut dikombinasikan bersama dengan molekul pembersih untuk menghilangkan endapan yang menghambat performa mesin.

BBM RON 92 biasanya disarankan untuk mobil LCGC atau di atasnya. Dilansir dari laman Auto2000, mobil berjenis LCGC disarankan untuk menggunakan bensin bersama dengan nilai oktan minimal 92.

3. BBM bersama dengan Nilai RON 95

BBM keempat adalah BBM bersama dengan nilai oktan 95. Contoh BBM bersama dengan nilai oktan 95 adalah Shell V-Power. Bahan bakar Shell V-Power sesuai digunakan untuk mesin berkompresi 11:1 sampai 12:1. Jika digunakan untuk mobil, bahan bakar ini sesuai untuk Chevrolet Trax atau Honda Civic Turbo. Dilansir dari laman Shell, Shell V Power ditambah bersama dengan teknologi dynaflex.

Teknologi ini mendukung meningkatkan situasi mesin serta mendukung memaksimalkan daya dari bahan bakar. Shell V Power juga dapat mendukung kurangi sampai 80% endapan dan mendorong performa mesin kendaraan. Shell V Power juga punyai molekul pengurang gesekan yang mendukung bagian penting dari mesin kendaraan Anda.

4. BBM bersama dengan Nilai RON 98

BBM setelah itu adalah BBM bersama dengan nilai oktan 98. Contoh BBM bersama dengan nilai oktan 98 adalah Pertamax Turbo. Menurut Pertamina, Pertamax Turbo merupakan product unggulan Pertamina. Bahan bakar ini punyai nilai RON 98 yang dapat memenuhi kebutuhan kendaraan bermesin bensin bersama dengan teknologi tinggi. Bahan bakar ini udah memenuhi standar Euro 4.

Pertamax Turbo lebih disarankan untuk pengguna kendaraan yang idamkan kapabilitas drivability (kelincahan) lebih baik, mesin lebih bertenaga namun ramah lingkungan. Kandungan oktan yang tinggi beri tambahan ketahanan yang tinggi terhadap kompresi agar pembakaran menjadi sempurna dan tidak meninggalkan residu agar mesin menjadi bersih.

 

Exit mobile version