Cara Membuat Abon Daging Sapi

Pada artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat abon daging sapi dan caranya mudah sekali sehabis membaca artikel ini anda sudah bisa membuatnya sendiri dirumah. pembuatan abon daging sa[i ini sangat mudah, maka dari itu kita harus bisa melakukannya pembuatan sendiri di rumah.

Resep Membuat Abon Sapi

cara membuat abon sapi

Abon sudah menjadi resep turun menurun dari orang – orang terdahulu dan sudah jelas bahwa abon daging sapi sudah tidak ada yang meragukan rasa dari Abon Daging sebagai menu pelengkap pamungkas.

mari kita simak bersama cara membuat abon sapi kering sederhana yang satu ini!

Bahan-Bahan :

  1. 2 kg daging sapi tanpa lemak
  2. 7 bh bawang putih
  3. 5 bh bawang merah
  4. 2 sdt garam
  5. 1 sdt merica
  6. gula merah secukupnya
  7. penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Abon Sapi :

  1. cuci bersih daging sapi segar, Potong daging kotak – kotak ukuran sedang, dan cuci bersih. selanjutnya rebus daging sapi sampai matang. Tiriskan.
  2. Haluskan bisa menggunakan blender atau ulegan bawang, cabai, garam, merica, dan gula merah secukupnya.
  3. tumbuk daging sapi dengan menggunakan uleg – uleg. Selanjutnya sisir tipis daging sesuai dengan alurnya menggunakan tangan sampai seperti abon.
  4. Panaskan minyak sedikit, kemudian masukan bumbu yg sudah dihaluskan dan tumis. Masukkan daging sapi.Tambahkan penyedap rasa secukupnya. Goreng sampai bumbu tercampur dengan rata.
  5. Setelah matang, angkat dan tunggu sampai sampai tidak panas. Selanjutnya tumbuk kembali abon agar menjadi lebih lembut.
  6. Sangrai abon pada wajan penggorengan. Tunggu sampai benar-benar kering dan berubah warna. Kemudian Angkat dan dinginkan.
  7. Masukkan abon kedalam kemasan dan tutup rapat, sebaiknya abon dikonsumsi paling lama maxsimal 1 bulan.

Resep Membuat Abon Sapi Yang Pedas

Bahan abon yang paling umum digunakan untuk dijadikan menu yang paling disukai. Kemudian pada artikel ini menjelaskan bagaimana cara membuat abon sapi, resep di bawah ini mungkin dapat menjawab rasa penasaran untuk dapat membuatnya sendiri di rumah.

Bahan – Bahan :

  • 1 kg daging sapi
  • air bersih
  • 250 ml santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan

Baca Juga Artikel mengenai Apa Saja Cara Dasar Merawat Kulit Wajah Beserta Tubuh

Haluskan :

  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • gula merah sesuai selera
  • garam secukupnya

Cara Membuat Abon Sapi Yang Pedas :

  1. Panaskan Air hingga mendidih. Masukkan daging serta garam, daun salam dan lengkuas. Rebus hingga daging empuk. Angkat kemudian iris tipis – tipis dan tumbuk hingga memar kemudian Suir-suir halus emngikuti serat dagingnya.
  2. Panaskan santan, masukkan daging dan bumbu halus kemudian campurkan, kemudian aduk terus sampai santan habis sambil dibolak balik hingga merata ke daging abon kering dan tidak gosong.

Tips :

  • Membuat abon harus benar-benar kering dan disimpan di tempat yang rapat agar abon dapat bertahan lama.
  • Jika ingin menambahkan rasa pedas pada abon sapi, tambahkan sedikit bubuk cabe pada abon yang telah kering agar pedas sesuaikan dengan selera,  kemudian diaduk  hingga rata

Kandungan Gizi Pada Abon Sapi

Sehat atau tidaknya suatu makanan tentunya tidak lepas dari kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut.

Gizi yang komplit dan seimbang akan cepat membantu anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh kita sehari-hari.

Kemudian kita perlu mengetahui berapa zat gizi dari makanan yang kita konsumsi, agar kita mengerti bahwa makanan yang kita makan baik atau tidak untuk diri kita.

Dan disini akan menjelaskan mengenai bagaimana kandungan gizi yang terdapat pada abon sapi.

Komposisi dalam daging sapi memang baik dan dianggap menjanjikan. Daging sapi sendiri termasuk ke dalam makanan dengan sumber protein yang baik bagi tubuh manusia.

Kandungan abon sapi, antara lain:

  • Protein 18 gram.
  • Karbohidrat 59,3 gram.
  • Lemak 10,6 gram.

Abon sapi juga mengandung mineral, berupa:

  • Kalsium sebanyak 150 miligram.
  • Fosfor 209 miligram.
  • Zat besi 12,3 miligram.

Kandungan-kandungan tersebut didapatkan didalam 100 gram abon sapi dengan energi sebesar 212 kalori.

Itulah beberapa resep cara membuat abon daging sapi dan kandungan protin yang terkandung dalam abon sapi yang kering dan sederhana kesehatan yang bisa kamu dapatkan apabila mengkonsumsinya secara tepat dan benar.

Konsumsi cara membuat abon daging sapi sangat disarankan sebagai bagian dari jadwal menu harian kamu. Jadi jangan sampai kamu melewatkan konsumsi dari abon daging sapi ini ya.Dan kamu bisa mencobanya sendiri dirumah dengans berbagai resep olahan abon daging sapi diatas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba