Cara Membuat Sistik Renyah Dan Gurih Yang Mudah Dibuat

Pada era sekarang ini banyak makanan makanan yang lezat dan enak, salah satunya makanan dari bawang. Bawang sendiri memiliki macam macam aneka resep makanan yang enak. Ketika anda ingin membuat makanan dari bawang anda bisa menggunakan mesin pengupas bawang untuk mengupasnya.

Bawang

Bawang merupakan istilah umum bagi sekelompok tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus Allium. Umbi, daun, atau bunga bawang dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah, tergantung bagaimana kita memandangnya.

Bawang merah merupakan salah satu bahan baku nabati yang sangat penting bagi masyarakat karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan nilai gizi yang tinggi.

Tanaman bawang merah konon berasal dari Asia Tengah, terutama di sekitar Palestina dan India. Namun, literatur juga memperkirakan bahwa tanaman bawang merah berasal dari Asia Tenggara dan Mediterania.

Berikut ini beberapa macam jenis bawang:

1. Bawang Putih

Khasiatnya akan lebih optimal jika Blovers mengkonsumsinya secara mentah dan fresh. Dibandingkan bawang lainnya, kandungan gizi bawang putih sangatlah tinggi. Beberapa manfaatnya di antara lain membantu menambah napsu makan, mencegah dan mengobati flu, penawar racun, mengobati gangguan pencernaan, dan menghambat kemerosotan otak.

2. Bawang Merah

Manfaat bawang ini yang paling terkenal adalah kemampuannya memerangi kanker. Selain itu, bawang merah bermanfaat sebagai sumber antioksidan ampuh untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, membantu mengatasi depresi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Bawang Bombay

Bawang yang sebenarnya berasal dari kawasan Asia Tengah ini disebut bawang bombay karena terkenal sering dibawa pedagang India dari kota Bombay. Manfaatnya yaitu mencegah diabetes, menjaga kesehatan gigi dan mulut, mengobati alergi, mencegah osteoporosis, serta digunakan sebagai obat tradisional untuk asma di Cina.

4. Daun Bawang

Bentuknya menyerupai batang, tetapi teksturnya sangat lunak. Manfaatnya untuk kesehatan yakni menjaga kekuatan tulang, anti bakteri serta anti peradangan, mengatasi sembelit, menyehatkan jantung, mencegah anemia.

5. Kucai

Memiliki daun yang panjang dan pipih, kucai memang kurang familiar, tetapi biasa dijadikan pelengkap maupun penyedap masakan. Sama seperti bawang lainnya, kucai juga memiliki manfaat kesehatan, diantaranya mengatasi masalah kulit, menurunkan berat badan, mengobati hipertensi, mencegah kerusakan rambut, maupun pengobatan sakit syaraf.

Cara Membuat Sistik

1. Bahan-bahan membuat sistik

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram tepung sagu
  • 100 ml santan
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • 2 batang daun bawang
  • 500 ml minyak sayur
  • 1/2 sdtbaking powder
  • garam secukupnya

2. Aduk tepung dengan baking powder

Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, tepung sagu, baking powder, dan garam. Campur semua bahan dengan whisk sampai tercampur rata. Sisihkan sejenak.

Kemudian kupas bawang merah dan putih dengan rapi. Masukkan ke dalam food processor dan haluskan hingga halus, lalu sisihkan dalam mangkuk.

3. Tuang santan ke dalam adonan

Tambahkan bawang merah dan bawang putih cincang halus ke dalam campuran tepung. Aduk dengan whisk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tambahkan telur dan tuangkan perlahan ke dalam santan. Segera uleni adonan hingga tepung larut dan menjadi adonan yang agak keras. Uleni dengan spatula agar lebih lembut.

4. Giling dan potong adonan

Saat adonan sistik sudah siap, giling adonan dengan rolling pin sampai tipis. Jika sudah, siapkan grinder yang biasa digunakan untuk menggiling pasta dan mie.

Kemudian giling adonan lagi dengan pasta mill. Lakukan pengamplasan 2-3 kali sampai halus. Berhenti ketika ketebalan yang diinginkan tercapai.

5. Goreng sistik di minyak panas

Potong adonan memanjang, lalu sisihkan. Kemudian panaskan minyak secukupnya dalam wajan dan tunggu sampai mendidih.

Goreng adonan sistik sampai berwarna cokelat keemasan dan berenang. Segera keluarkan dan kosongkan sistik sepenuhnya. Sistik renyah dapat dinikmati atau disimpan dalam toples.

Nah, Itulah cara membuat sistik renyah dan gurih yang sangat mudah di buat. Bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah untuk di temukan di pasaran. Anda bisa menggunakan bantuan mesin untuk membantu proses agar lebih cepat jadi.