Cara Mengetahui Tingkat Kematangan Steak dengan Jari

cara mengetahui tingkat kematangan steak

Kalian suka menikmati makanan steak daging dan penasaran ingin mencobanya di rumah, namun bingung menentukan tingkat kematangan steak yang sedang dibuat? Nah pas banget nih kalian membuka artikel ini karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengetahui tingkat kematangan steak yang pas. Yuk buat kalian yang penasaran langsung simak saja di bawah ini.

Steak merupakan salah satu makanan yang bergengsi dan favorit. Makanan ini memiliki rasa yang sangat enak dan khas, hanya saja kita sering sulit untung mengetahui tingkat kematanganya. Nah perlu kalian ketahui cara untuk menentukan makanan steak ini ada dua lhoh, yang pertama dengan diukur temperatur suhunya, dan yang kedua menggunakan jari.

Untuk artikel kali ini, biar kalian juga mudah untuk menentukan kematanganya, saya akan menjelaskan tentang cara menentukan kematangan steak dengan jari. Nah kenapa harus jari? karena perbedaan tekanan yang dapat dirasakan oleh jari itulah yang dapat menunjukkan kesesuaian tingkat kematangan steak yang kalian inginkan. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut saya jelaskan cara mengetahui tingkat kematangan steak yang benar menggunakan jari.

Cara Mengetahui Tingkat Kematangan Steak dengan Jari

steak 2

1. Raw

Tingkat raw merupakan tingkat kematangan steak yang paling rendah, nah pada tingkatan ini daging steak bisa dibilang masih mentah. Karena pada proses pemasakanya hanya sebentar hanya panas hanya mengenai bagian luar dagingya saja, kalian bisa membayangkanya sendiri. Pada tingkatan ini warna dagingnya masih terlihat sangat merah mentah, nah hal itulah yang dapat menjadi penanda bahwa dagingnya masih fresh dan suhunya dingin karena proses pemasakanya yang sangat sebentar.

Untuk mengetahui tingat kematangan raw ini bisa menggunakan jari kalian, Caranya dengan membuka telapak tangan sepenuhnya dalam ke adaan rileks. Kemudian tekanlah bagian bawah jari antara ibu jari dan telapak tangan bagian tengah. Nah selanjutnya tekanlah bagian itu, pastikan tangan dalam keadaan rileks, rasakan teksturnya dan bandingkan dengan steak yang kalian buat, kalau teksturnya sama jadi steak yang kamu buat merupakan tingkat kematangan raw.

2. Rare

Tingkat kematangan rare merupakan tingkat yang masih jarang disukai oleh sebagian masyarakat indonesia. Karena pada tingkatan ini daging yang dihasilkan masih terbilang mentah, namun beberapa masyarakat juga ada yang menyukai tingkat kematangan ini. Untuk tekstur warnanya, tingkat kematangan rare ini memunculkan warna abu abu kecoklatan pada bagian luar dagingnya dan masih terlihat warna merah mentah pada bagian dalam dagingnya.

Nah untuk mengetahui tingkat kematangan rare ini menggunakan jari kalian, caranya adalah sentuhkan ujug jari ibu kalian ke ujung jari telunjuk kalian. Kemudian tekanlah bagian bawah antara ibu jari dan telapak tangan kalian, bagian tengahnya akan sedikit membal. Nah begitulah cara untuk mengetahui tingkat kematangan ini, tekstur daging akan sama dengan tekstur tangan kalian.

3. Medium Rare

Tingkat Medium Rare merupakan steak dengan tingkat kematanganya setengah matang. Untuk proses pengolahanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar tiga sampai tiga setengah menit untuk setiap sisi dagingnya. Kalian bisa menentukan tingkat kematangan ini dengan melihat warnanya, namun tidak selalu akurat, yaitu pada bagian dagingnya yang telah berubah warna menjadi setengah merah muda kecoklatan di bagian dalamnya dan warna coklat di bagian daging luarnya.

Tingkat kematangan ini merupakan tingkat yang sangat digemari oleh para koki karena teksturnya yang melelh di dalam mulut. Untuk mengetahui tingkat kematangan ini kalian bisa cek dengan jari kalian, caranya dengan tekan secara perlahan ujung ibu jari dengan ujung jari tengah. Nah begitulah ciri tekstur daging dengan kematangan medium rare.

4. Medium

Tingkat kematangan medium merupakan tingkat kematangan yang  banyak sekali penggemarnya karena sudah matang dan masih memiliki sedikit juicy dari daging walaupun tidak banyak. Biasanya steak yang sering disajikan di beberapa tempat di negara kita dengan tingat kematangan medium ini.

Tingkat kematangan medium ini memberikan sedikit warna merah muda di tengah daging, namun hanya sedikit saja. Cara yang dapat kalian lakukan untuk mengetahui tingkatan ini dengan jari adalah dengan menekan secara perlahan bagian ujung ibu jari dengan ujung jari manis.

5. Well Done

Tingkat kematangan well done ini merupakan tingkat kematangan yang sangat pas jika dirasa oleh lidah masyarakat indonesia yang melokal ini. Waktu yang di butuhkan untuk proses pemasakan ini adalah kurang lebih sekitar enam sampai enam setengah menit pada setiap sisinya daging steaknya.

Untuk mengetahui tingkat kematang well done ini menggunakan jari kalian, caranya adalah dengen nenempelkan ujung ibu jari secara perlahan dengan ujung jari kelingking. Kemudian tekan bagian bawah ibu jari nah samakanlah tekstur daging steak kalian dengan jari kalian itu. Tekturnya akan lehih terasa keras jika dibandingkan dengan tingkat kematangan steak sebelum – sebelumnya.

Nah itulah Cara Untuk Mengetahui Tingkat Kematangan Steak dengan Jari, bagaimana cukup mudah bukan?

Buat kalian yang penasaran dengan beberapa resep untuk memasak daging sapi, bisa juga membaca artikel tersebut. Terima kasih sudah bersedia membaca artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat aamiin.