Keunggulan – Keunggulan Termometer Infrared

Termometer merupakan salah satu alat penting yang saat ini sangat dibutuhkan. Mengingat masih adanya pandemi, pengukuran suhu tubuh menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Termometer menjadi salah satu produk home care kesehatan yang wajib untuk anda sediakan di rumah. Termometer sendiri tersedia dalam berbagai bentuk, seperti termometer air raksa, termometer infrared, dan termometer digital. Saat ini, thermometer infrared paling banyak dipilih masyarakat untuk digunakan. Selain digunakan di rumah sakit atau rumah pribadi, termometer infrared juga sering digunakan untuk mengecek suhu para pengunjung mall, pegawai perusahaan di kantor, dan masih banyak yang lainnya. Hal ini tidak mengherankan, mengingat keunggulan – keunggulan yang ada pada termometer infrared. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai keunggulan – keunggulan tersebut. Simaklah penjelasannya berikut ini !

Keunggulan Termometer Infrared

termometer infrared

Berikut ini keunggulan – keunggulan termometer infrared :

  • Pengukuran dapat dilakukan dari jarak jauh

Keunggulan pertama yang ada pada termometer infrared adalah pengukuran suhu dapat dilakukan dalam jarak jauh. Jarak ini tentunya tidak boleh terlalu jauh juga. Menurut penelitian yang dilakukan, jarak terbaik untuk melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan termometer infrared adalah 34 cm. Apabila lebih jauh dari jarak tersebut, hasil yang diberikan dapat menjadi kurang akurat. Pengukuran suhu dari jarak jauh ini pun sangat membantu dalam pengukuran suhu ruangan pada lokasi kebakaran, suhu yang ada pada permukaan logam, mencari sumber api, dan masih banyak yang lainnya.

  • Hasil pengukuran dapat disimpan dalam memori

Keunggulan selanjutnya yang ada pada termometer infrared adalah hasil pengukuran yang dapat disimpan dalam memori. Hal ini sangat membantu, terutama saat anda perlu melakukan perbandingan suhu dari beberapa pengukuran. Dengan menggunakan termometer infrared ini, hasil pengukuran pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya dapat disimpan dalam memori. Anda juga dapat menghapusnya setiap saat. Beberapa contoh pengimplikasian penyimpanan hasil pengukuran suhu di memori diantaranya :

— Pengecekan suhu hasil perbaikan air conditioner

— Sampling test suhu pada produk elektronik yang baru dibuat

  • Dapat melakukan pengukuran pada benda yang bergerak

Penggunaan termometer infrared dalam spektrum yang lebih luas memungkinkan pendeteksian suhu pada suatu area tanpa khawatir pada pergerakan objek yang diukur. Beberapa peralatan yang dipadukan dengan sensor panas ini sering diaplikasikan pada peralatan militer atau di bandara. Pengukuran serentak pada satu area ini dikatakan jauh lebih praktis daripada harus melakukan pengukuran satu – persatu.

  • Ukurannya lebih kecil

Keunggulan lain yang ada pada termometer infrared adalah bentuknya yang kecil dan portable sehingga mudah untuk dibawa kemana – mana dan nyaman untuk digunakan. Selain memiliki ukuran yang kecil , termometer infrared ini juga memiliki berat yang ringan.

 

Itulah beberapa keunggulan yang ada pada termometer infrared. Semoga dengan adanya informasi ini anda dapat terbantu dan memperoleh ilmu baru. Sampai jumpa di kesempatan – kesempatan lainnya !