Manfaat Gula Aren Yang Tak Banyak Diketahui Pecinta Minuman Boba

Manfaat Gula Aren – Nama gula aren kini makin terkenal namanya gara-gara minuman boba (bubble). Ternyata, walaupun kalorinya yang cukup banyak ternyata ada manfaat gula aren lainnya yang enggak diketahui banyak orang.

Rasa gula aren atau gula merah berbeda dengan gula putih. Gula putih umumnya dibuat dari tebu cair yang mengkristal dan memiliki jumlah kalori yang besar. Sedangkan gula aren dibuat dari jus dan memiliki kalori yang lebih sedikit. Gula aren diperoleh dari aren (Arenga Pinnata Merr) dengan menyadap sarinya. Ada juga manfaat air gula pasir untuk maag lohh.

Secara umum, bunga jantan dengan kualitas lebih tinggi dan hasil lebih tinggi digunakan dalam pembuatan gula aren. Gula merah yang biasa disebut dengan gula jawa oleh masyarakat jawa memiliki sejuta khasiat bagi tubuh manusia. Apa manfaat gula merah ini? Yuk, simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Kandungan Gula Aren

Kandungan Gula Aren

 

Sebelum mengetahui manfaat gula aren, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungannya. Gula aren mengandung berbagai zat seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3 dan vitamin C. Ada juga serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan agar terhindar dari masalah pencernaan.

Kegunaan Gula Aren untuk Tubuh Manusia

1. Mengobati Sariawan

Manfaat gula aren yang pertama adalah dapat mengobati sariawan pada gusi atau bibir Anda. Konsumsilah gula aren atau dalam bentuk makanan lainnya. Tetapi tahukah kalian  manfaat gula pasir  yang lain yang sangat bagus bagi penyakit maag.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat nutrisi gula aren belum banyak diketahui. Gula aren ini tinggi kalium dan bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, gula aren juga dapat membantu menjaga kadar elektrolit dalam tubuh dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Makanya, gula aren bisa membantu membakar kalori dalam tubuh Anda, lho.

3. Meningkatkan Kualitas Sperma

Kemudian manfaat gula aren untuk pria yaitu gula aren dapat dicampur dengan bubuk amla untuk meningkatkan kualitas sperma. Gula merah dikenal dapat meningkatkan produksi sperma dan juga membantu mengurangi kelemahan tubuh yang terkait dengan masalah kencing pada pria.

4. Melawan Kanker

Kemudian manfaat gula aren bagi kesehatan berperan penting dalam melawan dan mencegah penyakit kanker. Ini karena kadar antioksidan pada gula merah cukup tinggi. Sambil membaca manfaat gula aren lebih enak lagi jika ditemani oleh arum manis yang dibuat sendiri menggunakan mesin arum manis.

5. Menjaga Kadar Kolesterol Normal

Tidak hanya bisa mencegah kanker, manfaat gula aren untuk kolesterol juga sangat baik. Gula aren dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal karena kandungan niasin atau vitamin B3 yang tinggi.

6. Dapat Mengobati Gejala Flu

Manfaat gula aren juga bermanfaat bagi anak cucu kita di rumah. Manfaat gula aren untuk anak bisa diberikan jika mereka menderita batuk. Pilek, bengkak, retensi air, dan gejala flu juga bisa diobati dengan mengonsumsi gula aren. Untuk melakukan ini, konsumsilah dengan mencampurkannya dalam air hangat.

7. Pereda Nyeri Saat Maag

Gula aren sama sekali berbeda dari gula lainnya. Gula aren bisa Anda manfaatkan untuk asam lambung jika mengalami sakit maag. Konsumsi gula aren sebagai solusi termudah. Salah satu elemen farmakologis yang membantu dalam hal ini adalah ribloflavin.

Kandungan tersebut dapat menggantikan sel-sel yang rusak pada sistem pencernaan, sehingga memungkinkan sel-sel yang rusak dikembalikan ke sel-sel baru yang tidak lagi bermasalah. Ada banyak manfaat gula aren juga. Meski begitu, jangan terlalu banyak mengonsumsi Boba agar Anda tidak menderita diabetes dan gangguan pencernaan!

Semoga informasi yang ada di atas bermanfaat bagi kalian semua.