E-Dazibao.com

Manfaat Porang Untuk Industri

manfaat porang untuk industri

Manfaat porang untuk industri – Nama porang mungkin sudah agak familiar karena beberapa tahun terakhir sering dibahas. Porang dikenal juga dengan nama iles-iles atau suweg dalam bahasa jawa merupakan tanaman jenis talas-talasan atau tanaman umbi yang bisa tumbuh di wilayah tropis dan sub tropis.

Di Indonesia, tanaman porang ini tumbuh secara liar di hutan, pekarangan yang tidak terawat, pinggir sungai maupun di daerah pegunungan karena masih jarang yang tau, sehingga tidak ada niat membudidayakan. Tetapi sekarang, mulai ramai petani yang membudidayakan pertumbuhan umbi porang di Indonesia ini.

Porang banyak mengandung glukomannan atau biasa disebut Konjac Glucomannan (KGM) yang berbentuk seperti tepung. Kandungan tepung ini bisa di buat menjadi berbagai macam hal dan bisa sebagai bahan pelengkap atau bahan tambahan soalnya belum bisa menggantikan 100% posisi tepung terigu.

Kandungan karbohidrat yang ada pada umbi porang bisa mencapai lebih dari 70%, dan menjadikan karbohidrat adalah komponen terpenting di dalam tanaman porang ini.

Selain mengandung karbohidrat, tanaman porang juga banyak akan manfaat untuk berbagai macam bidang mulai dari industri sampai kesehatan. Berikut ini adalah beberapa  manfaat dari tanaman porang.

1. Bahan Obat

Kandungan glucomanan yang ada pada tanaman porang ini ternyata bermanfaat untuk dunia kesehatan, yaitu berguna untuk bahan pembentuk kapsul pada obat-obatan. banyak kandungan lem alami yang ada pada tanaman porang lalu banyak digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

2. Lem Ramah Lingkungan

Lem yang digunakan kita sehari-hari kadang memiliki bau yang tidak sedap dan kurang rekat pada objek yang akan kita tempel. Umbi Porang bisa menjadi alternatif tepat yang bisa kita gunakan untuk lem yang ramah lingkungan.

Tanaman porang yang mengandung Konjac bisa menjadi lem yang sangat bagus. Selain bagus, lem yang dibuat juga ramah untuk lingkungan.

3. Bahan Campuran untuk Industri

Kandungan Konjac bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat kertas yang bagus dan tahan lama. Selain itu, porang juga bisa dibuat lem kertas, cat, kain katun dan wol, pengkilap kain, dengan materi yang lebih bagus dan ramah untuk lingkungan

4. Pengganti Agar-agar

Tanaman porang memiliki serat yang tidak berwarna yang bisa larut dengan mudah di dalam air, tidak punya bau, dan konsistensi yang menyerupai agar-agar atau jelly.

Dengan serat yang bisa diolah menjadi agar-agar atau jelly, tentunya makanan yang satu ini sangat sehat dan segar. Agar-agar Porang bisa menjadi makanan tepat untuk cemilan yang sehat.

5. Pembersih Air

Saat air di rumah kita kotor, zat Porang yang disebut Glukomanan dapat untuk memurnikan air dan keloid dari asam, gula, minyak, dan juga serat.

Kandungan ini bisa larut di dalam air dan bisa memurnikan air itu sendiri menjadi jernih. Kini kita tak perlu khawatir dengan air yang kotor lagi.

6. Isolator Listrik

Glukomannan dari tanaman porang dalam bentuk gel bisa menjadi pengganti gel silikon. Gel silikon ini bagus untuk mencegah arus listrik dan juga panas di rumah, menjadikan gel ini fungsi yang sama bagusnya.

Tetapi, kita perlu berhati-hati agar tidak berakhir dengan kesetrum oleh aliran listrik ya

7. Bahan Makanan Jepang

Kali ini ada penjelasan tentang manfaat tanaman porang di dalam kuliner. Di Jepang, tepung konjac sering dijadikan bahan campuran untuk membuat mie shirataki atau konnyaku.

8. Bahan Pengental Es Krim

Selain digunakan untuk bahan makanan di Jepang, ada juga manfaat Konjac lainnya di bidang kuliner. Kandungan Konjac juga bisa digunakan untuk pengganti sirup atau pengental dan perekat dalam campuran es krim agar tidak cepat cair.

9. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kandungan glukomannan pada tanaman porang umbinya bisa mengurangi kadar kolesterol di darah. Selain itu, serat yang ada pada porang juga dapat digunakan sebagai alternatif diet, baik untuk menurunkan berat badan atau untuk orang yang punya riwayat diabetes.

Tetapi perlu diketahui, bahwa penggunaan porang untuk mengatasi penyakit harus tetap dalam anjuran atau dikonsultasikan terlebih dulu ke dokter. Hal ini disebabkan ada efek samping yang bisa dirasakan jika badan kita tidak cocok dengan kandungan porang.

10. Membuat Bahan Waterproof

Jika dicampur dengan gliserin  atau natrium hidroksida, glukomanan bisa menjadi bahan aktif yang dapat menahan air. Jadi, glukomanan sangat bagus digunakan untuk cat waterproof yang bisa menahan rembes air dari derasnya hujan atau dinding yang cukup lembap.

Itu tadi beberapa manfaat porang untuk industri dan kesehatan untuk proses produksi atau pemanenan kita bisa menggunakan produk mesin perajang porang untuk membantu kita dalam pengerjaanya. Selamat mencoba!

/// Baca Selengkapnya \

 

Exit mobile version