Panduan membuat biji plastik secara mudah

bahan limbah plastik cukup sulit untuk diuraikan. Penggunaan plastik sebagai kemasan sangat besar, mulai dari sachet kecil sampo, minuman, kantong plastik, bungkus deterjen, dan banyak lagi untuk disebutkan satu persatu. Dan kita sering membuangnya, tanpa mengetahui nilai dari semua Ekonomi nya. Memang, limbah adalah masalah yang terpisah yang belum pernah dibahas, apalagi di tengah-tengah ‘pemanasan global’ tidak hanya rumor lagi. sampah non-organik menjadi salah satu tersangka utama pada dosa kekal yang tidak akan secara alami terurai oleh alam.

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah non-organik yang menguraikan meliput kegiatan pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan dan pengolahan material baru untuk proses produksi. Dengan daur ulang, sampah yang tidak berguna yang telah diubah menjadi produk baru yang berharga untuk sama atau produk baru yang memiliki fungsi yang berbeda.

Dalam arti sempit, kegiatan pemrosesan sampah menjadi produk baru dianggap lebih mahal daripada membuat produk baru. Tapi secara kompleks, tujuan dari kegiatan daur ulang memiliki lingkup yang luas, yaitu mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi degradasi lahan, dan mengurangi emisi polusi dan gas rumah kaca, daripada proses pembuatan barang baru . tabungan dan polusi energi yang cukup besar dapat diperoleh dari daur ulang kertas, logam, kaca, dan plastik.

 

Usaha pengolaan biji plastik skala besar

Secara garis besar, pabrik pengolah plastik akan memproses bijih plastik menjadi produk plastik baru dalam berbagai bentuk melalui beberapa proses :

  • Bijih plastik dicuci dengan cairan kimia atau cairan panas,
  • Dipanaskan sampai cair,┬ádiberi pewarna (sesuai permintaan)
  • Dicetak menyerupai lidi panjang.
  • Dipotong kecil-kecil sesuai permintaan.

 

Polimer lelehan biasanya ditambahkan untuk lem, fleksibel plastik, yang tidak mudah pecah atau pecah ketika dibuat ulang nantinya .

potongan plastik yang telah dicelup dimasukkan ke dalam mesin cetak (cetak mesin) untuk dilebur dan dibentuk seperti yang diinginkan. Misalnya, ember, sendok, kantong plastik, jerigen, dan lain-lain. Sekarang, produk ini kemudian kita temukan di pasar.

 

Usaha pengolahan biji plastik sederhana

Jenis plastik seperti apa sih yang cocok untuk di daur ulang dengan menggunakan mesin pencacah plastik ? .

 

Seperti yang Anda tahu, ada berbagai jenis plastik di dunia. Jenis plastik diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok kode. kemasan plastik untuk produk makanan, ada kelompok-kelompok tujuh dengan nomor kode 1 sampai 7, diikuti oleh singkatan nama bahan. Nomor ini biasanya ditulis di tengah-tengah segitiga (simbol daur ulang).

 

Jenis plastik yang bisa dicacah dengan mesin adalah jenis plastik yang karakter cenderung keras dan tebal (tidak tipis seperti kantong plastik atau kantong plastik). Contohnya adalah botol minuman, kursi plastik dan sebagainya. Biasanya kode PET (Poly Ethylene Theraphalate), HDPE (High Density Polyethylene), PVC (Poly Vinyl Chloride), PP (Poly Propylene), dan PS (Poly Styrene). PET umumnya digunakan dalam minuman botol atau bahan konsumsi cairan lainnya, HDPE pada botol deterjen, pipa PVC dan furniture, sedangkan PP di tutup botol minuman, sedotan dan beberapa jenis mainan. Dan PS sering digunakan untuk makan kotak pembuat, kotak pengepakan daging, cangkir, dan peralatan dapur lainnya.