E-Dazibao.com

Perlengkapan Usaha Jualan Bakso yang Wajib Kamu Persiapkan!

Bakso. Bakso menjadi salah satu usaha yang banyak digandrungi oleh semua kalangan. Menjalankan usaha bakso terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan dengan modal yang sedikit. Usaha ini dinilai pas karena cakupan pasarnya luas. Jika kamu ingin memulai usaha ini, ada perlengkapan usaha jualan bakso yang wajib kamu persiapkan. Jangan sampai ketika kamu membuka usaha jualan bakso ini, kamu tidak memiliki perlengkapan yang dibutuhkan. Memangnya apa aja sih perlengkapan usaha ini? Yuk cari tahu jawaban tentang perlengkapannya, dengan membaca penjelasan di bawah ini

Tips Jualan Bakso

Jualan bakso bisa dibilang gampang-gampang sulit. Kamu harus bisa mencari tahu apa saja hal yang harus diperhatikan supaya bisnismu berjalan lancar. Kamu harus mempelajari apa saja kelebihan yang perlu ditonjolkan supaya warung baksomu ramai pembeli.

Ada beberapa cara yang bisa kamu perhatikan, berikut ini tips jualan bakso yang bisa kamu ikuti supaya bisnismu lancar, antara lain :

Itu tadi beberapa tips jualan bakso yang bisa kamu gunakan.

Perlengkapan Usaha Jualan Bakso

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, ketika memulai suatu usaha ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya perlengkapan usaha. Perlengkapan usaha sangat penting, karena peralatan inilah yang membantu kamu dalam proses produksi dan jualan bakso nantinya.

Apa saja perlengkapan yang dibutuhkan ini? Ini dia perlengkapan usaha jualan bakso yag perlu kamu siapkan, antara lain :

1. Gerobak

Pedagang bakso di Indonesia tidak pernah lepas dari keberadaan gerobak  bakso yang fungsinya untuk memasak bakso itu sendiri.

Alangkah baiknya jika kamu membeli gerobak bakso yang berbahan kokoh. Hal ini bertujuan supaya gerobak baksomu bisa tahan lama atau awet. Jangan lupa untuk mengecat gerobak, supaya gerobak tetap terlihat bersih.

2. Dandang Perebus

Dandang perebus di sebuah gerobak bakso akan menghasilkan semangkuk bakso yang akan disajikan untuk Pelanggan.

Nantinya, dandang ini bisa digunakan untuk memanaskan siomay maupun bakso, tentukan sendiri ukuran dandang, seperti apa sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

3. Gas dan Kompor

Gas dan kompor adalah salah satu perlengkapan dasar yang harus dimiliki penjual bakso. Perlengkapan berupa gas dan seperangkat kompor ini nantinya akan berfungsi sebagai pemanas.

4. Sendok Kuah

Sendok kuah adalah perlengkapan kecil yang tidak boleh terlupakan, hal ini karena sendok kuah nantinya berfungsi untuk mengambil kuah dari dandang. Secara umum, semangkuk bakso pasti disajikan menggunakan kuah dan tambahan lainnya, jadi pastikan jika kamu membeli sendok kuah yang panjang dan anti panas.

5. Tempat Bumbu

Dalam proses penyajiannya, bakso tidak mungkin disajikan polos tanpa adanya tambahan bumbu apapun di dalamnya.

Oleh sebab itu, kamu wajib untuk membeli tempat bumbu yang bergungsi untuk meletakkan bumbu seperti garam, bawang goreng, ataupun penyedap rasa. Jangan lupakan untuk memberi ruang khusus yang fungsinya untuk meletakkan saus, kecap, dan sambal.

6. Talenan, Pisau, dan Gunting

Alat-alat ini berfungsi untuk memotong bakso ataupun tetelan menjadi ukuran yang lebih kecil lagi. Karena itu pedagang harus lebih dahulu menyiapkan gunting, talenan, dan juga pisau supaya nantinya tidak kebingungan jika sedang dibutuhkan. Barang-barang ini merupakan item wajib yang bisa memudahkan kamu.

7. Meja dan Kursi

Jika pelanggan ingin menikmati baksonya di tempat, seorang penjual bakso harus memiliki meja dan kursi.

Penjual bakso keliling cukup menyiapkan kursi plastik saja, namun jika kamu membuka outlet khusus atau warung, siapkan juga mejanya.

8. Serbet

Serbet adalah hal remeh yang keberadaanya menjadi pusat perhatian pelanggan. Serbet akan dilihat sebagai representasi dari kebersihan sebuah warung bakso, jadi tetap jagalah kebersihan warungmu.

9. Lampu

Seorang pedagang bakso akan sangat memerlukan penerangan supaya gerobak baksonya dapat terlihat oleh orang-orang yang melintas.

10. Peralatan Makan dan Saji

Perlengkapan terakhir yang perlu kamu siapkan untuk berjualan bakso yaitu perlengkapan makan seperti garpu, sendok, serta peralatan penyajian.

Peralatan penyajian ini salah satunya adalah mangkok dan juga nampan, keberadaan nampan memang sangat sentral untuk menyajikan semangkuk bakso.

Mesin Pembuat Bakso

Mesin pembuat bakso ini bisa membantu kamu dalam proses pembuatan bakso sebelum dijual ke pelanggan. Jika biasanya kamu membentuk bakso secara manual, mesin ini bisa membantu supaya kamu lebih menghemat waktu. Bukan hanya itu, alat ini membantu kamu mulai dari proses penggilingan sssampai pencetakan. Mesin pembuat bakso ini terdiri dari Mesin Giling Daging, Mesin Mixer Bakso dan yang terakhir Mesin Pencetak Bakso.

Itu tadi penjelasan mengenai perlengkapan usaha jualan bakso yang wajib kamu persiapkan sebelum memulai berjualan. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version