Yuk Intip Resep Sambal Bawang Siram Minyak Panas

Ada beberapa artikel yang membahas resep sambal bawang siram minyak panas,tapi di sini kita akan membahasnya secara lebih detail lagi. Karena sambal memang banyak sekali yang menyukainya dan memasng sangat pasuntuk difavoritkan.

Sebelumnya kita pernah membahas resep minyak bawang. sekarang kita akan membahas bagaimana sambal bawang yang disira menggunakan minyak panas. Simak artikel berikut ini !

Sambal

Sambal

Sambal adalah salah satu suplemen makanan paling populer di Indonesia. Bagi kebanyakan orang Indonesia, makanan akan terasa lebih enak jika ada sambal. Sebagaimana diketahui, Indonesia terdiri dari gugusan pulau.

Hal ini jelas memberikan keunggulan tersendiri bagi Indonesia, salah satunya kekayaan alam, rempah-rempah, dan bahan baku kulinernya yang unik.Setiap daerah akan memiliki tipe kiliner yang berbeda.

Meski terkadang ada beberapa makanan yang terbilang sama, namun rasanya tetap memiliki ciri khas tersendiri. Sambal adalah salah satu contohnya. Hampir setiap daerah memiliki sambal, tetapi setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing.

Buat kamu yang doyan makan sambal coba beberapa jenis sambal khas indonesia berikut ini, dijamin nafsu makanmu bakal bertambah dan bikin ketagihan.

Nah untuk bisa mencicipi setiap sambal yang ada di nusantara, tidak perlu repot-repot berkunjung ke daerah tersebut jika tidak sempat, bisa membuatnya sendiri.

Manfaat Sambal untuk Kesehatan

1. Kaya Vitamin A dan Vitamin C.

Ada ribuan jenis cabai di dunia. Meski berbeda jenis, namun umumnya cabai memiliki kandungan gizinya yang mirip, contohnya cabai hijau. Sekitar 115 gram cabai hijau rendah kalori, gula, karbohidrat, dan lemak.

Menariknya, cabai hijau tidak mengandung kolesterol, sehingga aman untuk kadar lemak darah kita. Selain itu, kombinasi cabai dan tomat dalam sambal memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A.

Kedua jenis vitamin tersebut tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga kita sama-sama harus menelannya melalui makanan. Salah satunya sambal. Banyak sekali manfaat sambal yang kita dapatkan dari segi kandungan vitamin C di dalamnya.

Vitamin C yang ada pada sambal dapat membantu meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan memaksimalkan penyerapan zat besi.

Tidak berhenti sampai disitu saja, vitamin C ini merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal yang bebas masuk ke dalam tubuh. Vitamin C dari makanan juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, gigi dan tulang.

Buah merah seperti tomat dan cabai merah juga mengandung karotenoid atau vitamin A yang baik untuk tubuh. Vitamin A memiliki sifat anti inflamasi dan anti penuaan yang dapat menjaga DNA tetap sehat.

2. Meredakan Nyeri

Anda mungkin tidak menyangka bahwa salah satu manfaat sambal bisa membantu meringankan rasa sakit pada tubuh. Keunggulan sambal ini adalah karena kandungan capsaicin pada cabai. Capsaicin adalah senyawa kimia aktif dalam cabai yang memberikan rasa pedas dan beraroma.

Namun malahan capsaicin yang ada pada cabai juga memiliki sifat analgesik yang dapat membantu dalam meredakan nyeri pada tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Keunggulan sambal yang tak kalah mengagumkannya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Ini dikonfirmasi oleh sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 oleh para peneliti di UCLA Center for Human Nutrition di Los Angeles.

Setelah itu, beberapa partisipan secara acak diberikan suplemen yang mengandung senyawa capsaicin yang disebut dihydrocapsiate (DCT), sementara yang lain hanya diberi pil plasebo.

Para ahli menemukan bahwa kandungan DCT dalam suplemen tersebut ternyata dapat meningkatkan proses oksidasi lemak dalam tubuh hingga dua kali lipat.

Semakin cepat proses oksidasi lemak, semakin banyak lemak yang dibakar tubuh. Maka tak heran jika hal ini membuat peserta lebih cepat menurunkan berat badan.

Selain itu, makanan pedas bisa menahan nafsu makan agar tidak makan berlebihan. Anda akan lebih mudah menghindari makanan berlemak, asin, atau manis sehingga berat badan Anda bisa lebih mudah dikontrol.

4. Mencegah Kanker

Kandungan capsaicin pada sambal memiliki efek positif untuk pertahanan tubuh melawan sel kanker. Meski prosesnya belum jelas, para ahli yakin bahwa capsaicin dapat meningkatkan apoptosis. Ini adalah proses di mana sel-sel dibunuh yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, termasuk sel kanker.

Selain itu, kandungan antioksidan pada cabai tidak hanya menangkal radikal bebas, tetapi juga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Namun, para ahli masih membutuhkan lebih banyak penelitian dan analisis untuk membuktikannya.

Resep Sambal Bawang Siram Minyak Panas

Bahan-bahan :

  • 10 buah cabai rawit
  • 1 siung bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • Minyak
  • Garam
  • Gula

Cara Membuat Resep Sambal Bawang Siram Minyak Panas :

  1. Cuci semua bahan sampai bersih
  2. Goreng bawang putih hingga kecokelatan
  3. Haluskan tumis cabai rawit dan bawang putih
  4. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya, koreksi rasa
  5. Panaskan minyak, bila sudah cukup panas, tuangkan di atas sambal
  6. Sambal siap disajikan