10 Alat Musik Jawa tengah yang Terkenal, Apa sajakah?

Jawa tengah populer dengan seni dan budaya tradisionil yang lestari sampai sekarang ini. Salah satunya yang bisa dicicipi ialah alat musiknya yang terkenal karena mempunyai irama yang cantik.

Gambang sebagai alat musik tradisionil asal Jawa tengah dimainkan dengan dipukul. Umumnya terbagi dalam 18 bilah bambu dengan alat pemukul khusus.

10 Alat Musik Jawa tengah yang Terkenal, Apa sajakah?

Peranan dari gambang dalam menemani lagu sebagai pangrengga lagu. Dalam kesenian gambang kromong umumnya memakai gambang.

Diambil dari situs sah Sekolah Tinggi Tehnologi Bandung, nama “siter” datang dari Bahasa Belanda “citer”, yang berbicara dengan Bahasa Inggris “zither”.

Siter sebagai seperangkatan alat musik yang terhitung dalam gamelan jawa, baik yang berada di Jawa tengah atau di Jawa Barat.

Biasanya siter memiliki panjang sekitaran 30 cm dan diisi dalam sebuah kotak saat dimainkan.

Langkah memainkan ialah senar siter dimainkan dengan ibu jemari, dan jemari lain dipakai untuk meredam getaran saat senar lain diambil.

Jemari ke-2 tangan dipakai untuk meredam, dengan jemari tangan kanan ada di bawah senar dan jemari tangan kiri ada di atas senar.

Tidak cuman siter, bonang sebagai alat musik yang umum diketemukan dalam seperangkatan gamelan Jawa tengah.

Bonang dibuat dari logam-logam seperti besi, perunggu, atau kuningan yang mempunyai wujud mencolok di bagian atas yang umum disebutkan ‘pencu atau pencon’.

Langkah memainkan ialah dengan ditabuh atau dipukul sisi atasnya dengan alat pemukul khusus yang disebutkan bindhi.

Sama seperti dengan siter dan bonang, alat musik kendang atau yang diartikan dengan gendang sebagai instrument tradisionil dalam gamelan dari Jawa tengah.

Kendang berperan untuk atur irama atau tempo lagu. Instrument ini sendiri dibuat dari kulit kerbau, tali rotan kayu nangka, kayu pohon cempedak atau kayu pohon kelapa.

Langkah memainkan dengan ditepak memakai telapak tangan.

Saron sebagai alat musik gamelan yang masuk ke kelompok ‘balungan’. Sedikit yang mengetahui alat musik ini tetapi saat dengar nama dan gambar alat musik Jawa tengah dengan panggilan ‘rindik’ kemungkinan dapat terpikir seperti apakah ternyata.

Gender ialah musik Jawa tengah berbentuk bilah besi yang ditegakkan dengan tali di atas bumbung-bumbung resonator.

Gender dimainkan dengan memakai alat tabuh berupa bundar yang dilingkari susunan kain dengan gagang pendek. Seperti Bonang.

Alat musik Jawa tengah ini sebagai satu set instrument tipe gong yang tidak digantung tetapi berposisi horizontal.

Kenong mempunyai status penting sesudah gong dalam soal memberikan batas susunan satu gending. Sama dengan bonang, kenong ditempatkan pada tali yang ditegangkan pada frame kayu.

Bicara gamelan Jawa tengah akan komplet bila ada alat musik Gong. Dalam gamelan gong bertindak selaku peranan khusus agar diwujudkannya gabungan alat musik yang memiliki irama.

Alat musik tradisionil Jawa tengah ini dibuat dari tembaga dan timah dan langkah memainkan ialah dengan dipukul.

Kemungkinan sebagian orang belum akrab dengan alat musik tradisionil asal Jawa tengah satu ini. Walau sebenarnya alat musik ini terhitung salah satunya instrument dari gamelan.

Alat musik ini terdiri dari lembar logam tipis yang diuntai menggunakan tali dan direntangkan di atas tabung.

Langkah memainkan ialah dengan dipukul dan menghasilkan dengungan rendah yang ikuti suara saron, balungan, dan ricik.

Walau dapat diketemukan di wilayah lain, tetapi alat musik Jawa tengah satu ini sebagai alat musik yang terkenal oleh beberapa kelompok.

Suling sebagai alat musik tiup dengan tutup lubang atau suara yang dapat hasilkan bunyi yang halus.

Suling tradisionil umumnya dibuat dari bambu, dan bahan logam atau tembaga untuk membikin suling kekinian.

Itu 10 alat musik Jawa tengah yang terkenal sampai sekarang ini. Saat ini detikers jadi semakin tahu kan?

 

baca juga tips memilih senar gitar
kunjungi juga Chord Indonesia