Ronaldo v Messi, Klopp v Guardiola: Siapa pemain dan manajer berpenghasilan tertinggi?

Begitulah kesulitan finansial yang melanda klub Catalan sehingga kemungkinan kepergian pemain Argentina itu musim panas ini akan menjadi beban besar bagi pembukuan mereka.

Gaji pemain sekali lagi menjadi pembicaraan besar setelah majalah berita bola Prancis L’Equipe menerbitkan gaji terbesar di sepakbola dunia dalam edisi terbaru mereka.

Tidak mengherankan melihat Messi di atas pohon karena penyerang itu menghasilkan € 126 juta yang mengejutkan setahun sebelum pajak.

Memang, dia juga termasuk dalam lima penerima teratas dalam permainan oleh rekan setimnya Antoine Griezmann, yang menghasilkan € 34,8 juta setahun sebelum pajak. Mari kita lihat lima teratas:

Lima pemain berpenghasilan tertinggi
= 4. Luis Suarez (Atleti) – € 34,8 juta

= 4. Antoine Griezmann (Barcelona) – € 34,8 juta

3. Neymar (PSG) – € 36,7 juta

2. Cristiano Ronaldo (Juventus) – € 54,36 juta

1. Lionel Messi (Barcelona) – € 126 juta

5. Zinedine Zidane (Real Madrid) – € 16,8 juta

= 3. Jürgen Klopp (Liverpool) – € 17 juta

= 3. José Mourinho (Tottenham) – € 17 juta

2. Pep Guardiola (Man City) – € 22,6 juta

1. Diego Simeone (Atletico Madrid) – € 43,2 juta

Hal yang sama dapat dikatakan tentang Pep Guardiola di urutan kedua dan, sementara dia berjuang sekarang, Jurgen Klopp telah melakukan lebih dari cukup dengan memenangkan Liga Champions dan Liga Premier untuk mendapatkan € 17 juta setahun.

Semakin sedikit berbicara tentang Jose Mourinho yang mendapatkan jumlah yang sama di Tottenham, semakin baik.

Menarik bahwa PSG, yang bisa dibilang pembangkit tenaga keuangan terbesar di Eropa, tidak menampilkan manajer puncak – menurut berbagai laporan, Mauricio Pochettino hanya berpenghasilan sekitar € 7 juta setahun.

Di sisi lain, mereka memiliki Neymar sebagai entri dalam lima pemain berpenghasilan tertinggi.

Gaji pemain dan manajer akan terus diteliti dengan begitu banyak klub yang berjuang secara ekonomi karena situasi dunia yang sedang berlangsung.