Yuk Intip Cara Bikin Bumbu Sup Ayam Enak dengan Cara Mudah

Banyak orang yang sudah membahas . Sekarang kita juga akan membahasnya. Tetapi secara lebih detail lagi. Karena memang sayur sop ini banyak difavoritkan dari kalangan anak-anak hingga usia dewasa. Rasanyapun mengundang nafsu makan kita lebih tinggi.

Sebelumnya kita pernah membahas cara bikin sayur sop. Sekarang kita akan bahas cara buat bumbunya. Simak penjelasan berikut !

Sayur Sop

Sayur sop

Sayur sup merupakan salah satu jenis masakan yang sangat kaya akan sayuran. Kaya akan rasa, warna,dan juga tentunya kaya nutrisi. Sangat tepat untuk disajikan sebagai salah satu hidangan istimewa di hari-hari istimewa.

Ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Dengan bumbu dan bahan sederhana yang tersedia di pasar tradisional dan supermarket terdekat, tidak ada alasan untuk tidak mencoba membuat resep sup sayur untuk keluarga Anda.

Soto sayur tidak hanya kaya akan berbagai jenis sayuran, tapi juga lebih sehat untuk disantap karena resepnya tidak mengandung santan. Dengan kuah yang bening, sayur sop sangat segar disantap setelah seharian beraktivitas.

Jika tidak ingin memakannya dengan nasi putih, Anda bisa menambahkan kentang dan makaroni ke dalam resep untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda. Dengan jumlah kentang dan makaroni, sup buatan Anda bisa menjadi lauk yang nyaman.

Namun jika ingin memakannya dengan nasi, kentang, dan makaroni tidak perlu ditambah jumlahnya. Jika Anda tidak suka ayam goreng, Anda bisa menggunakan ayam kampung atau bahkan daging sapi sebagai kaldu.

Manfaat Makan Sayur Sop untuk Kesehatan

1. Memulihkan Cairan Tubuh yang Hilang

Sup memiliki 70-80% kandungan dasar utama air, sehingga saat Anda mengonsumsi sup, asupan dan kebutuhan cairan tubuh Anda dapat terpenuhi. Jadi sup sangat cocok dikonsumsi pada siang hari.

Karena dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas dan sekaligus memiliki efek menyegarkan.

2. Memiliki Kandungan Gizi dan Nutrisi yang Tinggi

Dalam semangkuk soto biasanya terdapat berbagai jenis sayuran seperti wortel, kentang, kacang-kacangan, daun seledri, daun bawang, kacang merah dan sebagainya. Selain sayur mayur, ada juga potongan daging sapi atau ayam. Semua bahan ini sangat tinggi nutrisi dan nutrisinya.

Oleh karena itu, sup juga dikenal dengan istilah one plate meal, karena penyajian sup setara dengan menyajikan makanan berat untuk suatu santapan.

3. Rendah Lemak Tapi Mengenyangkan

Sup umumnya menggunakan banyak bahan nabati dan dimasak melalui pemasakan. Meski minyak digunakan di dalamnya, itu hanya digunakan untuk bumbu goreng. Ini membuat sup menjadi masakan rendah lemak, namun mengenyangkan.

Sup merupakan kuliner yang populer disantap saat menjalani diet karena serat dan air yang dikandungnya membuat perut kenyang lebih lama. Sup juga tidak akan membuat Anda menimbun kalori berlebih.

4. Kandungan Nutrisinya Tidak Mudah Hilang

Kandungan nutrisi sup tetap terjaga sepenuhnya saat Anda memakannya. Hal ini karena Anda tidak menyia-nyiakan air rebusan yang digunakan untuk memasak sayuran dan daging yang merupakan sumber nutrisi dan protein dalam sup.

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali membuang air rebusan dari sayuran dan juga daging karena mengandung banyak nutrisinya. Kaldu yang bergizi ini sangat bermanfaat jika disantap dengan bahan pengisi soto lainnya.

5. Mengencangkan Sistem Pencernaan

Sup memiliki kandungan serat yang tinggi pada sayuran yang dikandungnya, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Makan sup dengan porsi seimbang secara teratur akan memenuhi kebutuhan serat Anda dengan baik.

Porsi seimbang adalah porsi sayuran dan daging yang setara. Jangan biarkan isian sup Anda memiliki lebih banyak daging daripada sayuran.

6. Mudah Dicerna Saat Sedang Sakit

Sup tidak hanya sangat cocok untuk diet, tapi juga identik dengan kuliner lezat yang disantap saat sakit. Alasan utamanya adalah sup sangat mudah dicerna.

Isi kuah memiliki tekstur yang cukup lembut dan kuah kuah dapat membantu Anda menelan makanan lebih cepat. Kalau sudah capek makan bubur saat sakit, bisa makan sup.

7. Mengatasi Penyakit Tertentu

Jika disajikan hangat, sup tersebut dapat meredakan atau meredakan penyakit tertentu seperti flu, demam, dan batuk. Saat sedang sakit, bahan dasar soto yang terdiri dari berbagai jenis sayur dan daging, juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Sehingga Anda dapat cepat sembuh dari penyakit. Sup juga bisa membantu daya tahan tubuh Anda agar tidak mudah terserang penyakit. Nah itulah tujuh manfaat makan sup bagi kesehatan tubuh Anda.

Sekarang Anda tahu bahwa sup tidak hanya berisi, sup memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh Anda. Tempat makan sop saat ini banyak sekali. Sop daging sapi atau ayam, sop iga merupakan kuliner yang selalu memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner.

Bumbu Sup Ayam

1.Resep Bumbu Sup Daging Ayam

Bahan-bahan :

  • 3 batang daun bawang
  • 2 buah tomat
  • 400 gram ayam, cuci bersih, tiriskan
  • 2 kentang
  • 8 kacang hijau
  • 2 buah wortel
  • 3 lembar daun kubis
  • 3 batang seledri
  • 2 cm jahe cincang
  • Bumbu halus
  • 4 siung bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 4 batang daun bawang
  • Air yang cukup
  • Merica digiling secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan
  • Penyedap rasa

Cara Membuat Bumbu Sop Daging Ayam :

  1. Siapkan bahan dan potong sesuai selera
  2. Panaskan air hingga mendidih, masukkan ayam ke dalamnya, tunggu 3 menit, angkat ayam, angkat air, sisihkan.
  3. Rebus air kembali mendidih, masukkan ayam ke dalamnya, tunggu hingga mendidih kembali, tambahkan 2 batang daun bawang, 2 batang seledri dan 2 cm jahe geprek.
  4. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga matang, lalu masukkan kentang, kacang hijau, wortel ke dalam rebusan ayam secara berturut-turut.
  5. Tambahkan merica bubuk, garam, penyedap rasa, uji rasa, tambahkan irisan tomat, irisan kol, angkat
  6. Sajikan sup ayam, taburi irisan seledri dan bawang goreng

Demikian merupakan artikel cara bikin bumbu sup ayam. Semoga bisa menambahkan ilmu dan bermanfaat untuk kalian.