3 Cara Membuat Minyak Kelapa Berkualitas Dan Mudah Di Buat

Banyak yang menginginkan minyak kelapa murni yang bersih dan sehat saat dikonsumsi. Namun dipasaran banyak juga kecurangan yang dilakukan oleh penjual. solusinya kita membuat sendiri. Cara buat minyak kelapa berkualitas yang Baik cukuplah mudah. Kita juga bisa lebih mendapatkan manfaat dari minyak kelapa.

Minyak Kelapa

cara membuat minyak kelapa berkualitas

Minyak Kelapa adalah minyak yang dibuat dari bahan dasar buah kelapa segar. Di buat dengan mengambil Minyak yang terkandung dalam Buah Kelapa. Menggunakan metode pendinginan maupun pemanasan.

Minyak kelapa memiliki manfaat besar untuk kesehatan. Berasal dari buah pohon kelapa. Jenis minyak ini mengandung asam lemak jenuh yang tinggi berjenis medium chain triglycerides (MCT). Karena itu lemak ini tetap aman karena langsung diproses oleh hati menjadi energi.

Banyak manfaat minyak kelapa. Di antaranya menurunkan kolesterol jahat (LDL), baik untuk pasien diabetes, atau untuk kecantikan kulit. Namun, jangan berlebihan menggunakannya dan jika sedang mengonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Cara membuat minyak kelapa murni sendiri tidak susah. Meski begitu, proses pembuatan minyak kelapa berbeda-beda. Ada berbagai cara membuat minyak kelapa sendiri. Ada juga yang membuatnya mengguakan mesin pembuat minyak kelapa.

Beberapa Metode Cara Buat Minyak Kelapa Berkualitas

Berikut ini ada beberapa cara buat minyak kelapa berkualitas, metodenya sebagai berikut:

1. Fermentasi

Metode fermentasi bisa dipilih dalam cara membuat minyak kelapa sendiri. Namun, cara ini kurang pas dilakukan untuk membuat minyak kelapa dalam jumlah banyak. Lakukanlah kalau ingin membuatnya dalam jumlah sedikit.

Adapun cara membuat minyak kelapa sendiri dengan metode fermentasi adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan dengan memilih kelapa yang berkualitas baik, matang, segar.
  2. Kupas kelapa lalu ambil dagingnya dan bersihkan sampai bersih.
  3. Parut dan campurlah dengan air matang, lalu peras parutan tersebut.
  4. Tuangkan air perasan kelapa parut tersebut ke botol atau wadah.
  5. Diamkan dan simpan selama 24 jam di ruangan bersuhu 32 derajat celcius. Proses ini akan membuat minyak dan air terpisah.
  6. Ketika air sudah terpisah dengan minyak, segera saring. Nanti hanya tersisa minyak kelapa berwarna putih pucat.

2. Pemanasan

Proses ini membutuhkan waktu yang lebih singkat dibanding dengan fermentasi. Oleh karena itu, metode ini bisa dipakai untuk produksi yang jumlah besar.

Berikut ini cara membuat minyak kelapa sendiri dengan metode pemanasan:

  1. Siapkan buah kelapa lalu dikupas. Ambil dagingnya.
  2. Parutlah daging kelapa dengan parutan.
  3. Hasil parutan lalu di campur dengan air matang. Sesudahnya peras dan saring hingga menghasilkan santan.
  4. Tuang air santan tersebut ke penggorengan. goreng dengan api kecil.
  5. Aduk santan perlahan secara terus menerus. Proses ini akan membuat santan menguap dan menyisakan minyak dan ampasnya.
  6. Ambil botol dan wadah, lalu tuangkan minyak yang sudah jadi di sana.

3. Penyaringan

Masih ada cara membuat minyak kelapa sendiri yang lain.  Cara ini tidak begitu susah, namun membutuhkan waktu yang lumayan lama, yakni 24 jam.

Beginilah cara membuat minyak kelapa sendiri dengan proses penyaringan:

  1. Ambil kelapa yang sudah tua lalu kupas. Potong dagingnya kecil-kecil.
  2. Haluskan dengan blender dan tambahkan air matang seperlunya.
  3. Saringlah hasil blender hingga menhasilkan santan.
  4. Tambahkan air jika di perlukan. Lakukan berulang-ulang agar santanya banyak.
  5. Masukan santan kedalam wadah toples.
  6. Masukan kedalam toples dan diamkan selama 24 jam supaya santan dan minyak kelapa terpisah.
  7. Di sarankan menyimpanya di lemari pendingin atau di ruangan tertutup agar dadih cepat terbentuk.
  8. Buang dadih tersebut dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal dalam toples atau wadah.

Manfaat Dari Minyak Kelapa

1. Mempertajam Fungsi Dari Kognitif Otak

Manfaat minyak kelapa yang sangat bermanfaat adalah memiliki kandungan asam lemak rantai sedang. Asam Lemak Rantai Sedang bukan hanya mudah diserap oleh hati dibandingkan dengan jenis asam lemak yang lainnya. Tetapi juga dimetabolisme lebih cepat.

Asam lemak ini juga dapat diolah lebih lanjut menjadi makanan keton/gugus fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Di dampingi dengan cara pola diet yang rendah karbohidrat. asupan keton/gugus fungsi dapat menyediakan sampai 70% dari energi yang dibutuhkan oleh otak kita.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa murni, sudah terbukti dapat meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan dengan asam-asam lemak lainnya.

Tubuh manusia dapat dengan mudah mengubah lemak menjadi energi. Keton/gugus fungsi, yaitu sebagai salah satu bentuk energi yang dihasilkan dari metabolisme lemak, diketahui memiliki efek mengurangi nafsu pada makan.

3. Melancarkan Saluran Pencernaan

Minyak kelapa murni ini bisa membuat manusia memiliki sistem percenaan yang lebih baik untuk membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis-jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak , seperti magnesium dan kaksium.

Sebagian studi telah menguji bahwa MCT dalam kandungan Minyak kelapa murni benar-benar bisa mempromisikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya, Bisa dengan cara meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme tubuh kita.

Begitulah cara buat minyak kelapa berkualitas yang mudah di buat. Banyak juga manfaat yang di dapat. Cara buat minyak kelapa berkualitas ini sangat mudah untuk di praktekan di rumah. Anda sekarang juga bisa membelinya di supermarket terdekat atau toko kelontong yang menyediakan minyak kelapa.