Cara Membersihkan Kasur Kena Banjir Agar Bisa Dipakai Kembali

Ketika musim hujan, beberapa kawasan di Indonesia akan terendam banjir. Banjir yang datang dan merendam rumah pastinya akan menimbulkan kerugian. Tak hanya itu saja, adanya banjir ini juga akan memberikan dampak yang tidak baik. Diantaranya menimbulkan kemacetan, merendam rumah, hingga menenggelamkan berbagai perlengkapan rumah, salah satunya yaitu tempat tidur atau kasur. Kasur yang terendam banjir tentunya tidak bisa digunakan lagi. Maka dari itu, supaya kasur bekas banjir tidak hanya menjadi sampah, sebaiknya anda membersihkannya. Cara membersihkan kasur kena banjir bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

baca juga: cuci kasur spring bed bandung

Cara Membersihkan Kasur Kena Banjir

Nah, untuk anda yang ingin memanfaatkan kembali kasur anda yang terkena banjir, sebaiknya anda perhatikan cara membersihkan kasur kena banjir berikut ini;

 

1. Membersihkan Kotoran

Cara membersihkan kasur terkena banjir yang pertama harus kita lakukan yaitu menghilangkan kotoran maupun lumpur yang berasal dari banjir. Langkahnya bisa anda lakukan dengan cara menyiramkan air bersih sambil menyikatnya sampai kotoran yang menempel bisa hilang. Apabila kasur tersebut sudah cukup bersih, maka anda bisa segera memiringkan kasur tersebut. Tujuannya tak lain supaya air yang ada di dalam kasur tersebut bisa keluar.

 

2. Jemur Kasur Tersebut Sampai Benar-benar Kering

Pada saat anda menjemur kasur yang basah, sebaiknya anda membalik kasur tersebut beberapa kali supaya kasur tersebut bisa kering secara merata. Anda juga bisa memukul-mukul kasur yang dijemur tersebut dengan menggunakan rotan agar kuman yang menempel pada kasur bisa terlepas.

Tak hanya itu saja, saat dijemur dan dipukul-pukul saat penjemuran, maka kotoran dan debu yang menempel pada kasur akan mudah hilang. Dengan demikian, kasur nantinya bisa bersih kembali dan bisa lebih nyaman untuk digunakan sebagai tempat beristirahat.

 

3. Menggunakan Pengering Rambut

Apabila kasur anda yang terkena banjir hanya basah sedikit, maka anda bisa memanfaatkan hair dryer atau pengering rambut. Pada saat anda melakukan pengeringan, sebaiknya jarak antara pengering rambut dan kasur anda tidak begitu dekat. Supaya kasur anda bisa kering dengan lebih cepat, anda bisa menggerakkan pengering rambut tersebut pada sejumlah bagian kasur yang basah.

baca juga: cuci sofa bandung jawa barat

4. Semprotkan Cairan Desinfektan

Cara membersihkan kasur yang terkena banjir selanjutnya yaitu anda jangan sampai lupa menyemprotkan cairan desinfektan pada kasur. Tujuannya adalah untuk membunuh jamur yang menempel pada kasur. Setelah anda menyemprot kasur dengan menggunakan desinfektan tersebut, maka anda bisa menjemurnya kembali.

Supaya bau apek yang ada pada tempat tidur anda bisa sedikit lebih berkurang,  maka selanjutnya anda dapat menyemprotkan pewangi pada bagian kasur yang telah dijemur hingga kering tadi. Setelah itu, anda bisa lebih nyaman menggunakan kasur tersebut untuk beristirahat.

 

5. Mengatur Sirkulasi Udara Ruangan

Cara membersihkan kasur yang kena banjir harus dilakukan dengan baik dan benar. Agar kasur yang basah bisa cepat kering. Tak hanya ketersediaan sinar matahari yang cukup, adanya sirkulasi udara yang baik pada suatu ruangan juga bisa membantu kasur yang basah bisa lebih cepat mengering.

Anda bisa meletakkan kasur tersebut dengan posisi berdiri atau anda bisa menyandarkannya pada dinding. Nyalakan kipas angin dan arahkan pada kasur anda. Pastikan juga jendela ruangan bisa terbuka lebar supaya sirkulasi udara dapat berjalan dengan lebih baik. Dengan adanya udara yang mengenai kasur, maka kasur anda bisa cepat kering dan bau kurang sedap yang ada pada kasur secara perlahan juga bisa hilang. Jangan ragu mencoba cara membersihkan kasur kena banjir ini.